Sukses

Terlibat Penembakan, Gathan Saleh Mantan Suami Cut Keke dan Dina Lorenza Positif Narkoba

Polisi berhasil meringkus Gathan Saleh (GSL), terduga pelaku percobaan pembunuhan terhadap Muhammad Andika Mowardi (32) di sebuah ruko kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Pemilik nama lengkap Gathan Saleh Hilabi itu diketahui positif narkoba.

Liputan6.com, Jakarta Polisi berhasil meringkus Gathan Saleh (GSL), terduga pelaku percobaan pembunuhan terhadap Muhammad Andika Mowardi (32) di sebuah ruko kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Pemilik nama lengkap Gathan Saleh Hilabi itu diketahui positif narkoba.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly, mengatakan hasil tersebut dinyatakan usai penyidik melakukan tes urine terhadap mantan suami dua artis cantik Tanah Air, Cut Keke dan Dina Lorenza itu.

"Kami lakukan pemeriksaan terhadap terduga pelaku, kami mengecek urinenya, dan kami sampaikan bahwa terduga pelaku positif narkoba," kata Nicolas saat konferensi pers di Polres Jakarta Timur, Kamis (29/2/2024).

Meskipun demikian, Nicolas tidak menyebutkan apakah pada saat kejadian penembakan itu Gathan sehabis menggunakan narkoba terlebih dahulu. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan, terduga pelaku kedapatan mengonsumsi narkoba.

"Untuk narkotika jenis ganja dan psikotropika," kata Nicolas.

Sebelumnya, Muhammad Andika Mowardi (32) menjadi korban percobaan pembunuhan di salah satu ruko di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur pada 8 Februari 2024. Peristiwa tersebut melibatkan mantan dari suami artis Cut Keke dan Dina Lorenza berinisial GSL.

Andika mengatakan peristiwa penembakan itu terjadi pada dini hari. Saat itu pelaku sudah menunggunya di lokasi kejadian. Menurut Andika, pelaku saat itu dalam kondisi tidak sepenuhnya sadarkan diri.

"Sepertinya keadaannya mabuk ya," kata Andika kepada wartawan, Selasa (27/2/2024).

Andika mengaku sudah terlibat cekcok dengan GSL. Aksi saling adu mulut itu juga menyebabkan korban ditodong pistol tepat di hadapannya.

Padahal, Andika mengaku sudah kenal lama dengan GSL. "Saya sama keluarganya dekat, sudah kenal 10 tahun," ungkap Andika.

Baca Kronologi Kasus Penembakan Gathan Saleh, Mantan Suami Cut Keke dan Dina Lorenza

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catatan Kriminal Gathan Saleh

Gathan Saleh Hilabi resmi menikah dengan artis cantik Cut Keke pada November 2001. Mereka kemudian mengakhiri pernikahan pada 2005.

Selanjutnya pada 2008, Gathan menikahi artis cantik lainnya, Dina Lorenza. Setelah sepuluh tahun menikah, Gathan dan Dina Lorenza memilih untuk bercerai pada 2018.

Mengutip dari berbagai sumber, keterlibatan Gathan dengan kasus kriminal juga pernah terjadi pada 2019. Saat itu, Gathan Saleh terjerat kasus dugaan penganiayaan terhadap asisten Nathalie Holscher, Steffano Ellya Tintingon.

diduga menganiaya Steffano usai ditegur karena mencoba menggoda Nathalie. Meski Gathan dijadikan tersangka dalam kasus tersebut, keduanya akhirnya memilih menyelesaikan masalah secara damai.

Sebelumnya, pada 2011, Gathan tersandung kasus dugaan penipuan terkait perdagangan senjata api dan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara ilegal. Namun, Gathan menyangkal tuduhan tersebut dan mengeklaim tak pernah melakukan transaksi jual-beli senjata api secara ilegal.

Adapun kerja samanya dengan pelapor, Abdul Hakim, hanya sebatas urusan pengiriman TKI ke luar negeri.

Pada 2021, Gathan juga pernah berurusan dengan kasus lain. Saat itu, ia bersama seorang rekan yang disebut F, ditangkap di sebuah vila di Purwakarta karena diduga memiliki narkoba jenis ganja seberat 5,8 kilogram dan sabu seberat 0,49 gram.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.