Sukses

Jokowi: Tidak Ada di Dunia Ini, Negara yang Masyarakatnya ke Rumah Sakit Gratis

Jokowi menjelaskan, saat ini negara menanggung iuran BPJS 96 juta rakyat dari total 267 juta warga pengguna BPJS menggunakan APBN.

 

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, 95 persen warga Indonesia sudah memiliki BPJS. Dia pun mengklaim, dengan memiliki BPJS maka rakyat Indonesia tidak perlu pusing soal ongkos rumah sakit ketika berobat.

"Total yang memiliki kartu BPJS saat ini sudah 267 juta masyarakat Indonesia, sudah 95 persen lebih. Tidak ada di dunia ini, negara sebesar Indonesia yang masyarakatnya ke rumah sakit dan tidak dipungut biaya (gratis),” kata presiden saat bertemu dengan masyarakat di Kabupaten Blora, saat kunjungan kerja ke Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Jokowi menjelaskan, saat ini negara menanggung iuran BPJS 96 juta rakyat dari total 267 juta warga pengguna BPJS menggunakan APBN. Problemnya, karena banyak dari mereka yang memanfaatkan layanan BPJS maka rumah sakit dan fasilitas kesehatan menjadi penuh. 

"Nah sekarang cuci darah itu tidak dipungut biaya (karena pakai BPJS), sakit tidak dipungut biaya. Tetapi problemnya adalah rumah sakit penuh. Puskesmas di Grobogan tadi saya lihat juga penuh. Kemarin saya lihat rumah sakit umum di Salatiga juga penuh sekali," tutur presiden.

Meski ke rumah sakit sudah gratis karena BPJS, Ia mengharapkan warga tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat. Terutama mereka yang usianya sudah di atas 60 tahun.

"Yang penting kita itu sehat, jangan sering sakit. Mentang-mentang punya Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS 'wah saya sakit saja'," canda Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soroti Rumah Sakit Penuh

Jokowi tidak memungkiri, tingkat kepadatan rumah sakit bertambah seiring dengan banyaknya ‘pasien BPJS’. Menurut dia, tidak sedikit pasien yang harus mengantre sejak subuh untuk mendapatkan nomor antrean. Karena itu, Ia mendorong menjaga kesehatan adalah prioritas pertama.

"Jadi, yang ke rumah sakit sekarang ini penuh sekali. Bahkan habis subuh sudah antre untuk mendapatkan nomor. Jadi, sekarang ini masyarakat sudah menyadari pentingnya kesehatan," dia menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

    BPJS

  • Rumah Sakit