Sukses

Jokowi Bertemu Bos Freeport di Istana, Ini yang Dibahas

Presiden Jokowi menerima kunjungan CEO Freeport McMoran Inc Richard Adkerson, Dewan Komisaris PT Freeport Indonesia Kathleen Quirk, dan MDirektur Utama PT Freeport Indonesia (PT FI) Tony Wenas

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan CEO Freeport McMoran Inc Richard Adkerson, Dewan Komisaris PT Freeport Indonesia Kathleen Quirk, dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia (PT FI) Tony Wenas di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Mereka menemui Jokowi untuk menyampaikan perkembangan dan situasi terkini pertambangan upstream. Selain itu, pertemuan membahas progres smelter freeport di Gresik yang telah mencapai lebih dari 92 persen.

"Saya bersama Richard Adkerson dan Kathleen L. Quirk bertemu Pak Presiden untuk menyampaikan perkembangan terkini dari situasi pertambangan di upstream dan juga terutama progres smelter yang mencapai lebih dari 92 persen, dengan harapan bisa selesai Mei dan segera beroperasi pada bulan Juni tahun ini dan nanti akan berproduksi penuh di tahun 2024 ini," kata Tony usai pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Dia mengakui pertemuan tersebut membahas soal perpanjangan izin tambang PT Freeport Indonesia. Namun, Tony menyebut hal tersebut tak dibahas secara detail dengan Jokowi.

"Disinggung sedikit, tapi enggak bahas detail kan waktunya gak panjang. Kan itu sudah dibahas sebelumnya," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sri Mulyani Terima Kunjungan Bos Freeport

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerima kunjungan CEO Freeport-McMoran Richard Adkerson di kantor pusat Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, CFO Freeport Mc-Moran Kathleen L. Quirk, dan CFO Freeport Indonesia Rob Schroeder.

“Kami bertukar pikiran tentang banyak hal. Mulai dari lanskap perekonomian global yang masih begitu volatil, konferensi energi terbesar Amerika Serikat yang dilaksanakan di Houston, hingga snapshot kondisi pasar tembaga di dunia kini,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

 

3 dari 3 halaman

Jabatan Bakal Berakhir

Selain membahas topik tersebut, Menkeu bercerita bahwa CEO Freeport-McMoran Richard Adkerson akan berakhir masa jabatannya dan akan digantikan oleh Kathleen L. Quirk.

“Saya juga menerima kabar bahwa Richard akan berakhir masa jabatannya sebagai CEO Freeport-McMoran setelah 20 tahun menjabat. Richard akan digantikan oleh Kathleen yang kini menjabat sebagai CFO Freeport-McMoran. Tidak lupa, saya sampaikan ucapan selamat kepada Kathleen atas penugasan barunya,” kata Menkeu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.