Sukses

Berdayakan Pemuda Desa, Sandiaga Uno Siap Wujudkan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Menurut Sandiaga, pelatihan bertujuan sebagai solusi penggerak bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, guna mencapai kemandirian desa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memimpin Pelatihan Branding dan Digital Marketing di Hetero Space Solo, Jawa Tengah. Menurut Sandiaga, pelatihan bertujuan sebagai solusi penggerak bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, guna mencapai kemandirian desa.

“Ini adalah komitmen penuh dari pemerintah dalam mendukung perekonomian yang inklusif,” kata Sandiaga seperti dikutip dari siaran pers diterima, Sabtu (16/9/2023).

Sandiaga mengungkap, insight yang penting dalam pemaparan materinya adalah terkait promosi. Melalui promosi yang tepat, Sandiaga yakin mampu meningkatkan penjualan hingga 35 persen.

“Jadi bukan hanya tentang peningkatan penjualan, tetapi juga membuka peluang usaha baru yang berarti, sehingga dapat membantu mewujudkan target penciptaan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru pada tahun 2024,” yakin Sandiaga.

Sandiaga lalu menyoroti peranan penting pemuda desa sebagai agen perubahan. Dia mencatat, ada 4.700 desa wisata saat ini yang menjadi fokus Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif. Rencananya, lanjut Sandiaga, pada tahun depan akan ada 6.000 desa wisata yang akan mendapatkan perhatian khusus dan sinergi dengan rekan-rekan dari Ikatan Pemuda Desa Indonesia (IPDA).

“Semua upaya ini adalah bagian dari visi untuk memberdayakan anak muda melalui ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Menparekraf menekankan bahwa UMKM harus berada di garis depan, bukan hanya sebagai penonton dalam perkembangan ekonomi,” yakin Sandiaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerakkan Perekonomian Indonesia

Sandiaga menegaskan, kolaborasi adalah kata kunci dan Pemerintah bersedia untuk menjadi mitra dalam menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan perekonomian Indonesia menuju kebangkitan yang lebih besar.

"Kita harapkan dengan seluruh ekosistem pariwisata dan ekosistem pariwisata ekonomi kreatif yang bisa menciptakan enam kali lipat lebih banyak lapangan kerja dibanding sektor lain, anak-anak muda akan diberdayakan," harap Sandiaga.

"UMKM itu harus jadi pemain, bukan penonton kita harus ciptakan lapangan kerja dan kita harus kolaborasi," Sandiaga menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.