Sukses

Top 3 News: Kata Sekjen PDIP Hasto soal Budiman Sudjatmiko, Mundur atau Sanksi Pemecatan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto angkat bicara usai kadernya Budiman Sudjatmiko deklarasi mendukung bakal capres Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto angkat bicara usai kadernya Budiman Sudjatmiko deklarasi mendukung bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Menurut Hasto, kasus pembajakan Budiman Sudjatmiko itu oleh kubu Prabowo Subianto justru membuktikan ketidakpercayaan diri bakal capres yang akan dimajukan oleh Gerindra itu di Pilpres 2024.

Dia juga memberi catatan soal lokasi deklarasi dukungan itu di Provinsi Jawa Tengah. Hasto menerangkan tindakan yang dilakukan Budiman Sudjatmiko dan Prabowo di Semarang, justru akan membuat kader PDIP di Jawa Tengah semakin solid.

Sementara itu, kondisi udara Jakarta pada Minggu pagi 20 Agustus 2023 tidak sehat. Tingkat polusi udara Jakarta relatif tinggi. Hal ini berdasarkan pantauan situs iqair.com per pukul 06.00 WIB.

Laman tersebut mencatat, Indeks Kualitas Udara (AQI) Jakarta pagi ini berada di angka 161 AQI US atau masuk kategori tidak sehat sebesar 74,6 mikrogram per meter kubik, meski hari libur.

Mengutip laman situs IQAir, konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 14.9 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO. Angka tersebut menggolongkan kondisi tingkat polusi udara Jakarta pada Minggu pagi tidak baik.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang mengajak para purnawirawan TNI-Polri tetap solid di tahun politik. Moeldoko menekankan politik jangan sampai membuat semua pihak menjadi terpecah dan terpolarisasi.

Hal tersebut disampaikan Moeldoko saat menghadiri Reuni Akbar Piala 81 di Gedung Persada Purnawira Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu 20 Agustus 2023.

Dalam kesempatan tersebut juga, Moeldoko menyampaikan program-program kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Salah satunya, pembangunan sumber daya manusia melalui perluasan akses dan peningkatan kualitas pendidikan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 20 Agustus 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hasto Kristiyanto PDIP: Pilihan Budiman Sudjatmiko, Mundur atau Sanksi Pemecatan

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan kasus pembajakan Budiman Sudjatmiko oleh kubu Prabowo Subianto justru membuktikan ketidakpercayaan diri bakal capres yang akan dimajukan oleh Gerindra itu di Pemilu 2024.

"Setelah mengeroyok Ganjar Pranowo, mereka masih menggunakan bujuk rayu kekuasaan mencoba bertindak tidak etis, terapkan devide at impera," kata Hasto di sela Rakerda III DPD PDIP Kalimantan Timur, dikutip dari keterangannya, Minggu 20 Agustus 2023.

"Dengan melakukan politik devide et impera itu sebenarnya menunjukkan ketidakpercayaan diri dari pihak sana," lanjut Hasto.

Dia juga memberi catatan soal lokasi deklarasi dukungan itu di Provinsi Jawa Tengah. Hasto menerangkan tindakan yang dilakukan Budiman dan Prabowo di Semarang, justru akan membuat kader PDIP di Jawa Tengah semakin solid.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Udara Jakarta Minggu 20 Agustus 2023 Pagi Ini Tidak Sehat, Nomor 1 di Dunia

Kondisi udara Jakarta pada Minggu pagi 20 Agustus 2023 tidak sehat. Tingkat polusi udara Jakarta relatif tinggi. Hal ini berdasarkan pantauan situs iqair.com per pukul 06.00 WIB.

Laman tersebut mencatat, Indeks Kualitas Udara (AQI) Jakarta pada Minggu pagi 20 Agustus 2023 berada di angka 161 AQI US atau masuk kategori tidak sehat sebesar 74,6 mikrogram per meter kubik, meski hari libur.

"Konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 14.9 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO," tulis dalam di situs IQAir seperti dikutip, Minggu.

Angka tersebut menggolongkan kondisi tingkat polusi udara Jakarta pagi ini tidak baik.

Warga Jakarta dan sekitarnya disarankan memakai masker jika melakukan aktivitas di luar rumah atau outdoor.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Moeldoko: Politik Itu Guyonan, Kalau Kita Serius Bisa Gila

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengajak para purnawirawan TNI-Polri tetap solid di tahun politik. Moeldoko menekankan politik jangan sampai membuat semua pihak menjadi terpecah dan terpolarisasi.

"Politik itu guyonan, kalau kita serius bisa gila. Jadi jangan sampai gara-gara politik kita terpecah dan terpolarisasi. Kita harus tetap solid. Mari kita kawal bersama pelaksanaan Pemilu dan Pilpres agar berjalan aman dan demokratis," tegas Moeldoko saat menghadiri Reuni Akbar Piala 81 di Gedung Persada Purnawira Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu 20 Agustus 2023.

Adapun Reuni Akbar Piala 81 merupakan ajang silaturahmi para alumni Akabri angkatan tahun 1981, baik dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, maupun Kepolisian. Selain Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, hadir pula Kapolri 2013-2015 Jenderal Polisi (Purn) Sutarman.

Kemudian, Kepala Staf TNI AL 2012-2014, Laksamana TNI (Purn) Marsetio dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara 2012-2015, Marsekal TNI (Purn) Ida Bagus Putu.

Dalam kesempatan ini, Moeldoko menyampaikan program-program kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo. Salah satunya, pembangunan sumber daya manusia melalui perluasan akses dan peningkatan kualitas pendidikan.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.