Sukses

Infografis Waspada Penyebaran Flu Singapura Saat Musim Mudik Lebaran 2024

Peningkatan kasus flu Singapura di Tanah Air, menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Ini mengingat masyarakat Indonesia sekarang memasuki momen mudik Lebaran 2024 untuk merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat patut mewaspadai penyebaran dan penularan flu Singapura saat musim mudik Lebaran 2024. Sebab, hingga pekan ke-11 tahun 2024, kasus flu Singapura atau dalam terminologi kedokteran disebut hand, foot, mouth diseases (HFMD) telah menembus angka 5.000.

Data mengenai kasus flu Singapura atau HFMD alias Penyakit Tangan Kaki Mulut (PTKM) dikemukakan dokter spesialis paru Erlina Burhan. Erlina merujuk laporan dari Kementerian Kesehatan Republik atau Kemkes.

“Menurut humas dari Kementerian Kesehatan sudah terdapat 5.461 orang yang terjangkit flu Singapura di Indonesia. Dan ada 738 kasus di antaranya di Provinsi Banten dalam waktu 3 bulan, Januari sampai Maret 2024,” kata Erlina yang juga Anggota Bidang Kajian Penanggulangan Penyakit Menular Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia atau PB IDI di Jakarta, Kamis 28 Maret 2024.

Menurut Erlina, flu Singapura adalah penyakit akibat virus yang menyerang baik anak maupun dewasa. "Tapi memang banyak dilaporkan pada anak-anak, umumnya menginfeksi anak berusia 10 tahun dan sebagian dapat menginfeksi orang dewasa."

Adapun dokter spesialis anak Edi Hartoyo mengatakan, mudik Lebaran memang memiliki potensi untuk mempermudah penularan HFMD.

"Kalau soal berpotensi memperluas (penularan), bisa iya. Apalagi kalau kita menggunakan sarana transportasi umum," ujar Edi dalam temu media secara daring bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI, Selasa 2 April 2024.

Bahkan, Edi menambahkan, penularan yang semakin luas dapat dipicu ketidaksadaran orangtua bahwa anaknya tengah mengidap HFMD atau PTKM. "Karena ini penyakitnya ringan, orangtua enggak sadar bahwa dia (anak) kena virus. Akhirnya pulang (mudik Lebaran) naik bus, kumpul dengan orang banyak. Maka risiko untuk memperluas (penyebaran) bisa iya."

Peningkatan kasus flu Singapura di Tanah Air, jelas menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Ini mengingat masyarakat Indonesia sekarang memasuki momen mudik Lebaran 2024 untuk merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Bagaimana gejala, pencegahan, dan pengobatan flu Singapura? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Waspada Penyebaran Flu Singapura Saat Musim Mudik Lebaran 2024

3 dari 3 halaman

Infografis Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Flu Singapura

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini