Sukses

Jokowi Soal Cawe-cawe di HIPMI: Saya Kan Seniornya, Enggak Apa-apa Beri Arahan

Jokowi mengatakan dirinya diminta oleh Pendiri HIPMI Abdul Latief untuk memberikan arahan kepada anggota HIPMI. Jokowi dinilai merupakan senior HIPMI sehingga tak masalah apabila mengarahkan dan cawe-cawe.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dirinya merupakan senior Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Sehingga, kata dia, wajar apabila dirinya memberikan arahan atau cawe-cawe kepada anggota HIPMI.

"Saya ini kan HIPMI juga. Kategorinya mungkin HIPMI senior lah, menyampaikan bahwa masuk HIPMI senior. Kalau  memberikan arahan kepada adek-adek saya kan enggak apa-apa," kata Jokowi kepada wartawan usai membuka Rakernas HIPMI Tahun 2023 di ICE BSD Tangerang, Kamis (31/8/2023).

Dalam Rakernas itu, Jokowi mengatakan dirinya diminta oleh Pendiri HIPMI Abdul Latief untuk memberikan arahan kepada anggota HIPMI. Jokowi dinilai merupakan senior HIPMI sehingga tak masalah apabila mengarahkan dan cawe-cawe.

"Pak Latief tadi menyampaikan ke saya lho 'Bapak itu, masuk kategori senior HIPMI, jadi kalau mengarahkan ya tidak apa-apa. Jadi kalau cawe-cawe juga tidak apa-apa'. Karena kan di keluarga kita sendiri kan?," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Saat ditanya apakah akan mengarahkan HIPMI terkait capres 2024, Jokowi menekankan bahwa HIPMI merupakan urusan usaha. Namun, dia tak menutup kemungkinan akan memberi arahan terkait politik.

"Ini urusan usaha. HIPMI ini urusan dunia usaha. Kalau nanti urusan politik ya bisa juga," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soroti Pentingnya Hilirisasi dan Industrialisasi

Jokowi menekankan pentingnya hilirisasi dan industriliasasi. Sebab, hal tersebut memberikan nilai tambah dan membuat Indonesia berpotensi menjadi negara maju.

"Tadi kan sudah saya sampaikan hilirisasi, industrialisasi, produk-produk yang masih mentahan dihilirisasi menjadi dalam bentuk kemasan sehingga ada nilai tambah sehingga memberikan harga yang terbaik," jelas Jokowi.

"Ya hitung-hitungannya jelas sekali. Bahwa hilirisasi, industrialisasi akan melompatkan kita menjadi negara maju. Hitung-hitungannya ada, kalkulasinya ada. Kalau yang mau bantah juga silakan," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.