Sukses

Tiba di KPU, Prabowo: Kita Akan Mulai Kerja Keras untuk Rakyat

KPU hari ini menggelar rapat pleno penetapan Prabowo dan Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah tiba di Gedung Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).

Kedatangan Prabowo dan Gibran untuk ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

"Semua hari ini kita menerima ketetapan dari KPU, dan kita akan mulai kerja keras. Mempersiapkan diri," kata Prabowo kepada wartawan di KPU RI, Jakarta, Rabu.

Setelah dirinya dan Gibran nanti resmi ditetapkan sebagai Presiden-Wakil Presiden RI, Prabowo ingin adanya kerja sama antar-tokoh dan elite politik.

"Sekarang kewajiban kita semua sebagai adalah untuk kerja sama. Rakyat berharap dan menuntut semua pimpinan politik untuk kerjasama, kerja untuk rakyat," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar rapat pleno penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 di Kantor KPU, Jakarta, pada Rabu (24/4).

Komisioner KPU August Mellaz menjelaskan, dalam rapat pleno ini, pihaknya mengundang seluruh peserta Pilpres 2024 hingga para ketua umum partai politik.

"Besok pagi pukul 10.00 WIB tanggal 24 April 2024 KPU akan mengundang sejumlah pihak mulai dari lembaga negara, pimpinan lembaga negara, kemudian pemerintah tentu yang terkait yang relevan," kata August Mellaz kepada wartawan di kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (23/4).

 

Reporter: Nur Habibie

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prabowo dan Gibran Kompak Berbaju Putih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung KPU RI, Jakart Pusat, Rabu (24/4/2024). Pantauan di lokasi, keduanya tiba sekira pukul 09.49 WIB. Mereka terlihat kompak mengenakan kemeja putih-putih.

Kedatangan Prabowo-Gibran langsung disambut oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) yang sudah hadir dan koalosi partai pendukung, seperti Gerindra, PSI, PAN, dan Golkar.

Diketahui kedatangan Prabowo-Gibran hari ini adalah untuk mengikuti rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih di Pemilu 2024.

Berdasarkan informasi diterima dari Tim Humas KPU RI, rapat akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB.

Nantinya, Prabowo-Gibran-akan ditetapkan sebagai presdiden-wakil presiden terpilih usai memenangkan kontestasi di Pilpres 2024.

Bedasarkan perolehan suara, Prabowo-Gibran berhasil memperoleh suara sebanyak 96.214.691 atau setara dengan 58,59 persen. 

Sedangkan, pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 40.971.906 suara atau 24,95 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebanyak 27.040.878 suara alias 16,47 persen.

3 dari 4 halaman

Ganjar Mengaku Tak Dapat Undangan dari KPU

Calon presiden Ganjar Pranowo menyatakan tidak ada undangan dari KPU RI terkait rapat pleno penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi presiden dan wakil presiden terpilih di Pilpres 2024.

“Saya baru terima kabar pagi ini. Semalam saya tanya staf saya, tidak ada undangan. Kebetulan saya di Yogya jadi tidak bisa datang,” kata Ganjar saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (24/4/2024).

Menurut Ganjar, undangan ditujukan pada ketua umum parpol. “Tadi saya konfirmasi ke staf undangan awalnya untuk para ketua partai,” kata dia.

Sebelumnya, ratusan aparat kepolisian sudah menutup jalan dengan pagar besi. Mereka yang hadir dibatasi dan hanya memiliki undangan khusus yang diizinkan masuk.

Terlihat Juri Ardiandotoro, mantan Ketua KPU RI juga dilarang masuk karena tidak membawa undangan. Diketahui, saat ini Juri aktif sebagai anggota dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Menurut Juri undangan sudah ada namun dibawa oleh timnya yang sudah masuk lebih dulu. Namun pengamanan ketat di pagar pembatas tetap melarang Juri masuk.

“Dipanggil dulu aja timnya, tidak ada undangan tidak boleh masuk begitu aturannya,” kata anggota yang berjaga di lokasi. 

4 dari 4 halaman

Anies dan Cak Imin Hadiri Pleno KPU

Sementara itu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan menghadiri penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"Mas Anies dan Gus Imin akan hadir di Pleno penetapan paslon terpilih. Menunjukkan sikap bernegara yang baik," kata Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Anies-Muhaimin (AMIN) Usamah Abdul Aziz, Rabu, (24/4/2024).

Aziz mengatakan, Anies-Cak Imin ingin menutup proses pilpres ini dengan terhormat.

"Sekaligus menutup proses pilpres ini dengan sikap yang terhormat," sambungnya.

Nantinya, keduanya akan jalan berbarengan untuk menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"(Berangkat) Bareng, sudah jalan ke KPU," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini