Sukses

Jokowi: BLT El Nino untuk Atasi Kenaikan Harga Beras

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino kepada sejumlah penerima manfaat di Kantor Pos Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Rabu (27/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino kepada sejumlah penerima manfaat di Kantor Pos Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Rabu (27/12/2023).

Jokowi menyampaikan bahwa BLT El Nino tersebut diberikan untuk meningkatkan daya beli masyarakat karena kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok.

"BLT El Nino ini digunakan karena ada kenaikan barang, beras yang naik dikit, ini dipakai untuk nutup itu," jelas Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (27/12/2023).

"Alhamdulillah," sorak masyarakat.

Selain BLT El Nino senilai Rp400.000 yang disalurkan kepada masyarakat, Jokowi menyebut bahwa pemerintah juga menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah sejumlah 10 kilogram dimulai dari bulan September 2023.

Menurut dia, bantuan ini akan dilanjutkan hingga Maret 2024.

"Nanti Januari, Februari, Maret (2024) yang 10 kilo dilanjutkan lagi," katanya.

Sumiatun, salah satu penerima manfaat merasa bersyukur dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

Dia berharap agar bantuan serupa bisa dilanjutkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

"Bahagia alhamdulillah bersyukur semoga terus berlanjut bisa meningkatkan ekonomi rakyat Indonesia," ujar dia.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Pangan Beras Siap Disebar hingga Maret 2024

PT Pos Indonesia (Persero) menjadi mitra pemerintah dalam penyaluran bantuan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah penerima bantuan pangan (PBP).

Bantuan pangan beras ini telah disalurkan di sejumlah daerah, di antaranya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 4 Desember 2023; dan Kota Kupang NTT pada  6 Desember 2023.

Pada penyaluran bantuan CBP di Labuan Bajo, Bulog Capem Labuan Bajo bersama Pos Indonesia KC Komodo menyalurkan sebanyak 1.027 PBP yang berasal dari empat desa/kelurahan di Kecamatan Komodo, yaitu Desa Batu Cermin, Kelurahan Wae Kelabu, Kelurahan Labuan Bajo dan Desa Gorontalo.

Total alokasi PBP Desember 2023 di Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 41.528 PBP, atau sebanyak 415,28 ton beras ukuran 10 kg yang tersebar di 12 kecamatan.

Selama tahun 2023, Bulog dan Pos Indonesia telah menyalurkan sebanyak 2.319,2 ton beras kepada 231.921 PBP yang pendropingan dilakukan di masing-masing desa.

Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo mengatakan bantuan pangan  telah disalurkan oleh pemerintah sejak Maret 2023 dan akan terus disalurkan kepada PBP hingga Maret 2024.

“Jadi nanti bulan Januari, Februari, Maret (2024) diberikan lagi, ya,” ucap Jokowi, dikutip Senin (25/12/2023).

3 dari 3 halaman

Tahap Bantuan

Bantuan CBP Tahap 1 Pos Indoneisa sudah menyalurkan  kepada   13.288.607 PBP dan saat ini sudah 100 persen tersalurkan.

Adapun provinsi yang masuk dalam daftar penyaluran bantuan CBP Tahap 1 adalah Banten, DKI Jakarta, NTT, Jawa Barat, Maluku, Maluku Utara, Jawa Timur, Papua, Papua Barat, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Riau Kepri, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara.

Untuk Tahap 2 ada sebanyak 8.556.991 penerima meliputi daerah Kepulauan Riau, Banten,DKI Jakarta,Jawa Barat,Kalimantan tengah, Sumatera utara, Aceh, Maluku Utara, Riau, Sumatra Barat dan Nusa Tenggara Timur. 

Sampai saat ini pendistribusian  bantuan CBP tahap 2 sudah mencapai 99% dan akan tuntas sampai dengan akhir Desember ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BLT adalah program bantuan pemerintah yang berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya kepada masyarakat miskin.

    blt

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • beras

  • BLT El Nino