Sukses

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Gerak Cepat Bahas Penanganan Karhutla

Dalam waktu dekat Pj Gubernur Sumsel akan mengumpulkan bupati, walikota dan satgas karhutla ini untuk dibahas secara bersama-sama dengan satgas TNI/Polri.

Liputan6.com, Palembang Setelah resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan dan tiba di Palembang, Agus Fatoni langsung menjalin pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda). 

Pertemuan yang berlangsung di ruang Ruang Transit VVIP Room Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Selasa (3/10/2023) untuk membahas penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda wilayah Sumatera Selatan.

Mengingat urgensi penanganan karhutla ini, Fatoni dalam waktu dekat akan segera mengumpulkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan dan TNI/Polri. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya gerak cepat untuk membahas penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa titik wilayah Sumatera Selatan.

"Nah nanti dalam waktu dekat saya akan kumpulkan bupati, walikota dan satgas karhutla ini untuk dibahas secara bersama-sama dengan satgas TNI/Polri," kata Fatoni.

Fatoni mengatakan pihaknya saat ini telah berdiskusi dengan Forkopimda terkait langkah konkret apa saja yang hendak dilakukan untuk menangani karhutla.

"Ya ini semua sudah bergerak, kami dengan forkopimda juga sudah diskusi, langkah-langkah yang hendak dilakukan juga sudah ada, pemprov juga sudah melakukan langkah-langkah, kemudian forkopimda, pak kapolda dan yang lain juga sudah, kabupaten/kota juga sudah," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cari Solusi Mengatasi Kabut Asap

Selain itu, Fatoni juga mengajak seluruh stakeholder terkait untuk mengatasi permasalahan kabut asap. Dalam waktu dekat, Fatoni bersama Kapolda Sumatera Selatan Irjen Albertus Rachmad Wibowo dan Forkopimda terkait segera turun ke lapangan untuk mengecek langsung kondisi kabut asap terkini.

"Nah kabut asap ini lah yang perlu kita bahas bersama sehingga tidak sendiri-sendiri ya. Kalau sendiri-sendiri nanti tidak terkoordinir sehingga penanganannya tidak efektif. Tadi juga sudah dibicarakan dalam waktu dekat satu atau dua hari ini kami segera akan ke lapangan bersama pak kapolda dan forkopimda yang lain juga bergerak ke lapangan," ucap Fatoni.

Fatoni menekankan pentingnya koordinasi dan kekompakan untuk mengatasi masalah karhutla ini apalagi sedang cuaca ektrem seperti El Nino.

"Ini cuacanya sedang seperti ini, el nino. Dan ini bisa kita lakukan kalau kita bersama-sama kalau kita kompak baik dari pemprov kabupaten/kota, forkopimda dan kemudian swasta dan masyarakat kita. Karena ini tanggungjawab kita bersama," sambungnya.

Dalam pertemuan tersebut turut hadiri  Kapolda Sumatera Selatan, Pangdam 2 Sriwijaya, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan dan yang mewakili Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud).

Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda), Bupati dan Walikota se-Sumatera Selatan, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pengurus Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ketua Dharma Wanita dan pejabat Forkopimda lainnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini