Sukses

Balap Formula E Digelar di Ancol Besok, 215 Personel Gabungan Dikerahkan  

Gidion menyebut, penjagaan terbagi tiga klaster yaitu Hailai Ancol, Jakarta International Stadium (JIS), dan Jakarta International Expo Kemayoran.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap mobil listrik Formula E 2023 kembali digelar di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu, 3 Juni 2023 dan 4 Juni 2023. Polisi siapkan pengamanan.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menerangkan, sebanyak 215 personel gabungan dikerahkan selama ajang Formula E 2023 berlangsung.

"215 personel gabungan diturunkan untuk pengamanan Formula E Jakarta," ujar dia kepada wartawan, Jumat (2/6/2023).

Gidion menerangkan, personel di tempat di beberapa titik. Sebagaimana arahan dalam tactical wall games di Jakarta Internasional E-Prix Circuit (JIEC), Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada Jumat.

"Jadi mereka nanti ditentukan posisinya ada di mana, kemudian berbuat apa sesuai dengan tugas masing-masing," ujar dia.

Gidion menyebut, penjagaan terbagi tiga klaster yaitu Hailai Ancol, Jakarta International Stadium (JIS), dan Jakarta International Expo Kemayoran.

Propertindo (Jakpro) sebelumnya mengungkapkan telah menjual total 40 ribu tiket ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta 2023.

"40.000 penggemar Formula E siap memadati dan meramaikan ajang balap mobil listrik di AGI Jakarta International E-Prix Circuit ( JIEC ), Ancol, Jakarta Utara," kata Direktur Utama PT Jakpro Iwan Takwin dalam keterangan resmi, Jumat (2/6/2023).

Iwan menyebut Formula E Jakarta edisi kedua ini bakal dimeriahkan dengan hadirnya mobil balap listrik generasi terbaru Formula E. Adanya mobil balap listrik generasi ketiga (Gen-3) ini diyakini dapat menambah antusiasme warga.

"Pasalnya, mobil balap listrik Gen-3, mobil generasi terbaru Formula E yang tercepat, teringan, paling bertenaga dan paling efisien di kelasnya akan berlaga," kata Iwan.

Iwan merinci, pada Sabtu 3 Juni 2023 besok, balapan akan diselenggarakan sebanyak 36 lap. Sementara itu, untuk hari Minggu 4 Juni 2023 para pembalap akan bersaing dalam 38 lap.

Lebih lanjut, Iwan menyampaikan selain menyaksikan balapan Formula E di JIEC Ancol, Jakarta Utara, para pemilik tiket juga akan disuguhkan dengan konser musik dari artis Indonesia dan internasional.

Beberapa di antaranya adalah Alan Walker, DJ Sergio Berlino, Sam Feldt, DJ KK, Onnie N Friends, Ari Lasso, Rossa, Judika, Slank, Winky Wiryawan, RAN, Cakra Khan, Lyodra, Kla Project, Lea Simanjuntak, Momo Geisha, Angel Pieters, Angger Dimas, serta DJ Yasmin.

"Pastinya, mereka akan menambah kemeriahan 2023 GulaVit Jakarta E-Prix. Ludesnya tiket menunjukkan tingginya antusias masyarakat terhadap balapan Formula E," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Dishub DKI Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan Jakarta E-Prix 2023 atau Formula E yang berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol pada 3-4 Juni 2023 besok.

"Pengunjung Ancol dan penonton ajang balap mobil listrik agar memarkir kendaraan di fasilitas parkir yang disiapkan dan menggunakan layanan bus shuttle (antar jemput) yang kami sediakan," kata Dishub DKI Jakarta melalui akun Instagram @dishubdkijakarta, dikutip Jumat (2/6/2023).

Untuk pemilik tiket Premier Suite telah disediakan fasilitas parkir di perumahan Coasta Villa Jalan Bukit Golf Raya dan lapangan Kobexindo.

Kemudian, pemilik tiket Royal Suite 1A disediakan fasilitas parkir di Jakarta International Stadium (JIS), pemilik tiket Deluxe Suite 18 dan Corporate Suites disediakan fasilitas parkir di Hailai Ancol, dan pemilik tiket VIP, Grandstand 24-21 dan Sirkuit Festival disediakan fasilitas parkir di JIExpo Kemayoran.

Selanjutnya, bagi penonton E-Prix 2023 yang memarkirkan kendaraannya di Ancol diarahkan parkir di Symphony of The Sea dan disediakan shuttle bus (Bus wara-wiri Ancol).

“Apabila fasilitas parkir penuh diarahkan untuk parkir di tempat lainnya yang telah disediakan,” ujar Dishub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.