Sukses

Zulkifli Hasan Bagi-Bagi Duit Viral di Media Sosial, PAN: Bukan Money Politic

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengklaim video Zulkifli Hasan itu bukan money politic melainkan peduli masyarakat miskin.

Liputan6.com, Jakarta - Video Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) bagi-bagi uang ke nelayan viral di media sosial. Video yang diunggah akun TikTok PAN @amanat_nasional bertuliskan keterangan: PAN, pan, pan bagi-bagi gocapan.

Dalam video Zulhas mengenakan kemeja bergaris dan membagikan lembaran uang pecahan Rp 50 ribu ke nelayan dan warga.

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengklaim video Zulhas itu bukan money politic melainkan peduli masyarakat miskin.

"Apa yang dilakukan Pak Zulkifli Hasan dari pengamatan saya, dari lihat videonya itu adalah sebuah perbuatan kepedulian terhadap masyarakat, terutama masyarakat ekonomi lemah bukan dalam konteks money politics. Tuduhan itu jelas salah sasaran," kata Eddy dalam keterangannya, Rabu (13/9/2023).

Pimpinan Komisi VII DPR RI ini menegaskan tidak ada motif bagi Zulkifli Hasan untuk membagikan uang karena beliau bukan calon kepala daerah, bukan calon anggota legislatif yang ingin dipilih dengan bagi-bagikan uang.

"Jadi menurut saya tuduhan bahwa ini adalah sebuah langkah atau aksi sebar-sebar amplop dalam rangka serangan fajar itu atau money politics itu tidak relevan dalam konteks ini dan bahkan terkesan ingin dikait-kaitkan. Padahal jauh dan tidak tepat," lanjutnya.

Eddy melanjutkan, apa yang dilakukan Zulkifli Hasan tersebut adalah kepedulian beliau sebagai seorang tokoh bangsa yang ingin ikut membantu masyarakat.

"Lihat videonya secara jernih dan tanpa prasangka. Sama sekali tidak adapun di sana saya lihat umbul-umbul, kemudian atribut partai atau apa yang ingin menunjukkan bahwa ini adalah acara partai yang mana partai kemudian membagi-bagikan uang, jadi tidak ada di situ. Bahkan tidak ada ajakan apapun," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagi-Bagi Sedekah

Menurut Eddy, apa yang dilakukan Zulkifli Hasan hampir sama seperti membagikan sedekah kepada masyarakat yang membutuhkan

"Oleh karena itu, saya justru menganggap bahwa apa yang dilakukan Pak Zul itu merupakan bagian dari kepedulian beliau kepada masyarakat yang membutuhkan,"

"Coba lihat kegiatan-kegiatan lapangan Pak Zul di seluruh Indonesia dimana beliau kalau bertemu masyarakat yang butuh spontan memberikan uang. Ini sama sekali bukan money politics," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini