Sukses

Metro Sepekan: Pemuda di Bekasi Adang Buruh yang Hendak Demo di Jakarta Tolak People Power

Massa pemuda mengadang laju buruh yang berjalan kaki menuju ke Jakarta pada Selasa 8 Agustus 2023. Mereka melakukan orasi di simpang Kampus UNISMA 45, Jalan Raya Cut Mutia, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Massa pemuda mengadang laju buruh yang berjalan kaki menuju ke Jakarta pada Selasa 8 Agustus 2023. Mereka melakukan orasi di simpang Kampus UNISMA 45, Jalan Raya Cut Mutia, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Massa menolak adanya gerakan people power yang ramai digaungkan akan berdemo ke Istana. Hal ini dianggap dapat memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI.

Korlap aksi dari Aliansi Pemuda Peduli Indonesia, Adnan mengatakan, meski Indonesia merupakan sebuah negara yang menjunjung tinggi asas demokrasi dan menjamin kebebasan untuk berpendapat, namun aksi massa seperti gerakan people power harus tetap memiliki batasan sesuai dengan koridor hukum.

Sementara itu, polisi mengimbau agar para pengendara menghindari dua ruas jalan Gatot Subroto arah Slipi maupun kawasan sekitar Monumen Nasional (Monas). Hal ini menyusul rencana aksi unjuk rasa yang digelar organisasi buruh pada Kamis 10 Agustus 2023.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, kepada masyarakat untuk dapat sekiranya tidak dulu melakukan aktivitas daerah Jalan Gatot Subroto khususnya lagi di depan Gedung DPR/MPR dan area sekitar Monas, sebab dua area itu akan menjadi titik kumpul demo buruh.

Maka dengan mempertimbangkan kondisi di lapangan nanti, petugas pun telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas secara situasional.

Berita lain yang terpopuler dalam sepekan terakhir dalam sub kanal Megapolitan, News Liputan6.com adalah terkait Kejaksaan Negeri atau Kejari Kota Depok yang bergerak melakukan pengungkapan kasus dugaan korupsi proyek pembangunan kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran. Diduga terjadi penyelewengan anggaran pembangunan gedung UPN Veteran.

Kepala Kejari Kota Depok Mia Banulita tidak membantah terkait adanya pergerakan Kejari Kota Depok menangani dugaan korupsi di lingkungan UPN Veteran. Namun, Mia masih sedikit berbicara terkait persoalan tersebut.

Mia tidak menampik terkait dugaan kasus korupsi tersebut telah naik ke tahap penyidikan. Namun lagi-lagi, Mia enggan membeberkan secara mendetail soal penanganan kasus dugaan korupsi UPN.

Berikut deretan berita metro yang paling banyak dicari pembaca Liputan6.com dalam sepekan terakhir:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tolak People Power, Sejumlah Pemuda di Bekasi Adang Buruh yang Hendak Demo di Jakarta

Massa pemuda mengadang laju buruh yang berjalan kaki menuju ke Jakarta. Mereka melakukan orasi di simpang Kampus UNISMA 45, Jalan Raya Cut Mutia, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Massa menolak adanya gerakan people power yang ramai digaungkan akan berdemo ke Istana. Hal ini dianggap dapat memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI.

"Kita fokus terhadap isu-isu yang saat ini sedang beredar, yaitu gerakan people power yang digaungkan dan akan dilaksanakan oleh berbagai elemen yang mengatasnamakan gerakan rakyat," kata Adnan, korlap aksi dari Aliansi Pemuda Peduli Indonesia di lokasi, Selasa 8 Agustus 2023.

Menurutnya, meski Indonesia merupakan sebuah negara yang menjunjung tinggi asas demokrasi dan menjamin kebebasan untuk berpendapat, namun aksi massa seperti gerakan people power harus tetap memiliki batasan sesuai dengan koridor hukum.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Ada Demo Buruh Hari Ini Kamis 10 Agustus 2023, Hindari Kawasan DPR dan Sekitar Monas

Polisi mengimbau agar para pengendara untuk menghindari dua ruas jalan Gatot Subroto arah Slipi maupun kawasan sekitar Monumen Nasional (Monas). Menyusul rencana aksi unjuk rasa yang digelar organisasi buruh pada hari ini, Kamis 10 Agustus 2023.

"Kepada masyarakat untuk dapat sekiranya tidak dulu melakukan Aktivitas daerah jalan Gatot Subroto khususnya lagi di depan Gedung DPR/MPR dan area sekitar Monas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi.

Sebab dua area itu akan menjadi titik kumpul demo buruh. Maka dengan mempertimbangkan kondisi di lapangan nanti, petugas pun telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas secara situasional.

"Untuk menghindari beberapa area seperti jalan Gatot Subroto tentunya ini agar dihindari. Kemudian daerah Monas. Secara normatif kita lihat situasional untuk pengalihan arus lalu lintas," katanya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Usut Dugaan Korupsi Gedung UPN Veteran, Kejari Depok Periksa Sejumlah Saksi

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok bergerak melakukan pengungkapan kasus dugaan korupsi proyek pembangunan kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran.

Diduga terjadi penyelewengan anggaran pembangunan gedung UPN Veteran.

Kepala Kejari Kota Depok, Mia Banulita tidak membantah terkait adanya pergerakan Kejari Kota Depok menangani dugaan korupsi di lingkungan UPN Veteran. Namun, Mia masih sedikit berbicara terkait persoalan tersebut.

“Iya, tapi nanti ya sama kasi Pidsus,” ujar Mia kepada Liputan6.com, Rabu 9 Agustus 2023.

Mia tidak menampik terkait dugaan kasus korupsi tersebut telah naik ke tahap penyidikan. Namun lagi-lagi, Mia enggan membeberkan secara mendetail soal penanganan kasus dugaan korupsi UPN.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.