Sukses

TKN Tegaskan Kabar Prabowo Masuk Rumah Sakit Hoaks

Beredar kabar yang menyebutkan bahwa calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto Prabowo Subianto masuk rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta Beredar kabar yang menyebutkan bahwa calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto masuk rumah sakit.

Anggota Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dr. Benny Octavianus memastikan informasi tersebut menyesatkan alias hoaks.

"Dari kemarin hoaks ini beredar," kata Benny lewat pesan singkat, Jumat (8/12/2023).

Beny memastikan, Menteri Pertananan itu dalam keadaan sehat walafiat. Dia mengatakan, pada sore tadi Jumat (8/12/2023) Prabowo menghadiri acara Relawan Pedagang Indonesia Maju (Rapim) di Djakarta Theater, Jakarta.

"Ini beliau baru selesai acara dengan pedagang di Jakarta," kata dokter pribadi Prabowo Subianto itu.

Ketua Bidang Kesehatan DPP Partai Gerindra menerangkan kabar Prabowo masuk rumah sakit adalah berita bohong yang beredar sejak Kamis (7/12/2023). Dia memastikan kondisi Prabowo sehat.

"Ini hoaks sejak kemarin," tegas Benny.

Sebelumnya, Prabowo Subianto juga dikabarkan terkena stroke dua kali hingga sampai dirawat di rumah sakit. Namun, kabar itu dibantah oleh Wakil Ketua Partai Gerindra Budi Satrio Djiwandono.

"Tidak betul, tidak betul, sangat tidak betul (kabar bahwa Pak Prabowo kena stroke 2 kali)," tegas Budi kepada wartawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2023.

Budi mengungkapkan hasil pemeriksaan kesehatan Prabowo-Gibran yang dijalani sejak pukul 07.00 WIB di RSPAD.

"Seperti kita ketahui, Pak Prabowo dari pagi bersama Mas Gibran juga menjalankan tes kesehatan. Dimulai jam 7, sekarang juga masih berlangsung. Alhamdulillah berjalan dengan lancar, keduanya sangat sehat, sangat fit," kata Budi.

Untuk kondisi Ketua Umum Partai Gerindra itu disebutnya sangat bugar. Hal ini karena Prabowo biasa melakukan aktivitas olahraga dalam kesehariannya.

"Olahraga berenang. Setiap hari juga minum cengkeh, minum teh, kunyit dan sampai sekarang tes masih berjalan. Kalau tidak salah lagi menjalankan tes wawancara dan sudah dilaksanakan kegiatan ambil darah," kata Budi.

"Tadi malam kalau tidak salah juga biasa saja 12 jam puasa untuk tes kesehatan, dan nanti dilanjutkan insyaallah bakal selesai jam 4 sore," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Dikabarkan Pernah Kena Stroke 2 Kali, Ini Kata RSPAD Gatot Subroto

RSPAD Gatot Subroto telah menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan pasangan calon presiden dan wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat (27/10/2023). Hasilnya, semua paslon di pemilu 2024 dinyatakan tim dokter RSPAD Gatot Subroto, mampu dan bebas narkoba.

Pada kesempatan itu, Kepala RSPAD Gatot Subroto Budi Sulistya sempat ditanyai ihwal kabar yang menyebut Prabowo Subianto sempat mengalami stroke dua kali. Mengenai hal tersebut, dia tak berkomentar.

"Saya tidak bisa menyampaikannya di sini, tapi jelas tim pemeriksa melakukan pemeriksaan dengan sangat baik, dan ya itu tadi, lebih percaya fakta daripada hoaks," kata Budi dalam konferensi pers di KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Menurut Budi, pihaknya tak dalam konteks membahas hal tersebut. Dia lebih mempercayai rangkaian hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan tim dokter RSPAD.

"Saya lebih percaya pada hasil pemeriksaan tim dokter kami, tim yang kami bentuk dan jangan sampai termakan oleh hoaks," kata Budi.

Sayangnya, Budi tidak mau menjelaskan indikator khusus RSPAD Gatot Subroto mengenai hasil pemeriksaan kesehatan bacapres dan bacawapres dikatakan mampu atau tidak mampu.

"Iya (ada indikator), jadi artinya kita harus bicara fakta jangan bicara hoaks," ucap Budi.

3 dari 3 halaman

Prabowo Heran Tak Habis-habisnya Diserang

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengaku tidak habis pikir dengan berbagai serangan hoaks yang menyasarnya. Bahkan, ia sampai heran Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana juga turut diserang.

"Prabowo begini, Prabowo begitu, enggak habis-habis. Tapi tenang saja, enggak ada masalah. Iya kan? Saya juga kadang-kadang bagaimana," ungkap Prabowo Subianto di acara Relawan Pedagang Indonesia Maju (Rapim) di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (8/12/2023).

"Pak Jokowi diserang lah, inilah. Bukan Pak Jokowi aja, Ibu juga diserang. Ini apa ini?" ujar Prabowo.

Namun, Prabowo mengatakan, Presiden Jokowi selalu menanggapi serangan-serangan dengan senyuman.

"Tapi aku lihat beliau senyum aja tuh, Pak jokowi tuh, Beliau senyum aja," kata Prabowo.

Menurutnya, tidak ada tempat untuk perasaan pribadi demi kepentingan bangsa. Prabowo menganggap hal itu sebagai risiko.

"Karena itu, yang ingin berbakti, yang ingin mengabdi, yang ingin berbuat untuk bangsa dan rakyatnya, tidak ada tempat untuk perasaan pribadi. Ya sudah itu risiko kita dan beliau sangat tenang. Beliau fokus," ujar Prabowo.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.