Sukses

Indonesia Akan Miliki 2 Kapal Selam Scorpene, Langkah Maju Pertahanan di Sektor Maritim

PT PAL Indonesia dan Naval Group menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan RI, yang dipimpin oleh Prabowo Subianto, untuk dua kapal selam (kasel) Scorpene Evolved Full LiB.

Liputan6.com, Jakarta - PT PAL Indonesia dan Naval Group menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan RI, yang dipimpin oleh Prabowo Subianto, untuk dua kapal selam (kasel) Scorpene Evolved Full LiB. Penandatanganan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah membangun postur pertahanan yang ideal.

Merujuk pada perjanjian kerja sama pertahanan yang ditandatangani antara pemerintah Indonesia dan Prancis pada Agustus 2021, Indonesia telah sepakat memilih Naval Group dan PT PAL Indonesia untuk mengerjakan proyek kasel bersama.

Lalu pada Februari 2022, kedua perusahaan tersebut juga telah bekerja sama melalui perjanjian kemitraan strategis (strategic partnership agreement-SPA).

Kontrak tersebut mencakup pengiriman dua kapal selam Scorpene yang akan dibangun di galangan kapal PT PAL, dengan melibatkan transfer of knowledge (ToK) dan transfer of technology (ToT) dari Naval Group, dan pemanfaatan 100% aset produksi PT PAL. Penandatanganan kesepakatan itu disaksikan oleh Prabowo dan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parly, di Kemhan RI, Jakarta.

Pengamat pertahanan Khairul Fahmi menyebut bahwa dengan berhasilnya kerja sama antara kedua negara ini, selain manfaat langsung berupa penambahan kekuatan dengan hadirnya dua kasel Scorpene, kerja sama ini menjadi langkah maju dalam pembangunan pertahanan nasional khususnya di sektor maritim.

"Selain manfaat langsung berupa penambahan kekuatan dengan hadirnya dua kapal selam Scorpene, kerjasama Naval Group dan PT PAL ini, menurut saya adalah langkah maju dalam pembangunan pertahanan nasional khususnya di sektor maritim. Terutama terkait penguasaan teknologi," kata Fahmi.

“Kesepakatan kerja sama yang meliputi skema alih teknologi, riset dan pengembangan maupun pembangunan kapal selam yang secara keseluruhan rencananya dilaksanakan dengan mengoptimalkan aset dan sumber daya PT PAL ini sekaligus akan meningkatkan kapabilitas dan peluang bisnis bagi industri pertahanan nasional kita,” lanjut dia.

“Bahkan menurut saya, jika berjalan sesuai rencana, dampak kerja sama ini bisa jauh lebih besar dibanding kerja sama dengan mitra sebelumnya, yaitu DSME (Hanwha Ocean) Korea Selatan,” kata Fahmi lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunggulan Scorpene

Scorpene Evolved Full LiB yang akan dibangun di PT PAL adalah kapal selam yang dilengkapi sistem energi mutakhir dengan menggunakan baterai Lithium-ion. Kapal tersebut memiliki banyak kemampuan otomatisasi yang memungkinkan pengoperasian dengan jumlah awak kapal lebih sedikit.

Penggunaan baterai juga memungkinkan waktu pengisian yang lebih singkat, sehingga mampu meningkatkan daya tahan total hingga 80 hari dengan 78 hari terendam. Kecepatan lebih tinggi dan kemampuan jelajah lebih dari 8000 mil laut, yang pada akhirnya menjanjikan tercapainya mobilitas taktis yang lebih optimal.

Kapal selam Scorpene terbaru ini juga disiapkan untuk mampu beroperasi lebih senyap dan tersembunyi, baik di perairan dalam maupun dangkal dan menjalankan berbagai misi seperti perang anti-permukaan dan anti-kapal selam, pengumpulan intelijen maupun operasi khusus.

Kalau merujuk pada kebutuhan kapal selam yang disampaikan oleh KSAL Laksamana Muhammad Ali beberapa waktu lalu, tidak berlebihan jika dikatakan Scorpène Evolved yang dilengkapi sistem tempur generasi terbaru, SUBTICS dan dapat membawa 18 torpedo atau rudal anti kapal dengan 6 tabung peluncur ini, akan mampu menjawab tantangan pertahanan laut Indonesia di masa depan.

Selain 2 kapal selam Scorpene Indonesia, sebanyak 14 unit lain juga dirancang dan diadaptasi oleh Naval Group untuk pasar ekspor, sedang beroperasi atau sedang dibangun di seluruh dunia. Di antaranya 2 untuk Angkatan Laut Chili; 2 untuk Angkatan Laut Malaysia; 4 untuk Angkatan Laut Brasil Angkatan Laut dan 6 untuk Angkatan Laut India.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.