Sukses

Hindari Eksekusi Jaksa, Susno 'Bersembunyi' di Bandung

Susno Duadji menghilang setelah upaya eksekusi yang dilakukan Jaksa pada Rabu 24 April 2013.

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol (Purn) Susno Duadji menghilang setelah upaya eksekusi yang dilakukan Jaksa pada Rabu 24 April. Namun, terpidana kasus krupsi itu saat ini dikabarkan tengah berada di wilayah Bandung, Jawa Barat.

"Setahu saya, terakhir Beliau ada di sekitar dapilnya, di Bandung. Tapi saya tidak tahu lokasi persisnya," kata Juru Bicara Susno, Alvian Tumengkol kepada Liputan6.com, Minggu (28/4/2013).

Susno merupakan bakal calon legislatif dari Partai Bulan Bintang (PBB) dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I. Daerah pemilihan itu meliputi Kota Bandung dan Cimahi.

Menurut Alvian, Susno sengaja tidak muncul ke publik dan berada di wilayah Bandung untuk menghindari upaya eksekusi oleh Jaksa. Sebab, hingga kini antara Susno dan Jaksa terdapat perbedaan sudut pandang atas upaya paksa tersebut.

"Sementara memang menghindar saja, karena Pak Susno punya sikap hukum yang berbeda terkait putusan kasasi Mahkamah Agung," tutur Alvian.

Memang, Susno menolak dieksekusi dengan dalih putusan kasasi MA pada kasusnya tidak mencantumkan perintah penahanan. Sehingga dia tetap ngotot vonis itu bisa dia jalani dengan hanya membayar uang sebesar Rp 2.500, sesuai dengan yang tertera dalam putusan MA.

"Sudah dijelaskan berkali-kali, eksekusi paksa tidak benar karena dalam putusan MA tidak ada perintah penahanan sesuai dengan Pasal 197 KUHAP. Karena itu, posisi Pak Susno tetap menolak untuk ditahan," tegas Alvian.

Susno merupakan terpidana korupsi dana pengamanan Pilkada Jawa Barat 2008 dan penanganan perkara PT Salmah Arowana Lestari. Pengadilan mejatuhkan hukuman 3,5 tahun penjara. Namun hingga kini, Susno tetap menolak dieksekusi. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini