Sukses

Kata Jokowi soal Posisi Menkominfo Masih Jatah NasDem atau Tidak

Presiden Jokowi belum memutuskan sosok yang mengisi jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) definitif, usai Johnny G. Plate menjadi tersangka kasus dugaan korupsi proyek menara Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum memutuskan sosok yang mengisi jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) definitif, usai Johnny G. Plate menjadi tersangka kasus dugaan korupsi proyek menara Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Saat ini, Jokowi masih menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menkominfo.

"Belum," kata Jokowi singkat kepada wartawan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Dia juga menjawab singkat saat ditanya apakah posisi Menkominfo akan kembali diisi oleh Politisi Partai NasDem atau tidak. Adapun Johnny G.Plate merupakan Sekjen Partai NasDem sebelum menjadi tersangka kasus dugaan korupsi.

"Belum," ucap Jokowi.

Jawaban yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Dia mengatakan saat ini belum ada pengganti definitif Menkominfo.

"Ya karena presiden sudah menyampaikan belum, walaupun kita temen diskusinya ya kita mengatakan belum," jelas Pramono.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan untuk mereshuffle kabinet untuk dan menunjuk Menteri Komunikasi dan Informatika baru pengganti Johnny G Plate. Politikus Nasdem itu ditahan usai menjadi tersangka dugaan korupsi proyek menara BTS.

Plt Menkominfo Mahfud Md mengatakan, Jokowi hanya meminta masyarakat menunggu.

"Enggak. Belum diputuskan. Saya sudah sampaikan. Berapa lama? Tadi Presiden (katakan) ya tunggu saja sambil jalan, pokoknya saya kerja dulu," kata Plt Menkominfo Mahfud Md di Istana Negara, Jakarta, Senin 22 Mei 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Jokowi ke Pegawai Kominfo

Menurut dia, Presiden Jokowi berpesan agar pegawai Kominfo bekerja seperti biasa. Untuk sementara, Mahfud masih akan menjalankan tugasnya sebagai Plt Menkominfo.

"Kepada teman-teman di Kemenkominfo, Presiden berpesan agar terus bekerja seperti biasa, nanti saya yang akan menjalankan tugas dan bertanggung jawab menggunakan wewenang sebagai menteri sampai nanti ada keputusan baru dari Presiden yang waktunya belum ditentukan," ujar Mahfud.

Disisi lain, nama Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo sempat diisukan menjadi Menkominfo pengganti Johnny G.Plate. Terlebih, Hary Tanoe sempat bertemu Jokowi empat mata di Istana Kepresidenan Jakarta.

Jokowi masih menepis isu soal Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate, yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Jokowi mengatakan saat ini dirinya menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md.

"Plt (Menkominfo)-nya Pak Menko Polhukam," kata Jokowi kepada wartawan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat 19 Mei 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.