Sukses

Kronologi Kasus Penembakan Gathan Saleh, Mantan Suami Cut Keke dan Dina Lorenza

Mantan suami Cut Keke dan Dina Lorenza, Gathan Saleh Hilabi (GSL), kembali menjadi sorotan. Kali ini Gathan terlibat dalam aksi percobaan pembunuhan terhadap seorang pria di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Gathan bahkan sempat melakukan penembakan untuk menghabisi nyawa korban.

Liputan6.com, Jakarta Mantan suami Cut Keke dan Dina Lorenza, Gathan Saleh Hilabi (GSL), kembali menjadi sorotan. Kali ini Gathan terlibat dalam aksi percobaan pembunuhan terhadap seorang pria di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Gathan Saleh bahkan sempat melakukan penembakan untuk menghabisi nyawa korban.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly, mengatakan insiden tersebut bermula dari adanya saling cekcok antara Gathan Saleh dengan korban yang bernama Mohamad Andika Moewardi. Keduanya memiliki hubungan pertemanan.

"Di mana dari tindakan terduga pelaku ada cekcok di WhatsApp terhadap korban. Di situlah terjadi saling ejek mengejek," ungkap Nicolas saat konferensi pers di Polres Jakarta Timur, Kamis (29/2/2024).

Saat itu Gathan langsung menghampiri pelaku dari kediamannya yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Setibanya di lokasi, GSL bertemu dengan korban yang sedang membeli nasi goreng.

Percekcokan antara keduanya pun tidak dapat dihindarkan. Mulanya saling adu mulut itu terjadi di sebuah kafe, lalu melebar hingga terjadi aksi penembakan di lokasi kejadian.

Gathan yang sudah larut dengan emosinya, lantas langsung menodongkan pistol ke korban. Sementara korban langsung kabur ke lantai dua sebuah ruko.

Ada tiga kali tembakan yang diletuskan Gathan. Tembakan pertama diarahkan ke atas, sementara dua lainnya langsung ditujukan ke korban.

"Di lantai dua korban keluar melihat terduga pelaku, dan terduga pelaku menembak lagi dua kali ke arah korban dan ada kaca sehingga kaca yang ada di situ pecah dan mengenai tangan korban," terang Nicolas.

Menurut Nicolas, mantan suami Cut Keke dan Dina Lorenza itu memang sering membawa senjata api.

"Bahwa pelaku kadang-kadang dibawanya untuk melindungi diri. Kadang-kadang tidak selalu," ujar Nicolas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Barang Bukti Selongsong dan Peluru Aktif

Selepas kejadian, polisi langsung melakukan rangkaian penyelidikan awal dengan mengambil keterangan korban dan olah TKP.

Polisi menemukan barang bukti kuat di lokasi yakni selongsong dan peluru yang masih aktif. Bukti tersebut kemudian dianalisis.

"Terkait dengan hasil pemeriksaan beberapa ahli, bahwa benar senjata yang digunakan diduga merupakan senjata api dengan kaliber 7,65 mm, dan jenis senjata yang digunakan. Kalau dari ahli ada tiga jenis senjata yang diperkirakan, yaitu jenis pistol P-3A, jenis Glock, dan Beretta," tuturnya.

Pemeriksaan juga dilakukan terhadap pihak keluarga Gathan Saleh, termasuk terduga pelaku sendiri.

Namun Gathan tidak kunjung terlihat batang hidungnya meskipun telah dikirimi surat pemanggilan oleh penyidik.

"Karena terduga pelaku hp-nya hilang, dan dari pihak keluarga menjanjikan akan menghadirkan terduga pelaku kepada penyidik. Namun sampai tanggal 28 Februari tidak kunjung hadir. Penyidik melakukan penjemputan yang akhirnya menemukan terduga pelaku ada di sebuah showroom mobil daerah Tajur, Bogor Selatan," ungkap Nicolas.

Gathan Buang Senjata Api ke Sungai

Sayangnya, pada saat penggeledahan, polisi tidak menemukan senjata yang digunakan oleh pelaku. Kepada penyidik, Ghatan mengaku telah membuang senjata api yang dipakainya saat kejadian.

"Untuk senjata api yang diduga digunakan terduga pelaku belum ditemukan oleh penyidik, karena alasan yang dibangun pelaku adalah senjata tersebut sudah dibuang di Sungai Ciliwung," terangnya.

Adapun saat ini, polisi tengah melakukan gelar perkara untuk menentukan nasib Gathan Saleh Hilabi ke depan.

3 dari 3 halaman

Catatan Kriminal Gathan Saleh, Mantan Suami Cut Keke dan Dina Lorenza

Gathan Saleh Hilabi resmi menikah dengan artis cantik Cut Keke pada November 2001. Mereka kemudian mengakhiri pernikahan pada 2005.

Selanjutnya pada 2008, Gathan menikahi artis cantik lainnya, Dina Lorenza. Setelah sepuluh tahun menikah, Gathan dan Dina Lorenza memilih untuk bercerai pada 2018.

Mengutip dari berbagai sumber, keterlibatan Gathan dengan kasus kriminal juga pernah terjadi pada 2019. Saat itu, Gathan Saleh terjerat kasus dugaan penganiayaan terhadap asisten Nathalie Holscher, Steffano Ellya Tintingon.

Gathan Saleh diduga menganiaya Steffano usai ditegur karena mencoba menggoda Nathalie. Meski Gathan dijadikan tersangka dalam kasus tersebut, keduanya akhirnya memilih menyelesaikan masalah secara damai.

Sebelumnya, pada 2011, Gathan tersandung kasus dugaan penipuan terkait perdagangan senjata api dan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara ilegal. Namun, Gathan menyangkal tuduhan tersebut dan mengeklaim tak pernah melakukan transaksi jual-beli senjata api secara ilegal.

Adapun kerja samanya dengan pelapor, Abdul Hakim, hanya sebatas urusan pengiriman TKI ke luar negeri.

Pada 2021, Gathan juga pernah berurusan dengan kasus lain. Saat itu, ia bersama seorang rekan yang disebut F, ditangkap di sebuah vila di Purwakarta karena diduga memiliki narkoba jenis ganja seberat 5,8 kilogram dan sabu seberat 0,49 gram.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.