Sukses

Polres Metro Depok Lakukan Ramp Check terhadap Bus Rombongan Siswa Study Tour

Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana mengatakan, Polres Metro Depok bersama Dishub Kota Depok berupaya menjaga keselamatan siswa yang akan melaksanakan study tour.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Depok melalui Satlantas Polres Metro Depok berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Kota Depok, melakukan ramp check terhadap sejumlah bus. Pelaksanaan ramp check dilakukan terhadap bus yang akan membawa rombongan siswa study tour.

Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana mengatakan, Polres Metro Depok bersama Dishub Kota Depok berupaya menjaga keselamatan siswa yang akan melaksanakan study tour. Upaya tersebut dilakukan dengan pemeriksaan ramp check terhadap bus yang akan membawa rombongan siswa.

“Tadi pagi sudah kita laksanakan upaya ramp check terhadap bus rombongan siswa study tour,” ujar Arya, Senin (20/5/2024).

Polres Metro Depok menerima laporan terdapat lima sekolah dan satu universitas yang akan melakukan perjalanan keluar Depok menggunakan bus. Pada pemeriksaan tersebut, tidak ditemukan bus yang gagal ramp check.

“Tidak ada kendala, bus yang kita periksa semuanya dalam kondisi baik,” ucap Arya.

Arya menjelaskan, ramp check merupakan proses pemeriksaan kondisi fisik kendaraan dan perlengkapan kendaraan. Selain itu, administrasi kendaraan dan perizinan angkutan umum turt dilakukan pemeriksaan

“Administrasi kendaraan harus lengkap sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelas Arya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurangi Risiko Keselamatan

Inspeksi atau ramp check dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas akibat kerusakan kendaraan. Seperti pada kejadian sebelumnya, kendaraan yang mengalami kecelakaan lalu lintas disebabkan tidak lolos dari ramp check.

“Pengecekan kendaraan bus pariwisata ini kepada sekolah yang akan bepergian seperti ke Jogjakarta, untuk memastikan bahwa bus dalam kondisi prima dan siap digunakan,” terang Arya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Metro Depok, Multazam Lisendra mengatakan, operasi pemeriksaan kondisi kelayakan kendaraan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Upaya tersebut untuk mencegah terjadinya kecelakaan seperti insiden rombongan bus pariwisata di Subang.

“Kami berusaha menghindari peristiwa yang tidak diinginkan terulang kembali,” kata Multazam.

 

3 dari 3 halaman

Kelayakan Bus dan Pengemudi

Satlantas Polres Metro Depok bersama Dishub Kota Depok saat melaksanakan ramp check, memeriksa kondisi rem, ban, dan lampu. Pada pemeriksaan tersebut, kondisi bus dalam kondisi normal sehingga dapat diberangkatkan.

“Kami juga mengecek identitas dokumen kelayakan pengemudi dan bus,” tutur Multazam.

Multazam meminta, seluruh pengusaha bus untuk selalu memperhatikan kondisi kelayakan armadanya sesuai dengan peraturan lalu lintas. Multazam mengingatkan, pengusaha bus tidak boleh menggunakan klakson yang tidak sesuai pabrikan, seperti klakson yang dikenal dengan telolet.

“Kami menghimbau pengemudi bus untuk tetap patuhi tata tertib lalu lintas dan hati-hati saat berkemudi, apabila ngantuk dan ada trouble segera menepi sehingga dapat segera diatasi,” pungkas Multazam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.