Sukses

Diundang Bukber, Ketum ProJo Ungkap Isi Pembicaraan Jokowi dan Relawan di Istana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar acara buka puasa bersama dengan para relawannya di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari ini, Senin (1/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar acara buka puasa bersama dengan para relawannya di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari ini, Senin (1/4/2024). Acara yang digelar secara tertutup ini berlangsung sekitar kurang lebih 2 jam.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) Budi Arie Setiadi mengaku, pertemuan dengan Presiden Jokowi hanya silaturahmi biasa. Menurut dia, tak ada pembahasan soal politik dalam pertemuan tersebut.

"Enggak ada politik apa-apa, enggak ada. Silaturahmi aja. Ya enggak apa-apq, emang 2 jam makan enggak boleh? Boleh dong makan 2 jam," kata Budi kepada wartawan usai pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senim malam (1/4/2024).

Dia menyebut, relawan memberikan sejumlah masukan kepada Jokowi. Selain itu, menurut Arie Budi, relawan juga melaporkan soal perkembangan Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Cuma memberi masukan ke Pak Presiden. Enggak ada yang, cuma silaturahmi, makan, buka puasa bersama, udah itu aja," ucap dia.

"Oh iya ini soal laporan perkembangan kemarin yang Pilpres kemarin. Tapi nggak ada yang terlalu penting lah, ini cuma udah kangen aja udah lama," sambung Budi Arie.

Budi Arie menuturkan pertemuan antara relawan dengan Jokowi berlangsung santai. Namun, dia memastikan tak ada pembahasan soal capres terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto.

"Jadi yang ringan ringan aja. Enggak ada politiknya ya," jelas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang 30 relawannya untuk hadir dalam acara buka puasa bersama (bukber) di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (1/4/2024). Jokowi disebut ingin mendengar masukan-masukan dari para relawannya, khususnya soal situasi politik Tanah Air.

"Ya mungkin ya, Pak Jokowi kan suka sekali mengumpulkan relawan-relawannya yang setia. Kemudian Pak Jokowi juga ingin mendengar situasi di luar seperti apa, situasi politik dan sebagainya biar gimanapun beliau ingin sekali butuh masukan-masukan," jelas Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (1/4/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Undang Sekitar 30 Relawan

Menurut Noel, sapaan akrabnya, relawan yang diundang merupakan pendukung setia yang mendukung Jokowi sejak Pilpres 2024. Mulai dari, relawan Pro Jokowi (ProJo), Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP), hingga Sedulur Jokowi.

"Kemungkinannya ada sekitar 30 (relawan), 20 sampe 30-an relawan ya karena ya kita melihat bahwa yang masih tegak lurus terhadap Pak Jokowi," ujarnya.

Noel menuturkan sebetulnya ada ribuan relawan yang hingga kini masih setia mendukung Jokowi. Namun, kata dia, relawan yang hadir pada acara buka puasa bersama Senin hari ini merupakan ketua-ketua dari organisasi relawan.

"Mungkin parsial yang diundang 30-an dulu ketua-ketuanya dulu. Mungkin nanti ada undangan kedua dan ketiga kan biasanya Pak Jokowi melakukan hal itu," jelas Noel.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Relawan yang Diundang Bukber Jokowi

Berikut nama-nama relawan yang diundang Jokowi pada acara buka puasa bersama di Istana:

  1. Budi Arie Setiadi (Projo)
  2. Handoko (Projo)
  3. Panel Barus (Projo)
  4. Utje Gustaaf Patty (Bara JP)
  5. Abdul Hafid Permana (Kornas Jokowi)
  6. Wignyo Prasetyo (Mappan)
  7. Silver Matutina (Solmed)
  8. Michael Umbas (ABJ)
  9. Kris Budiharjo (RKIH)
  10. Dewi Sartika (JPKP)
  11. Sinar Sinta (GK Ladies)
  12. Joanes Joko (Duta Jokowi)
  13. Putri Kuswisnu Wardhani (Pertiwi)
  14. Nizar Ahmad Saputra (Samawi)
  15. Sweta Melani (Trisaksti)
  16. Darmizal (Rejo)
  17. Kelik Wiryawan (GK)
  18. KP Norman (Pernusa)
  19. Aminuddin Ma’ruf (Samawi)
  20. Wisnu Broto/Solo (Sekabel)
  21. Jefry (Posraya)
  22. Prof Iman Raharjo (Sedulur Jokowi)
  23. Emannuel Ebenezer (Jokowi Mania)
  24. Yannes Yosua Frans (We Love Jokowi)
  25. Heri Sosyawan (Josmart)
  26. Nio Suprapto (Ex Partai Pelopor)
  27. Ika Wiweka (Pas Gibran)
  28. Bimbim (Sepeda)
  29. Merry (Garamiro)
  30. Elis
  31. Dadang Kerta/Daeng (LCT)
  32. Roy Maningkas (Tim 8)
  33. Miko Napitupuli (Rumah Nusantara)
  34. Sigit Widyawan
4 dari 4 halaman

Jokowi Undang Relawan Bukber di Istana

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang sejumlah relawannya buka puasa bersama di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (1/4/2024).

Salah satu organisasi relawan yang diundang yakni, Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) dan Relawan Jokowi Mania (Joman).

Ketua Relawan Bara JP Utje Gustav membenarkan dia diundang oleh Presiden Jokowi untuk buka puasa bersama di Istana.

"Kami diundang by WA (WhatsApp)," kata Utje kepada wartawan, Senin.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Kelompok JoMan Immanuel Ebenezer. Noel menyebut dirinya akan hadir dalam acara buka puasa bersama Jokowi dan relawan.

"Karena selama ini saya tidak pernah diundang," tutur Noel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.