Sukses

Jokowi Sebut Pembangunan SDM di IKN Harus Diprioritaskan Ketimbang Fisik

Presiden Jokowi menekankan pentingnya pembangunan SDM dan pelestarian kebudayaan di IKN, ketimbang pembangunan fisik. Hal ini agar IKN tidak disusupi oleh budaya-budaya asing.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan pelestarian kebudayaan di Ibu Kota Nusantara (IKN), ketimbang pembangunan fisik. Hal ini, kata Jokowi, agar IKN tidak disusupi oleh budaya-budaya asing.

Jokowi menyampaikan bahwa saat ini sudah ada lima hotel besar yang sedang dibangun di IKN, empat rumah sakit dalam proses konstruksi. Kemudian, sekolah bertaraf internasional, training center atau pusat pelatihan sepak bola PSSI yang memiliki delapan lapangan bola, hingga dua mal besar.

"Tapi, itu semuanya fisik. Itu semuanya fisik. Padahal mestinya yang didahulukan adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM), pelestarian kebudayaan, merawat kebudayaan yang ada, jangan sampai nanti tergerus oleh budaya-budaya dari luar, budaya-budaya asing," ucap Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam acara Festival Harmoni Budaya Nusantara di Kawasan IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (3/11/2023).

Untuk itu, dia mengapresiasi penyelenggaraan Festival Harmoni Budaya Nusantara sebagai upaya mengingatkan bahwa seni budaya Indonesia sangat beragam, sangat majemuk. Jokowi menyebut keberagaman ini harus terus dirawat.

"Sukunya saja kita memiliki 714. Artinya, kekuatan, karakter, budaya itu sangat dan harus kita lestarikan dan harus kita rawat," ujar Presiden Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

IKN Akan Dihuni Masyarakat Beragam Etnis

Jokowi menuturkan bahwa IKN akan dihuni oleh masyarakat dari beragam etnis dan budaya. Tak hanya masyarakat asli Kalimantan Timur saja, kata dia, warga di luar Kalimantan Timur juga akan pindah ke IKN.

"Dengan pembangunan IKN, Kalimantan Timur khususnya akan menjadi muara bertemunya berbagai budaya berinteraksi," tutur Jokowi.

Jokowi berahrap semua masyarakat yang tinggal di IKN nantinya dapat hidup dengan rukun, harmonis. Selain itu, dia ingin semua masyarakat saling menjaga dan melestarikan dan mengembangkan identitas budaya lokal dan nilai-nilai dan tradisi masyarakat di Kalimantan Timur.

"Karena itu perlu dibangun kesadaran bersama pentingnya sikap saling menghormati, sikap saling menghargai keragaman, dan menjadikan Bhinneka Tunggal Ika sebagai sebuah kekuatan untuk membangun harmoni, kebersamaan, dan persatuan," pungkas Jokowi.

3 dari 4 halaman

Jokowi Nikmati Teh Hangat Bareng ET dan RK

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengawali kunjungan hari keempatnya di Ibu Kota Nusantara (IKN) Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (3/11/2023) denganmenikmati pagi yang cerah bersama para menteri di lokasi tempatnya bermalam.

Sambil menikmati segelas teh hangat dan roti bakar, Jokowi berbincang akrab dengan para menteri yang turut bermalam di lokasi yang sama yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir (ET).

Selain itu terlihat juga Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN turut serta dalam obrolan pagi di tengah rindang pepohonan IKN tersebut. Ada pula mantan Gubernur Jawa Barat sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ridwan Kamil (RK).

Setelah sekitar 15 menit berbincang santai, Jokowi bersama para menteri kemudian beranjak menuju kendaraan untuk memulai rangkaian kunjungan kerja hari keempatnya.

Dia diagendakan untuk menghadiri Festival Harmoni Budaya Nusantara Tahun 2023 yang akan digelar di Lapangan Taruna, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Panajam Paser Utara.

Selain itu, Jokowi dijadwalkan untuk mengunjungi Kabupaten Kutai Barat. Di sana, Presiden direncanakan untuk menghadiri Festival Dangai Ehau yang akan dilaksanakan di Alun-alun ITHO.   

4 dari 4 halaman

Jokowi Jualan Tanah IKN ke Investor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mengajak para pengusaha dan investor untuk segera berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurut dia, sekarang jadi saat yang tepat untuk membeli tanah dan lahan di IKN, sebelum harga terus melejit.

"Saya mengajak bapak/ibu semua mumpung harga tanahnya masih murah. Karena kalau bapak/ibu beli di SCBD, harga tanah per meter sudah berapa, Rp 200 juta mungkin. Di Menteng mungkin Rp 100-150 juta, di Balikpapan itu sudah Rp 10-15 juta. Di sini masih di bawah Rp 1 juta," kata Jokowi dalam acara Kompas 100 CEO Forum di IKN, Kamis (2/11/2023).

"Tapi mungkin minggu depan sudah naik, bener. Bulan depan sudah naik, karena memang harganya bergerak terus. Kalau peminat banyak, masa dijual murah? Ya ndak lah, Otorita pinter," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi memastikan kepada para investor, proyek IKN nantinya tidak akan mangkrak selepas dirinya selesai menjabat di 2025. Sebab, kelanjutan proyek dan pemindahan ibu kota sudah tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 yang hasil revisinya telah mendapat persetujuan dari DPR RI.

"Jadi kembali, IKN ini adalah investasi masa depan kita, investasi keberlanjutan Indonesia. Jadi kalau masih ada khawatir-khawatir apa, pak nanti enggak dilanjutkan undang-undang sudah ada, didukung 93 persen fraksi partai-partai di DPR. Takut apalagi?" ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini