Sukses

Airlangga Sebut Luhut Sudah Lapor soal Pertemun dengan Puan

Luhut mengatakan bahwa Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani hanya meminta pendapatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan sudah melapor kepadanya soal pertemuan dengan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani. Airlangga menyebut banyak hal yang dilaporkan Luhut kepadanya.

"Komunikasi sudah ada (dengan Luhut). Banyak lah yang dilaporin," kata Airlangga kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu tak menjelaskan secara rinci apa saja yang dilaporkan Luhut. Namun, Airlangga mengakui pertemuan Luhut dan Puan membahas soal politik.

"Soal politik sudah pasti (dibahas). Satu (Puan Maharani) Ketua DPR, satu (Luhut) Pak Menko (Kemaritiman dan Investasi)," ujarnya.

Saat ditanya soal anggapan Puan menarik Partai Golkar mendukung calon presiden Ganjar Pranowo, Airlangga tak mau menanggapi.

"Kalau itu harus ngmg langsung," ucap Airlangga.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menampik pertemuannya dengan Ketua DPR RI Puan Maharani, beberapa hari lalu membahas soal koalisi Pilpres 2024.

Luhut mengatakan bahwa Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) hanya meminta pendapatnya.

"Enggak juga, kita bicara banyak ya bagaimana peta semua ini. Dan beliau (Puan) minta beberapa pendapat-pendapat saya. Ya saya berikan," jelas Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Namun, dia tak menjelaskan pendapat yang disampaikannya apakah termasuk soal koalisi dan Pemilu 2024. Luhut enggan berbicara banyak soal pertemuannya dengan Puan.

"Saya kira biar bertanya Bu Puan saja," ujarnya.

Saat ditanya pertemuan dengan Puan merupakan siasat PDIP menarik Partai Golkar untuk mendukung capres Ganjar Pranowo, Luhut membantahnya. Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar itu menegaskan pertemuannya dengan Puan tak ada kaitannya dengan hal tersebut.

"Ah enggak juga, enggak ada urusannya," ucap Luhut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan 4 Mata

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu. Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto menyebutkan, pertemuan empat mata tersebut untuk tukar informasi.

Bambang mengaku, pertemuan antara dua elite itu pasti membahas masing-masing kepentingan.

"Yang namanya pertemuan empat mata itu pasti punya kepentingan, yang pertama saling tukar informasi, mengukur sebuah sikap, atau ada motif yang terkait dengan kepentingan info tersebut," kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (25/9/2023).

Pria yang kerap disapa Bambang Pacul mengaku tidak tahu detail isi pertemuan antara Ketua DPP PDIP tersebut dengan Luhut Binsar Pandjaitan. Karena ia tidak ikut serta.

"Persoalannya, pertemuan empat mata ini Bambang Pacul tidak tau, karena Mbak Puan adalah atasanku di DPR maupun di partai, so jangan kau tanyakan sama gue dikau tanyakan yang pertemuan empat mata?" kata Pacul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.