Sukses

Jokowi Resmikan LRT Jabodebek

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan melakukan tap kartu masuk LRT. Jokowi kemudian melanjutkan perjalanan menuju Statiun Dukuh Atas Jakarta, dengan menggunakan LRT yang sama.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan moda transportasi light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek), Senin (28/8/2023). Peresmian dilakukan di Statiun Cawang Jakarta, usai Jokowi menjajal LRT dari Statiun Harjamukti Cibubur.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba di Statiun Cawang Jakarta Timur, pukul 08.52 WIB. Sebelumnya, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, sejumlah menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara menjajal LRT terlebih dahulu dari Statiun Harjamukti.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan melakukan tap kartu masuk LRT. Jokowi kemudian melanjutkan perjalanan menuju Statiun Dukuh Atas Jakarta, dengan menggunakan LRT yang sama.

"Dengan mengucap Bismilahirrahmanirrahim, saya resmikan kereta api ringan light rail transit (LRT) terintegrasi di wilayah Jabodebek," kata Jokowi saat peresmian di Statiun Cawang Jakarta, Senin (28/8/2023).

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) menetapkan tarif promo diskon sebesar 78% atau tarif flat Rp 5.000 untuk seluruh lintas pelayanan.Tarif Promo ini mulai diberlakukan sejak LRT Jabodebek diresmikan sampai dengan akhir bulan September 2023.

Dorong Masyarakat ke Transportasi Massal 

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menjelaskan, tarif promo ini diberikan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78, serta untuk memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat.

"Melalui pemberian tarif promo ini, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi," jelas Adita dalam keterangan tertulis, Minggu (27/8/2023).

Adita menjelaskan, selain tarif flat Rp 5.000, skema selanjutnya yang disiapkan yaitu pengenaan tarif maksimal Rp 20.000 untuk jarak terjauh dan di bawah Rp 20.000 untuk selain jarak terjauh.

Skema tarif ini mulai diberlakukan pada awal bulan Oktober 2023 sampai dengan akhir Februari 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lintasi 18 Stasiun

Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek resmi beroperasi mulai besok Senin, 28 Agustus 2023. Hal ini menandakan uji coba terbatas dan penyempurnaan sistem sudah rampung dan LRT Jabodebek bisa beroperasi komersil.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, LRT Jabodebek akan melayani sekitar 18 stasiun. Diantaranya Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

"Stasiun-stasiun LRT Jabodebek berada di lokasi - lokasi strategis mulai dari kawasan perumahan hingga kawasan bisnis. Tujuannya untuk memudahkan para penglaju bertransportasi dari dan menuju Ibu Kota atau wilayah lainnya," kata Joni dalam keterangan tertulis, Minggu (27/8/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.