Sukses

Metro Sepekan: Sederet Fakta Daun Kelor, dari Manfaat hingga Resep Olahannya

Daun kelor rasanya namanya sudah tak asing lagi kita dengar. Daun kelor atau dikenal sebagai Moringa oleifera merupakan tanaman kaya nutrisi yang berasal dari pohon Moringa.

Liputan6.com, Jakarta - Daun kelor namanya sudah tak asing lagi kita dengar. Daun kelor atau dikenal sebagai Moringa Oleifera merupakan tanaman kaya nutrisi yang berasal dari pohon Moringa.

Daun kelor juga sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Maka tak heran jika tanaman ini telah dikenal karena manfaat kesehatan selama ribuan tahun.

Melansir dari Times of India, Senin 18 Desember 2023, daun kelor telah dikaitkan dengan peningkatan sensitivitas insulin, membantu mengatur kadar gula darah. Kadar gula darah yang stabil bisa mengurangi keinginan ngemil dan makan berlebih, sehingga meningkatkan berat badan yang lebih sehat.

Manfaat daun kelor selanjutnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor bisa membantu meningkatkan laju metabolisme, yang bisa berkontribusi pada manajemen berat badan.

Sementara itu, Panca Darmansyah mengaku menyesali perbuatan kejinya yang dengan tega membunuh keempat anak kandungnya. Ia bahkan berujar ingin ikut tewas bersama anak-anaknya, dengan upaya bunuh diri.

Padahal menurut Panca, usai membunuh anaknya, dia telah mencoba untuk mengakhiri hidupnya sebanyak lima kali, sampai akhirnya upayanya dihentikan pada Rabu 6 Desember 2023.

Ada pun dalam kasus ini, Panca telah ditetapkan sebagai tersangka dengan pasal pembunuhan berencana yakni 340 KUHP, ancaman hukuman paling berat pidana mati atau kurungan penjara seumur hidup.

Berita lain yang terpopuler dalam sepekan terakhir dalam sub kanal Megapolitan, News Liputan6.com adalah terkait viral di media sosial X yang sebelumnya Twitter yang menyebut Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) 2023 Melki Sedek Huang diduga melakukan kekerasan seksual. Hal itu seperti tertulis di akun X adityarizik @BulanPemalu.

Menanggapi hal tersebut, Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengatakan, dirinya telah mengetahui adanya tuduhan kekerasan seksual yang viral di media sosial. Namun hingga saat ini, Melki tidak melakukan hal tersebut.

Melki menjelaskan, saat ini sedang menunggu proses hukum yang berlaku apabila dirinya dituduhkan melakukan kekerasan seksual.

Berikut deretan berita metro yang paling banyak dicari pembaca Liputan6.com dalam sepekan terakhir:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Lima Fakta Daun Kelor, Mulai dari Manfaat, Cara Konsumsi, hingga Resep Olahannya

Daun kelor rasanya namanya sudah tak asing lagi kita dengar. Daun kelor atau dikenal sebagai Moringa oleifera merupakan tanaman kaya nutrisi yang berasal dari pohon Moringa.

Daun kelor juga sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Maka tak heran jika tanaman ini telah dikenal karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun.

Selain itu, daun kelor juga kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, serta vitamin C, mineral, dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya.

Daun kelor, biji, kulit kayu, akar, getah dan bunganya sendiri telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di seluruh Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tak heran jika tanaman ini telah dikenal karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun.

Melansir dari Times of India, Senin 18 Desember 2023, daun kelor telah dikaitkan dengan peningkatan sensitivitas insulin, membantu mengatur kadar gula darah.

Kadar gula darah yang stabil bisa mengurangi keinginan ngemil dan makan berlebih, sehingga meningkatkan berat badan yang lebih sehat.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Panca, Ayah Pembunuh 4 Anaknya di Jagakarsa: Saya Menyesal, Kenapa Masih Dikasih Hidup

Panca Darmansyah mengaku menyesali perbuatan kejinya yang dengan tega membunuh keempat anak kandungnya. Ia bahkan berujar ingin ikut tewas bersama anak-anaknya, dengan upaya bunuh diri.

“Sangat menyesal. Sebenarnya kenapa saya masih hidup aja sih mestinya saya juga ikut dengan anak-anak,” kata Panca saat jumpa pers di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis 21 Desember 2023.

Padahal usai membunuh anaknya, dia telah mencoba untuk mengakhiri hidupnya sebanyak lima kali, sampai akhirnya upayanya dihentikan pada Rabu 6 Desember 2023.

“Iya benar (coba bunuh diri). Tapi ternyata saya masih dikasih kehidupan dengan lima kali percobaan. Ya untuk saat ini saya menyesal atas perbuatan saya,” tuturnya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Viral Ketua BEM UI Diduga Lakukan Kekerasan Seksual, Begini Klarifikasinya

Viral di media sosial X yang sebelumnya Twitter yang menyebut Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) 2023, Melki Sedek Huang diduga melakukan kekerasan seksual. Hal itu seperti yang tertulis di akun X adityarizik @BulanPemalu.

Alerta !!!, KABEM UI 2023 ngelakuin kekerasan seksual(?),” tulis akun tersebut, Senin 18 Desember 2023.

Menanggapi hal tersebut, Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengatakan, dirinya telah mengetahui adanya tuduhan kekerasan seksual yang viral di media sosial. Namun hingga saat ini, Melki tidak melakukan hal tersebut.

“Katanya ada dugaan kekerasan seksual, tapi sampai hari ini saya masih merasa tidak pernah melakukan hal itu,” ujar Melki saat dikonfirmasi awak media, Senin 18 Desember 2023.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.