Sukses

Megawati Goda Puan soal Jadi Ketum PDIP, Dinilai Jadi Dukungan Politik Terbuka

Tindakan Megawati dinilai lazim, mengingat Puan Maharani bukan hanya anak biologis, tetapi juga anak ideologis Megawati, yang tidak akan mungkin mengkhianati agenda perjuangan ibunya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berseloroh terkait kepemimpinan partai berikutnya yang disinggungkan terhadap putrinya Puan Maharani dalam pidato pembukaan Rakernas V PDIP. Pengamat politik Universitas Paramadina Khoirul Umam menilai seloroh Megawati adalah dukungan politik terbuka dari Megawati ke Puan sebagai calon Ketum PDIP selanjutnya.

"Statement Mega ini merupakan sinyal kuat akan terjadinya regenerasi kepemimpinan PDIP dalam Kongres PDIP mendatang," kata Umam melalui pesan singkat diterima, seperti dikutip Minggu (26/5/2024).

Umam menilai, tindakan Megawati terbilang lazim, mengingat Puan Maharani bukan hanya anak biologis, tetapi juga anak ideologis Megawati, yang tidak akan mungkin mengkhianati agenda perjuangan ibunya sendiri.

"Statement Mega ini bisa menjadi kode keras bagi struktur kepartaian PDIP untuk mulai mengkonsolidasikan kekuatannya untuk mendukung Puan sebagai penerus Megawati ke depan," jelas pria yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (INDOSTRATEGIC) ini.

Umam menambahkan, cara Megawati melecut semangat para kadernya dengan meneriakkan, PDIP tahan banting, takut atau tidak, berani apa tidak, menjadi indikasi kuat PDIP akan mengambil sikap sebagai oposisi di hadapan pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Sikap ini mempertegas PDIP tidak ingin diajak negosiasi dan kompromi dengan pemenangan Pemilu 2024 lalu," tukas Doktor Ilmu Politik dari School of Political Science & International Studies, University of Queensland, Australia ini.

Sebelumnya, saat menyampaikan pidato politiknya dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP, Jumat (24/5), Megawati berkelakar yang bernada menggoda Puan untuk saling berganti posisi.

Megawati ingin Puan menggantikan posisinya sebagai Ketua Umum PDIP, sementara dia menggantikan Puan menjadi Ketua DPR RI.

"Jadi saya, kalau beliau pamit, kemarin itu ikut di Bali, lalu kapan itu ke Mexico. Lalu saya bilang, 'Gantianlah sama saya. Saya, deh, yang jadi ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum.’ He-he-he," ucapnya sembari tertawa.

"Loh enak-enak saja, masa saya yang disuruh nongkrong di sini. Terus keadaannya gonjang-ganjing enggak jelas. He-he-he," sambung Megawati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

vIni Kata Puan Maharani soal Peluangnya Jadi Ketum PDIP

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani angkat bicara soal peluangnya menjadi Ketua Umum PDIP.

Adapun diketahui, Ketua Umum PDIP masih dijabat oleh Megawati Soekarnoputri yang notabenenya adalah ibunda Puan.

Puan pun memberikan respons dengan meminta doa saja.

"Berdoa saja, Insyallah," kata dia di Arena Rakernas ke-V PDIP, Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

Sementara itu terpisah, Ketua DPP PDIP Said Abdullah menilai pernyataan Megawati hanya sebatas bercanda dan bukan merupakan sinyal.

"Ya kalau celetukan-celetukan seperti itu dianggap sinyal, bagi internal kami itu bukan sinyal. Ibu ketua umum itu suka bercanda," kata Said.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • PDIP