Sukses

5 Fakta Terkait Putra Bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep Resmi Gabung PSI

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Kaesang Pangarep resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Kaesang Pangarep resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kaesang Pangarep sudah menerima kartu tanda anggota (KTA) dari PSI di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo, Jawa Tengah, Sabtu 23 September 2023.

Adapun jajaran pengurus teras DPP PSI yang datang ke kediaman Presiden Jokowi di Solo, di antaranya Ketua Umum PSI Giring Ganesha, Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka, Ketua Dewan Pembina PSI Jeffrie Geovanie, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni dan lainnya.

Kedatangan Giring Ganesha dan kawan-kawan itu disambut langsung Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono di depan rumah pribadi keluarga Presiden Jokowi.

Pertemuan antar Kaesang dengan petinggi DPP PSI berlangsung tertutup. Awak media banya bisa menunggu di jalan menuju kediaman pribadi Presiden Jokowi di Sumber. Selain itu, sejumlah kader PSI juga menunggu di luar sekitar kediaman presiden.

Usai menerima KTA PSI, menurut Kaesang, salah satu alasannya menerima pinangan untuk bergabung dengan PSI karena kesamaan visi dan misi.

"Saya dengan teman-teman PSI kan sudah cukup lama (berhubungan), termasuk komunikasi saya dengan wamen (Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni) dan Sis Grace (Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie Louisa," kata Kaesang seperti dilansir Antara, Sabtu 23 September 2023.

Dia mengatakan, komunikasi yang terjalin lancar dan cair sehingga terpikir untuk melanjutkan hubungan tersebut. Oleh karena itu, Kaesang akhirnya berkomitmen dan memantapkan hati untuk berjuang bersama PSI.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan, bergabungnya Kaesang menjadi kader PSI merupakan penyemangat bagi jajaran pengurus dan kader untuk berjuang.

"Kami sangat senang sekali karena ada energi baru. Komunikasi, persahabatan, pertemanan ini sudah terjalin cukup lama. Kami sangat apresiasi Mas Kaesang mau turun ikut berjuang bersama teman-teman PSI," papar Grace.

Berikut sederet fakta terkait putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep resmi gabung dengan PSI dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Serah Terima KTA PSI di Rumah Pribadi Presiden Jokowi

Kaesang Pangarep menerima kunjungan sejumlah petinggi DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) partai di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo, Sabtu 23 September 2023.

Pantauan Liputan6.com, setelah Kaesang dan istrinya Erina Gudono tiba di kediaman keluarga Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo, selanjutnya 30 menit kemudian disusul kedatangan para petinggi PSI.

Adapun jajaran pengurus teras DPP PSI yang datang ke kediaman Presiden Jokowi di Solo, di antaranya Ketua Umum PSI Giring Ganesha, Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka, Ketua Dewan Pembina PSI Jeffrie Geovanie, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni dan lainnya.

Kedatangan Giring Ganesha dan kawan-kawan itu disambut langsung Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono di depan rumah pribadi keluarga Presiden Jokowi. Usai menyalami, kemudian Kaesang mengajak jajaran pengurus DPP PSI untuk masuk ke dalam rumah.

Pertemuan antara Kaesang dengan petinggi DPP PSI berlangsung tertutup. Awak media banya bisa menunggu di jalan menuju kediaman pribadi Presiden Jokowi di Sumber. Selain itu, sejumlah kader PSI juga menunggu di luar sekitar kediaman presiden.

Penyerahan KTA PSI kepada Kaesang dilakukan setelah melakukan pertemuan secara tertutup antara petinggi PSI dengan bos Sang Pisang di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo. Pertemuan tersebut berlangsung hampir satu jam.

Setelah pertemuan tersebut, selanjutnya Kaesang yang didampingi istrinya Erina Gudono langsung keluar rumah disusul para petinggi PSI mulai dari Ketua Umum PSI Giring Ganesha, Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan lainnya.

Selanjutnya Raja Juli Antoni menyerahkan plakat KTA PSI ‘AKU PSI Friendship Card’ kepada Ketua Umum PSI Giring Ganesha yang kemudian diserahkan langsung kepada Kaesang Pangarep. Dalam replika KTA PSI berukuran besar itu juga memuat nomor KTA milik Kaesang S317420230151515.

 

3 dari 6 halaman

2. Giring Sampaikan Selamat Bergabung di Keluarga Besar PSI

Tanah Air tengah menyaksikan berbagai peristiwa menarik dalam persiapan menuju pemilihan legislatif dan pilpres mendatang. Politisi-politisi Tanah Air berlomba-lomba melakukan manuver politik yang mengejutkan.

Salah satu berita terbaru yang mencuri perhatian adalah keputusan Kaesang Pangarep untuk bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kabar ini bukan lagi sebatas isu kabar burung, melainkan sebuah kenyataan yang telah diumumkan secara resmi. Kaesang Pangarep kini resmi menjadi anggota PSI, sebuah langkah yang mempertegas komitmennya dalam dunia politik Indonesia.

Pengumuman ini terlihat jelas melalui unggahan di media sosial Instagram oleh Giring Ganesha dan istrinya, Cynthia Riza. Dalam unggahan tersebut, mereka berdua berpose bersama Kaesang Pangarep dengan keterangan foto yang berisi ucapan selamat atas keputusan Kaesang bergabung dengan PSI.

"Selamat bergabung di keluarga besar PSI ya Mas @kaesangp. Kita sama-sama berjuang ya Mas untuk Indonesia, dan Aku akan berjuang juga melalui Surakarta, Sukoharjo, Klaten & Boyolali 🌹," tulis Cynthia Riza pada Sabtu 23 September 2023.

Dalam unggahan tersebut, Giring juga membagikan video momen penyerahan kartu anggota PSI kepada Kaesang Pangarep. Kartu tersebut diterima oleh Kaesang, dan keduanya berpose dengan bangga untuk diabadikan.

Selain itu, Giring Ganesha juga membagikan sebuah video yang memuat potongan-potongan berita tentang bergabungnya Kaesang Pangarep dengan PSI. Di akhir video tersebut, Kaesang Pangarep memberikan pernyataan yang mengukuhkan sikapnya dengan tegas.

"Saya Kaesang, saya PSI," kata Kaesang dalam video tersebut.

 

4 dari 6 halaman

3. PSI Akui Dapat Energi Baru

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan bahwa hari ini merupakan hari yang berbahagia pasalnya sosok Mawar yang muncul dalam unggahan video di akun media sosial @psi_id telah terungkap, yakni Kaesang Pangarep.

Menurut Grace, bergabungnya Kaesang menjadi kader PSI merupakan penyemangat bagi jajaran pengurus dan kader untuk berjuang.

"Kami sangat senang sekali karena ada energi baru. Komunikasi, persahabatan, pertemanan ini sudah terjalin cukup lama. Kami sangat apresiasi Mas Kaesang mau turun ikut berjuang bersama teman-teman PSI," kata dia.

 

5 dari 6 halaman

4. Alasan Kaesang Gabung PSI

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang sudah menerima kartu tanda anggota (KTA) dari PSI di Solo, Jawa Tengah, Sabtu 23 September 2023.

Terkait dengan keputusannya yang menerima pinangan dari PSI menjadi salah satu anggota, dikatakannya, karena kesamaan visi dan misi.

"Saya dengan teman-teman PSI kan sudah cukup lama (berhubungan), termasuk komunikasi saya dengan wamen (Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni) dan Sis Grace (Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie Louisa," kata Kaesang seperti dilansir Antara.

Menurut dia, komunikasi yang terjalin lancar dan cair sehingga terpikir untuk melanjutkan hubungan tersebut.

"Saya lihat PSI ini partai yang bagus, yang diisi oleh anak-anak muda yang berintegritas. Mereka juga punya kompetensi dan yang penting adalah mereka punya semangat untuk membuat Indonesia jauh lebih baik," katanya.

Oleh karena itu, ia akhirnya berkomitmen dan memantapkan hati untuk berjuang bersama PSI.

"Alhamdulillah saya juga sudah dapat izin dan restu dari istri saya," ucap Kaesang.

Kaesang mengajak anak muda lebih terlibat di sektor publik menyusul sebentar lagi pelaksanaan Pemilu 2024.

"Anak muda itu biasanya hanya dijadikan objek pasif. Kami mau mereka menjadi objek yang aktif karena bagaimanapun masa depan Indonesia itu untuk anak muda Indonesia," kata Kaesang.

 

6 dari 6 halaman

5. Respons PDIP

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Deddy Yevri Sitorus mengatakan partainya tidak bisa melarang putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Kita kan kita sudah memberikan segalanya ke Pak Jokowi dan keluarga. Kita sudah, apalah yang tidak kita berikan, gitu loh. Jadi dan kalau Kaesang kemudian memilih PSI, urusan sama kita apa? Tak ada menurut saya, itu haknya dia," kata Deddy dalam sebuah diskusi di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu 23 September 2023.

Dia menghargai langkah berani Kaesang sebagai anak muda yang masuk ke dalam partai politik. Hal itu, kata Deddy, menandakan bahwa Kaesang merupakan anak muda yang memiliki mimpi dan independen.

"Jadi kita enggak bisa juga melarang-larang gitu. Ya kita hargailah anak-anak muda mau berpolitik," ujarnya.

Pilihan politik Kaesang berbeda dari Jokowi dan sang kakak, Gibrang Rakabuming Raka yang merupakan kader PDIP. Sementara anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) PDIP mengatur bahwa satu keluarga harus berada dalam satu partai.

Terkait hal ini, Deddy menyampaikan partainya saat ini fokus memenangkan capres dari PDIP, Ganjar Pranowo, dibanding mengurus masalah Kaesang. Dia menilai PDIP tak mungkin memanggil Presiden Jokowi terkait masalah Kaesang.

"Kalau Kaesang mengambil partai lain masa kita panggil Pak Jokowi karena gagal meyakinkan anaknya? Beliau kan presiden. Kan begitu. Jadi ya itu menurut saya silakan saja nanti bagaimana pimpinan partai melihat," tutur Deddy.

Deddy tak ambil pusing soal putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep yang bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Namun, dia menyayangkan apabila Kaesang hanya menjadi anggota saja.

"Kalau saya sih jujur saja. Kalau Kaesang masuk ke PSI hanya jadi anggota, untuk segede anak presiden itu enggak pantaslah," kata Deddy.

Menurut dia, Kaesang seharusnya masuk ke jajaran Dewan Pembina PSI. Hal ini agar Kaesang memiliki tanggung jawab besar dalam mengembangkan partai politik.

"Untuk PSI yang dikelola oleh kakak-kakak Dewan Pembina ini, harusnya Kaesang masuk jajaran dewan pembina dong. Untuk levelnya Mas Kaesang, supaya di sana langsung bertanggung jawab, langsung belajar," jelasnya.

"Minimal sekretaris Dewan Pembina lah biar cepat belajarnya kayak jalan tol," sambung Deddy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.