Sukses

Penataan Jalan Raya Margonda Dilanjutkan Kembali, Anggaran Mencapai Rp18 Miliar

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok akan melanjutkan kembali penataan trotoar di Jalan Raya Margonda. Tidak hanya trotoar, DPUPR Kota Depok akan melakukan pelebaran jalan di simpang Ramanda.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok akan melanjutkan kembali penataan trotoar di Jalan Raya Margonda. Tidak hanya trotoar, DPUPR Kota Depok akan melakukan pelebaran jalan di simpang Ramanda.

Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, Pemerintah Kota Depok akan melanjutkan kembali penataan trotoar Jalan Raya Margonda. Kali ini penataan tersebut dilakukan pada Segmen I dan Segmen II di Jalan Margonda.

“Kita melanjutkan kembali penataan trotoar segmen satu yang sebelumnya dari Underpass Dewi Sartika pada tahun lalu,” ujar Citra kepada Liputan6.com, Rabu (7/6/2023).

Citra menjelaskan, DPUPR Kota Depok akan melanjutkan kembali penataan trotoar segmen satu dari ujung Kantor Wali Kota Depok hingga Simpang Ramanda, total panjangnya sekitar 600 meter. Nantinya pada segmen I.

“Nanti di segmen satu akan dilanjutkan dengan pelebaran jalan di Simpang Ramanda yang sebelumnya sudah kami bebaskan lahannya,” jelas Citra.

Selain itu, DPUPR Kota Depok melakukan penataan trotoar di Jalan Margonda Segmen II. Titik tersebut dilaksanakan dari Simpang Ramanda hingga Simpang Juanda baik sisi kanan maupun kiri di jalan tersebut.

“Panjang penataan di Segmen II mencapai 1,2 kilometer dan lebar mencapai empat meter,” ucap Citra.

Rencana penataan trotoar Jalan Raya Margonda sedang menunggu persetujuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR). Hal itu dikarenakan Jalan Raya Margonda pada Segmen II memiliki status jalan Nasional sehingga jalan tersebut di bawah kewenangan Kementerian PUPR.

“Separator pembatas jalur cepat dan jalur lambat akan dibongkar sehingga pengerjaan pedestrian atau pelebaran trotoar mencapai empat meter, namun kami menunggu keputusan Kementerian PUPR,” tegas Citra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penambahan Lampu Penerangan

Citra mengungkapkan, pada penataan trotoar dan pelebaran jalan, akan ada pekerjaan overlay di lokasi pembongkaran separator. Rencananya pembangunan trotoar Jalan Margonda segmen II akan ditambahkan lampu penerangan etnik, bangku, dan pot tanaman.

“Semoga surat persetujuan atau rekomendasi dari Kementerian segera turun,” ungkap Citra.

Citra menambahkan, apabila surat tersebut telah diberikan kepada Pemerintah Kota Depok, akan dilakukan proses pengadaan dengan e-katalog. Pemkot Depok telah menyiapkan anggaran untuk penataan trotoar Jalan Raya Margonda mencapai Rp18 miliar.

“Pagu anggaran yang disiapkan Rp18 miliar menggunakan APBD Kota Depok,” pungkas Citra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.