Sukses

Taman Margasatwa Ragunan Rayakan Ultah ke-27 Gorila 'Komu' Minggu 14 April

Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, akan merayakan hari ulang tahun ke-27 seekor gorila bernama 'Komu' Minggu, 14 April 2024.

Liputan6.com, Jakarta Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, akan merayakan hari ulang tahun ke-27 seekor gorila bernama 'Komu' Minggu, 14 April 2024.

"Iya, besok tanggal 14 ada ultah gorila bernama Komu, genap usia 27 tahun," kata Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang kepada Liputan6.com, Sabtu (13/4/2024).

Bambang menyatakan acara ultah Komu akan berlangsung di Pusat Primata Schmutzer. Bambang menyebut, akan ada atraksi khusus di perayaan ultah gorila Komu, besok.

"Ada atraksi khusus pemberian hadiah berupa makanan yang akan kita kemas dalam bentuk ketupat dan aksesori lainnya bernuansa lebaran," ujar Bambang.

Bambang menyebut, perayaan ultah gorila Komu rencananya akan dimulai pada pukul 10.30 WIB. Tiket masuk diberlakukan seperti biasa, Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Lebih lanjut, Bambang mengingatkan agar pengunjung yang nantinya berada di sekitar kandang satwa di Ragunan tidak melintasi batas pagar pengaman. Sebab, sangat berbahaya bagi keselamatan pengunjung.

Selain itu, selama berada di Kebun Binatang Ragunan para pengunjung juga dilarang untuk memberikan makanan kepada satwa dalam bentuk apa pun. "Dan tidak boleh mengganggu satwa-satwa yang ada di dalam kandang," ujar Bambang.

Tak hanya itu, para pengunjung yang akan menghabiskan waktu libur lebaran di Taman Margasatwa Ragunan juga diimbau untuk memperhatikan akses masuk. Di mana akses masuk Ragunan hanya dibuka dua pintu yaitu pintu utara dan pintu barat.

Dia menerangkan, apabila pengunjung berasal dari Jakarta Pusat, Jakarta Utara ataupun sekitarnya akses terdekat adalah melalui pintu utara. Namun bagi pengunjung yang berasal dari Tangerang, Depok ataupun Bogor disarankan untuk masuk melalui pintu barat.

"Supaya tidak terjadi konsentrasi penumpukan pengunjung di salah satu pintu," kata Bambang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengunjung Diimbau Tidak Naik Kendaraan Pribadi Menuju Ragunan

Selanjutnya, pengunjung juga diminta untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi menuju Ragunan. Melainkan menggunakan kendaraan atau angkutan umum untuk menghindari kemacetan di pintu-pintu masuk.

Terakhir, kata Bambang bagi pengunjung yang membawa putra-putri ke Ragunan diimbau untuk selalu menjaga serta memperhatikan putra-putrinya agar tidak terpisah saat berada di dalam keramaian di Taman Margasatwa Ragunan.

3 dari 3 halaman

Taman Margasatwa Ragunan Disambangi 15 Ribu Orang Sabtu Pagi

Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, dikunjungi 15 ribu orang lebih pada pekan lebaran, Sabtu pagi (13/4/2024). Data itu tercatat per pukul 09.00 WIB.

Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, menyebut jumlah kunjungan kemungkinan bakal meningkat seiring jam operasional Ragunan yang masih terus berjalan.

"Data sementara ini jam 09.00 WIB, 15.264 (pengunjung)," kata Bambang saat dikonfirmasi, Sabtu (13/4/2024).

Bambang mengatakan selama pekan libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, tiket masuk Ragunan dijual normal seperti hari-hari biasa.

"Normal aja kok (penjualan tiket selama lebaran). Dewasa Rp4.000, anak Rp3.000," ucap Bambang.

Bambang merinci, 4.881 pengunjung membeli tiket secara online. Sementara itu, 10.383 pengunjung lainnya membeli tiket secara offline atau langsung di Ragunan.

Kemudian, 57 orang pengunjung datang ke Ragunan menggunakan sepeda. Lalu, 1.867 pengunjung datang ke Ragunan dengan kendaraan roda dua.

Sedangkan 1.072 pengunjung memilih datang ke Ragunan dengan mobil roda empat. Hanya 18 orang pengunjung yang tercatat naik transportasi umum menuju Ragunan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.