Sukses

Heru Budi Cek RTH Kalijodo Usai Dikritik Tak Terawat oleh Eks Gubernur DKI Jakarta Djarot

Heru Budi memastikan segera memperbaiki Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo.

Liputan6.com, Jakarta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo di Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (8/4/2023). Heru memastikan segera memperbaiki Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo.

Dalam tinjauannya, Heru didampingi Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto, hingga Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta Bayu Meghantara.

Heru mengecek kondisi RTH Kalijodo mulai dari konstruksi hingga sarana dan prasarana pendukung di dalamnya. Usai melihat kondisi RTH, Heru memberikan instruksi kepada Distamhut DKI Jakarta untuk melakukan perbaikan hingga perawatan pada bagian bangunan dan fasilitas RTH Kalijodo.

"Dinas Pertamanan akan memperbaiki hal-hal yang harus dirawat, termasuk memperbaiki kanopi, pengecatan, dan lain-lain," kata Heru Budi Hartono dalam keterangan resmi, Sabtu (8/4/2023).

Selain itu, Heru meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mengadakan berbagai kegiatan atau acara yang bersifat rutin maupun seremonial di RTH Kalijodo, semisal menghelat ajang kejuaraan sepeda BMX untuk memeriahkan HUT DKI Jakarta.

"Saya minta di sini ada kegiatan rutin, nanti informal saya datang. Saya minta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota untuk berkomunikasi dengan komunitas BMX mengadakan kegiatan, nanti hadiahnya biar dari saya. Saya harap mereka rutin adakan program dan kegiatan saja, hadiahnya nanti kita pikirin," jelas Heru.

Lebih lanjut, Heru juga ingin dilangsungkan lomba atau pameran fotografi di RTH Kalijodo. Menurut Heru, hal tersebut sebagai wadah para fotografer dalam menampilkan karya-karyanya, sekaligus menjadi magnet bagi para pengunjung agar datang ke RTH.

"Nanti media balai kota lomba foto, yang menang foto-fotonya ditampilin di sini. Ajuin proposal. Pagi atau sore hari Minggu boleh, kita lihat foto-foto siapa menang kita kasih hadiah. Ini dua hektare yang harus kita rawat, cari lahan dua hektare susah di Jakarta," terang dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berawal dari Video Djarot Saiful Hidayat

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat membagikan video kunjungannya ke RTH Kalijodo. Djarot mengaku kaget dengan kondisi terkini di RTH itu.

Pasalnya, Djarot menemukan lapak jualan yang padat, bangunan retak, hingga sampah yang menggunung. Padahal, ia dulu membenahi kawasan tersebut bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Kalijodo setelah 5 tahun yang lalu kita benahi menjadi RTH-RPTRA. Miris dan kecewa," tulis Djarot melalui akun Instagram @djarotsaifulhidayat, dikutip Kamis 6 April 2023.

Foto: Pemprov DKI Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini