Sukses

TNI-Polri Tindak Tegas KKB Ilaga Papua yang Bakar Puskesmas, 1 Tewas dan 2 Ditangkap

Dalam pengejaran yang dilakukan, aparat gabungan TNI-Polri berhasil mengamankan anggota KKB yang merupakan DPO Polres Ilaga. Satu orang anggota KKB tewas dalam operasi penangkapan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kepala Air pimpinan Jacky Murib melakukan penyerangan terhadap anggota TNI-Polri yang melakukan patroli di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah pada Sabtu, 3 Februari 2024 sekitar pukul 12.11 WIT.

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia menyatakan, sebelumnya aparat menerima laporan bahwa Puskesmas Omukia di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, telah menjadi sasaran pembakaran oleh kelompok KKB wilayah Kepala Air.

"Suara tembakan terdengar dari belakang Puskesmas Omukia, dan terjadi kontak tembak antara personel TNI-Polri dengan kelompok KKB wilayah Kepala Air," tutur Nyoman kepada wartawan, Minggu (4/2/2024).

Dalam pengejaran yang dilakukan, aparat berhasil mengamankan anggota KKB yang merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Ilaga.

"Warinus Murib, seorang anggota KKB tewas dalam kejadian. Sedangkan dua orang lainnya, AM dan DK diduga merupakan anggota KKB kelompok Numbuk Telenggen," sambungnya.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024 AKBP Bayu Suseno merinci barang bukti yang berhasil diamankan oleh aparat selama pengejaran.

"Dari tadi malam kami bersama-sama dengan Satgas TNI-Polri yang ada di Ilaga telah melakukan pengejaran dan penegakan hukum, kami berhasil menangkap 3 KKB beserta barang buktinya antara lain 1 pucuk senjata api jenis mouser, 2 pucuk senapan angin, 1 lembar bendera BK, 1 buah handphone, 1 magazen jenis SS1 dan 17 butir amunusi kaliber 5,56," katanya.

"Perlu diketahui bahwa dari 3 KKB didapati 1 KKB dalam keadaan tewas, sedangkan 2 KKB lainnya dalam keadaan terluka,” sambung Bayu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KKB Bakar Puskesmas

Beberapa jam setelah kejadian atau sekitar pukul 20.15 WIT, KKB terpantau melakukan pembakaran gedung puskesmas di Erobaga.

Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani menegaskan komitmennya untuk terus mengejar KKB yang melakukan gangguan Kamtibmas, termasuk pembakaran puskesmas.

"Kami akan terus melakukan pengejaran terhadap KKB di Ilaga yang selama ini melakukan gangguan Kamtibmas berupa pembakaran puskesmas dan lain-lain. Apabila ada masyarakat yang memiliki informasi terkait KKB di Ilaga, jangan segan untuk memberi informasi kepada kami," kata Faisal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini