Sukses

Top 3 News: Anies Baswedan Jawab soal Kedekatan dengan FPI dan Habib Rizieq

Bakal capres dari Koalisi Persatuan untuk Perubahan (KPP) Anies Baswedan disebut dekat dengan organisasi terlarang Front Pembela Islam (FPI) dan Habib Rizieq Shihab. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Persatuan untuk Perubahan (KPP) Anies Baswedan disebut dekat dengan organisasi terlarang Front Pembela Islam (FPI) dan Habib Rizieq Shihab. Pasalnya, FPI diketahui turut andil memenangkan Anies di Pilgub DKI Jakarta 2017. Itulah top 3 news hari ini.

Lantas, Anies ditanyai soal apakah bakal mendukung FPI jika terpilih menjadi Presiden pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Merespons hal itu, Anies mengaku dekat dengan semua organisasi berbasis agama apapun yang ada di Jakarta.

Menurut Anies Baswedan, ketika maju pada Pilgub DKI 2017, dia bahkan sowan ke tokoh-tokoh agama yang ada di DKI Jakarta. Anies pun tak menampik kunjungannya ke FPI memang mendapat sorotan yang besar.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet resmi membuka Sidang Tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu 16 Agustus 2023.

Dalam pidatonya, Bamsoet menyampaikan wacana penundaan Pemilihan Umum atau Pemilu apabila ada keadaan darurat seperti bencana besar hingga peperangan.

Bamsoet lalu mempertanyakan terkait lembaga mana yang berwenang untuk menunda Pemilu, mengingat MPR RI kini tak lagi memiliki kewenangan tersebut. terkait lembaga mana yang berwenang untuk menunda Pemilu, mengingat MPR RI kini tak lagi memiliki kewenangan tersebut.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Aliansi Mahasiswa Sultra Pendukung Jokowi yang menyambangi Polres Kota Kendari, Selasa 15 Agustus 2023.

Kedatangan mereka itu untuk melaporkan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo, dengan Nomor LP: STTLP/267/VIII/2023/SPKT/POLRES KENDARI.

Salah satu anggota Aliansi Mahasiswa Sultra Pendukung Jokowi, Adi Maliano, mengatakan adik kandung Prabowo itu dilaporkan karena dianggap diduga telah melakukan pembohongan publik dan mencemari nama baik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 16 Agustus 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jawaban Anies soal Kedekatan dengan FPI dan Habib Rizieq

Bacapres dari Koalisi Persatuan untuk Perubahan (KPP) Anies Baswedan disebut dekat dengan organisasi terlarang Front Pembela Islam (FPI) dan Habib Rizieq Shihab.

Pasalnya, FPI diketahui turut andil memenangkan Anies di Pilgub DKI Jakarta 2017.

Lantas, Anies ditanyai soal apakah bakal mendukung FPI jika terpilih menjadi Presiden pada Pilpres 2024. Merespons hal itu, Anies mengaku dekat dengan semua organisasi berbasis agama apapun yang ada di Jakarta.

"Saya dekat dengan semua organisasi yang ada di Jakarta. Baik yang berbasis agama islam, kristen, hindu, budha, semua saya jangkau," kata Anies di acara Desak Anies di Pos Bloc, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa 15 Agustus 2023.

Menurut Anies, ketika maju pada Pilgub DKI 2017, dia bahkan sowan ke tokoh-tokoh agama yang ada di DKI Jakarta. Anies pun tak menampik kunjungannya ke FPI memang mendapat sorotan yang besar.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Dalam Sidang Tahunan, Bamsoet Usul Penundaan Pemilu dan MPR Kembali Jadi Lembaga Tertinggi

Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet resmi membuka Sidang Tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu 16 Agustus 2023.

Dalam pidatonya, Bamsoet menyampaikan wacana penundaan Pemilihan Umum atau Pemilu apabila ada keadaan darurat seperti bencana besar hingga peperangan.

"Keadaan darurat negara yang menyebabkan pelaksanaan Pemilihan Umum tidak dapat diselenggarakan sebagaimana mestinya, tepat pada waktunya, sesuai perintah konstitusi? Maka secara hukum, tentunya tidak ada Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih sebagai produk hukum.

"Dalam keadaan demikian, timbul pertanyaan, siapa yang memiliki kewajiban hukum untuk mengatasi keadaan-keadaan bahaya tersebut?," sambung dia.

Dia lantas memoertanyakan terkait lembaga mana yang berwenang untuk menunda Pemilu, mengingat MPR RI kini tak lagi memiliki kewenangan tersebut.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo Dilaporkan ke Polisi

Aliansi Mahasiswa Sultra Pendukung Jokowi menyambangi Polres Kota Kendari, Selasa 15 Agustus 2023.

Kedatangan mereka itu untuk melaporkan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo, dengan Nomor LP: STTLP/267/VIII/2023/SPKT/POLRES KENDARI.

Salah satu anggota Aliansi Mahasiswa Sultra Pendukung Jokowi, Adi Maliano, mengatakan adik kandung Prabowo itu dilaporkan karena dianggap diduga telah melakukan pembohongan publik dan mencemari nama baik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, Hashim dikatakannya telah menyebut Partai Golkar mau mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres pada pilpres 2024 atas perintah Presiden Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi disebutnya menyatakan tidak pernah ikut mengurus dukungan partai politik terhadap Prabowo.

"Pernyataan Hashim itu sudah dibantah oleh Presiden dalam keterangan di Istana Negara," kata Adi saat dihubungi.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.