Sukses

Pemprov Kaltim Gelar Pameran Bursa Kerja di Pentacity Mall BSB, Ada Ribuan Lowongan Kerja

Pemprov Kaltim menggelar Job Market Fair atau Pameran Bursa Kerja 2023 di Pentacity Mall BSB, Balikpapan, pada tanggal 1 - 3 Desember 2023.

Liputan6.com, Balikpapan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali menggelar Job Market Fair atau Pameran Bursa Kerja 2023. Setelah menyedot banyak perhatian para pencari kerja pada JMF di Samarinda, Pemprov menghadirkan event yang sama di Kota Balikpapan.

Melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), pameran bursa kerja itu digelar selama tiga hari sejak tanggal 1 hingga 3 Desember 2023 di Pentacity Mall BSB, Balikpapan. Melibatkan 70 perusahaan di Kaltim, JMF menyediakan sekitar 1.073 lowongan jabatan.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menyebut berdasarkan ata dari BPS Kalimantan Timur, ujar Akmal, keadaan ketenagakerjaan pada Agustus 2023 terus membaik dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 5,31 persen. Jumlah angkatan kerja berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Agustus 2023 sebanyak 1.950.860 orang, naik 98.058 orang dibanding Agustus 2022. Tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) naik sebesar 0,84 persen poin. 

“Artinya kondisi ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Timur pada Agustus 2023 telah pulih dibandingkan sebelum pandemi. Tingkat pengangguran terbuka Agustus 2023 sebesar 5,31 persen, turun 0,40 persen poin dibandingkan dengan Agustus 2022. Penduduk yang bekerja sebanyak 1.847.295 orang, meningkat sebanyak 100.375 orang dari Agustus 2022,” ujar Akmal saat pembukaan pameran pada Jumat, (1/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sektor Pertambangan Serap Banyak Tenaga Kerja

Akmal Malik menambahkan lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan penyerapan tenaga kerja terbesar adalah sektor pertambangan dan penggalian sebanyak 23.564 orang. Sementara sektor yang mengalami penurunan penduduk bekerja terbesar yaitu industri pengolahan 7.047 orang. 

“Kendala terbesarnya ada di sektor hilirisasi. Kunci lapangan pekerjaan itu adalah investasi. Saat ini saya sedang melakukan review RTRW semua daerah, kabupaten/kota di Kaltim untuk pengembangan daerah dan kota-kota baru. Salah satunya PPU sebagai buffer zone IKN, harus mempersiapkan langkah-langkah yang produktif ke depan,” tambah Akmal.  

Untuk itu, dia berterimakasih dan memberi apresiasi sebesar-besarnya pada seluruh stake holder yang menyukseskan acara tersebut.

“Semoga hari Jumat yang barokah ini menjadi berkah bagi kita semua. Mudah-mudahan para pencari kerja bisa diterima untuk mengisi lowongan kerja yang disediakan perusahaan-perusahaan pada pameran bursa kerja ini. Saya sangat berterima kasih dengan event ini untuk membuka peluang kerja seluas-luasnya bagi masyarakat Kalimantan Timur,” ucap Akmal Malik.

3 dari 3 halaman

Dekatkan Ribuan Peluang Kerja

Kepala Disnakertrans Kaltim Rozani Erawadi menyebut JMF 2023 di Balikpapan merupakan pelaksanaan kedua, setelah sebelumnya dilaksanakan di Samarinda beberapa waktu lalu. JMF ini, lanjut dia, merupakan upaya pemerintah mendekatkan para pencari kerja dengan lapangan kerja yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan. 

“Total ada sekitar 70 perusahaan berpartisipasi di JMF kali ini dengan 1.073 lowongan jabatan. Mudah-mudahan bisa terserap seluruhnya dengan betul-betul mengutamakan warga atau masyarakat Balikpapan dan Kalimantan Timur pada umumnya,” harap Rozani.  

Tampak hadir, Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud, Wakil Ketua Kejaksaan Tinggi Kaltim Roch Adi Wibowo, kepala dan perwakilan dinas tenaga kerja kabupaten/kota se-Kaltim, serta sejumlah pimpinan perusahaan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini