Sukses

Jokowi Minta Sinergitas Saat Atasi Covid-19 Dilanjutkan untuk Penanganan Penyakit Lain

Menurut Jokowi, Indonesia menjadi salah satu negara yang menangani Covid-19 dengan baik. Dia menyebut keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, bahkan tak sedikit yang mempertaruhkan nyawanya.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kementerian/lembaga, pemerintah daerah, hingga masyarakat melanjutkan sinergitas saat menangani pandemi Covid-19. Jokowi ingin sinergitas ini juga ditetapkan untuk menangani penyakit-penyakit lain seperti, TBC hingga stunting.

"Kekuatan ini bukan hanya bisa digunakan untuk semua agenda besar bangsa, tetapi juga kita bisa gunakan untuk menangani penyakit-penyakit yang lainnya," kata Jokowi dalam acara Penghargaan Penanganan Covid-19 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta, Senin (20/3/2023).

"Misalnya, TBC hati-hati, stunting, peningkatan produksi pangan, penurunan angka kemiskinan," sambungnya.

Menurut Jokowi, Indonesia menjadi salah satu negara yang menangani Covid-19 dengan baik. Jokowi menyebut keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, bahkan tak sedikit yang mempertaruhkan nyawanya.

"Banyak nakes kita yang gugur dalam penanganan covid ini, banyak pihak yang bekerja melampaui tugas dan fungsinya, TNI dan Polri banyak yang melampaui tugas dan fungsinya. Banyak pihak yang menjadi relawan untuk kesehatan kita bersama dan banyak pelajaran-pelajaran yang bisa kita petik selama menangani Covid-19 ini," jelasnya.

Untuk itu, Jokowi menekankan kerja bersama ini tak boleh berhenti di urusan Covid-19 saja. Dia meyakini masalah besar di Indonesia akan cepat terselesaikan apabila ditangani bersama-sama, seperti saat Covid-19.

"Kalau kita bekerjanya seperti dalam penanganan covid, masalah-masalah besar seperti ini sebetulnya sangat cepat bisa kita selesaikan. Dengan catatan, kita bekerja seperti kita dalam menangani covid, mengatasi covid," tutur Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lanjutkan Kekuatan Besar Selama Pandemi

Jokowi menuturkan, cara kerja selama menangani Covid-19 harus dimanfaatkan untuk pemerintahan pascapandemi. Sehingga, masalah-masalah besar di Indonesia dapat segera teratasi.

"Jadi cara kerja kita selama menangani pandemi harus kita betul-betul manfaatkan untuk pemerintahan pascapandemi, post pandemic governance," ucap dia.

"Saya harapkan kekuatan besar selama menangani pandemi betul-betul bisa kita teruskan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan lainnya," imbuh Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.