Sukses

Ancol Targetkan Dikunjungi 800 Ribu Orang saat Libur Lebaran 2024 Periode 10 Sampai 21 April

Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menargetkan sebanyak 800 ribu orang berwisata di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada saat libur Idulfitri 1445 Hijriah atau libur Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menargetkan sebanyak 800 ribu orang berwisata di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada saat libur Idulfitri 1445 Hijriah atau libur Lebaran 2024.

"Target pengunjung pekan Lebaran tahun ini harapannya bisa mencapai 800 ribu dalam periode 10 sampai 21 April 2024," kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Ariyadi Eko Nugroho, dilansir dari Antara, Senin (8/4/2024).

Menurut dia, target pengunjung Ancol lebih besar 10 persen dibandingkan pekan libur Lebaran di tahun lalu yang berkisar di angka 700 ribu orang.

"Kami sudah menyiapkan berbagai atraksi yang akan menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke Ancol," ucap Eko.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Eddy Prastiyo mengaku, pihaknya menyiapkan sejumlah pertunjukan dalam menyemarakkan libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah dengan tema Festival Raya Kemenangan yang berlangsung pada 10 sampai 21 April 2024.

"Seperti tahun sebelumnya, Ancol Taman Impian akan menggelar Salat Idulfitri di tepi pantai yang berlokasi di Stone Area Symphony of The Sea pada hari pertama Idulfitri atau 10 April 2024 mulai pukul 06.30 WIB," terang Eddy.

Kemudian, lanjut dia, kemeriahan Hari Kemenangan juga dihadirkan Parade Tandu Tumpeng Ketupat diiringi marawis pada pukul 14.30 WIB dimulai dari Stone Area Symphony of The Sea sampai Pantai Lagoon.

"Dilanjutkan 'Live Cooking Big Kuali' di Stage Pantai Lagoon, yaitu memasak hidangan Lebaran seperti opor ayam dan sayur labu langsung bersama para pengunjung. Pengunjung dapat menikmati langsung ketika sudah matang dan berlangsung 11 April pukul 15.00 WIB," terang Eddy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Acara Lainnya

Eddy kemudian menyebut, acara semakin meriah dengan 'live music' di Pantai Lagoon mulai pukul 15.30 WIB. Malam harinya, ada konser musik spesial yang menampilkan D’Masiv pada 12 April, Last Child pada 13 April, dan Vieratale pada 14 April mulai pukul 20.30 WIB.

"Untuk Dunia Fantasi (Dufan) Ancol akan menghadirkan Keajaiban Hari Kemenangan dengan penampilan International Show Ultraman 'Ultra Heroes Journey' yang menceritakan tentang tim yang melindungi bumi dari ancaman ekstraterestial dan ekstradimensi, terutama monster Kaiju raksasa," terang dia.

Pertunjukan spesial ini akan hadir mulai 9-21 April 2024 di Indoor Ice Age. Pengunjung dapat menyaksikan 'live show' pada pukul 13.00 dan 15.00 WIB serta berinteraksi dengan tokoh Ultraman di sesi 'Meet&Greet' pada pukul 12.00 dan pukul 14.00 WIB.

"Magical Firework Dance juga akan memberikan sentuhan yang tidak biasa pada Lebaran tahun ini karena pengunjung disuguhkan "dance LED" dan juga kembang api yang spektakuler mulai 13-21 April 2024 di area Asia Dufan/Kereta Misteri pada pukul 18.30 WIB," ucap Eddy.

Menurut Eddy, nuansa Lebaran akan semakin terasa dengan hadirnya penampilan Rampak Bedug, Tanoura Dance dan Tari Sufi pada 9-12 April 2024 pukul 18.30 WIB. Selain itu ada pula Parade Akbar Special Lebaran yang akan tampil pukul 16.30 WIB.

"Dufan juga menyajikan berbagai kuliner di Bazar Nostalgia Gambir di area Jakarta pada 6-21 April 2024 sepanjang jam operasional Dufan," tandas Eddy.

 

3 dari 4 halaman

Harga Tiket Masuk TMII Naik Jelang Libur Lebaran 2024, Siap-Siap Keluar Duit Lebih

Sebelumnya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang baru saja selesai direvitalisasi pada September 2022 siap menyambut pengunjung di musim libur Lebaran 2024. Dengan sejumlah wahana dan bangunan baru, TMII menaikkan harga tiket masuk menjadi Rp35 ribu per orang.

"Kita ada kenaikan harga tiket jadi Rp35 ribu per orang dari tanggal 8 ini sampai seterusnya karena ada perubahan fasilitas di dalam dan lebih rapi," ucap Kepala Seksi Humas TMII Novera Mayang Sari ketika ditemui Tim Lifestyle Liputan6.com di TMII, Jakarta Timur, Sabtu 6 April 2024.

Dengan harga tiket masuk tersebut, kata Mayang, pengunjung bisa mengakses seluruh anjungan Nusantara di TMII secara gratis.

Ada juga beberapa museum yang bisa didatangi tanpa membayar, meliputi Museum Indonesia, Museum Penerangan, Museum Timor-Timur, Museum Hakka dan Cheng Ho, serta Museum Batik. Namun, tiket parkir kendaraan dan sejumlah wahana lain dibayar terpisah.

Berkaca pada masa libur Lebaran sebelumnya, kepadatan pengunjung TMII biasanya dimulai dari lebaran hari ke-2. Dengan Idulfitri yang diperkirakan jatuh pada Rabu, 10 April 2024, ada kemungkinan TMII akan terus ramai hingga akhir pekan tersebut.

"Kalau dari kami, proyeksi untuk pengunjung tidak yang muluk-muluk. Hal yang terpenting adalah mereka datang ke sini merasa senang dan nyaman. Terutama bagi para perantau Jabodetabek yang tidak bisa mudik, setidaknya bisa merasakan suasana kampung halaman di TMII," ucap Mayang.

Ia menambahkan bahwa pada hari pertama lebaran, TMII akan buka mulai pukul 09.00-19.00 WIB, sedangkan hari-hari berikutnya akan beroperasi mulai pukul 06.00-19.00 WIB.

 

4 dari 4 halaman

Dirikan Pos Pengamanan hingga Siapkan Shuttle

Dalam persiapan menyambut wisatawan di libur lebaran 2024, TMII juga menyiapkan beberapa fasilitas untuk menjaga kenyamanan para wisatawan yang berkunjung.

"Kita sudah sediakan Pos Pengamanan Lebaran," sebut Mayang. Selain pos yang bekerja sama dengan Polres Metro Jakarta Timur, TMII juga sudah menyiapkan fasilitas penunjang seperti toilet, masjid, area parkir, dan tempat makan.

"Untuk parkir kita sudah punya area cukup luas, ada gedung parkir juga. Namun, TMII menyarankan pengunjung untuk memakai kendaraan umum," kata Mayang.

Ia menjelaskan bahwa saat ini sudah tersedia halte Transjakarta di dekat pintu masuk TMII. Pengunjung juga bisa menaiki LRT karena TMII juga menyediakan shuttle yang akan menjemput wisatawan dari lobi Stasiun LRT TMII ke Tourist Information Center TMII dan sebaliknya.

Untuk mobilitas di dalam taman wisata, TMII yang memberlakukan area green zone mengoperasikan Angkutan Keliling (Angling) yang akan mengantar pengunjung mengelilingi destinasi wisata tersebut. Kuncinya harus antre dan sabar karena jumlahnya terkadang tidak sebanding dengan jumlah pengunjung yang datang. Pengunjung juga bisa menyewa skuter, sepeda listrik, atau mobil golf untuk pengalaman yang lebih personal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.