Sukses

Cuaca Hari Ini Minggu 2 April 2023: Pagi Berawan di Jakarta, Siang Sebagian Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan langit mendung atau berawan menyelimuti wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu, Minggu (2/4/2023) pagi. Siang nanti, sebagian diguyur hujan intensitas ringan, sementara cuaca di wilayah lainnya diprediksi BMKG bakal berawan tebal. 

Namun, awal tebal tersebut tak berlangsung lama, malam harinya cuaca cerah berawan akan menaungi seluruh wilayah Ibu Kota.

Sementara itu, langit cerah terjadi di ketiga daerah penyangga Jakarta, terkecuali Tangerang. Hujan turun di siang hari dengan intensitas ringan hingga sedang dan berpotensi petir dan angin kencang hingga malam nanti. Hal ini diungkap BMKG lewat peringatan dini cuaca hari ini, Minggu.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan terjadinya angin kencang pada rentang waktu antara siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, Kab dan Kota Sukabumi, Kota Depok, Kab dan kota Bekasi," kata BMKG.  

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi   Siang  Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Berawan Tebal  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat  Berawan  Berawan Tebal  Cerah Berawan
 Jakarta Selatan  Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Timur  Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Utara  Berawan  Berawan Tebal  Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu  Berawan  Berawan Tebal  Cerah Berawan
 Bekasi  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
Depok Cerah Berawan Hujan Sedang Hujan Ringan
Bogor  Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
Tangerang  Berawan Tebal  Hujan Ringan  Berawan
2 dari 3 halaman

5 Cara Mudah Mengecek Cuaca

Mengetahui kondisi cuaca besok sangat penting untuk merencanakan aktivitas di luar ruangan atau bahkan memutuskan apa yang akan dikenakan untuk hari itu.

Memeriksa prakiraan cuaca menjadi lebih mudah dari sebelumnya dengan ketersediaan sumber daya cuaca online. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara memeriksa bagaimana kondisi cuaca besok.

1. Gunakan situs web BMKG 

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)  adalah badan meteorologi resmi di Indonesia. Situs web mereka (www.bmkg.go.id) menyediakan prakiraan cuaca untuk semua wilayah di Indonesia, termasuk kondisi cuaca saat ini, suhu, kelembapan, kecepatan angin, dan arah. anda juga dapat memeriksa peringatan dan saran cuaca di situs web.

Untuk mengecek keadaan cuaca besok melalui BMKG, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web cuaca resmi yang terpercaya, seperti BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) di https://www.bmkg.go.id/ atau situs cuaca lainnya.
  2. Cari bagian "Prakiraan Cuaca" atau "Weather Forecast" di situs tersebut.
  3. Pilih lokasi atau kota yang ingin anda ketahui kondisi cuacanya.Tunggu beberapa saat hingga situs tersebut menampilkan informasi tentang cuaca di lokasi tersebut.
  4. Biasanya informasi yang ditampilkan meliputi suhu, kelembapan, kecepatan angin, dan prakiraan cuaca selama beberapa hari ke depan.
  5. Periksa prakiraan cuaca untuk besok dan baca informasi yang disediakan untuk mengetahui cuaca yang diharapkan besok, seperti apakah akan cerah, hujan, atau berawan.
  6. Setelah itu, anda bisa menyesuaikan rencana anda besok berdasarkan informasi yang diperoleh dari prakiraan cuaca tersebut. 

2. Gunakan Aplikasi Cuaca 

Ada banyak aplikasi cuaca yang tersedia untuk smartphone yang menyediakan prakiraan cuaca untuk Indonesia. Beberapa aplikasi populer termasuk AccuWeather, The Weather Channel, dan Weather Underground.

Aplikasi ini memberikan informasi mendetail tentang kondisi cuaca, termasuk perkiraan per jam dan harian, serta citra radar dan satelit.

3 dari 3 halaman

Gunakan Aplikasi Cuaca hingga Amati Langit

3. Tonton Berita

Sebagian besar saluran berita lokal di Indonesia memiliki segmen cuaca yang menyediakan prakiraan cuaca untuk beberapa hari mendatang. anda juga dapat memeriksa pembaruan cuaca di stasiun radio dan surat kabar.

4. Periksa Media Sosial

Banyak penggemar cuaca dan ahli meteorologi di Indonesia berbagi prakiraan cuaca dan pembaruan di platform media sosial seperti Twitter dan Instagram. Mengikuti akun mereka dapat memberi anda informasi cuaca terbaru.

5. Amati Langit Di Indonesia

Cuaca bisa berubah dengan cepat dan terkadang tidak terduga. Mengamati langit untuk pola awan, arah angin, dan warna langit dapat memberikan petunjuk tentang kondisi cuaca. Misalnya, awan gelap dan angin kencang sering menandakan hujan atau badai petir.

Ada beberapa cara untuk mengecek kondisi cuaca esok hari di Indonesia. Menggunakan situs BMKG, aplikasi cuaca, menonton berita, mengecek media sosial, dan mengamati langit adalah beberapa metode yang populer.

Metode apa pun yang Anda pilih, penting untuk tetap mengetahui kondisi cuaca untuk memastikan keamanan dan kenyamanan anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.