Sukses

Presiden Vietnam Temui Ketua DPR, Bahas Ekonomi Rakyat

DPR dukung berbagai hambatan hubungan ekonomi Vietnam dan Indonesia diselesaikan dengan baik.

Usai bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, kemarin, Presiden Vietnam Truong Tan Sang menemui Pimpinan DPR. Pertemuan membahas peningkatan kesejahteraan.

"Dalam kunjungan ini Presiden Vietnam meminta bertemu dengan Ketua DPR. Ini baik, karena setiap kunjungan ke luar negeri, saya tidak hanya bertemu parlemen tapi juga berkunjung ke Presiden maupun perdana menteri," kata Ketua DPR Marzuki Alie di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Marzuki menyambut baik kunjungan Presiden Truong yang sengaja diundang Presiden SBY saat menghadiri KTT ASEAN di Hanoi, Vietnam, 2010 lalu.

Selain membahas soal politik, kata Marzuki, pertemuan juga membahas hubungan ekonomi perdagangan antara Vietnam dan Indonesia. Kedua pihak sepakat berbagai hambatan dalam hubungan tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

"Tadi malam penandatanganan kerjasama bidang ekstradisi dan MLA (mutual legal assistance) antara Indonesia dan Vietnam. Disepakati juga hubungan kedua negara harus diperbarui agar langkah-langkah konkret tingkatkan hubungan perdagangan dan ekonomi dan memberikan manfaaat untuk kedua rakyat, " jelas Marzuki.

Ia menambahkan peran parlemen saat ini juga sangat penting untuk mendorong hubungan kerjasama antar pemerintah. Berbagai hal yang didiskusikan di parlemen juga disampaikan ke pemerintah. Pemerintah biasanya juga merespon positif.

"Karenanya beliau hadir dengan sejumlah anggota kabinet dan wakil perdana menteri menyampaikan perkembangan hubungan Vietnam-Indonesia selama hampir 60 tahun. Sejak tahun 1955 kan," tukas Marzuki. (Adi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini