Sukses

Lazis Asfa Gandeng Universitas Al Azhar Kairo Gelar Pelatihan Ulama Bangun SDM Unggul

Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Assalam Fil Alamin (Lazis Asfa) menggandeng Universitas Al Azhar Kairo untuk program pelatihan percepatan kaderisasi ulama, pesantren, dan lembaga pendidikan Islam di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Assalam Fil Alamin (Lazis Asfa) menggandeng Universitas Al Azhar Kairo untuk program pelatihan percepatan kaderisasi ulama, pesantren, dan lembaga pendidikan Islam di Indonesia.

Menurut Ketua Lazis Assalam Fil Alamin Muchlis Hasyim Yahya, para alumni Al Azhar memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa Indonesia. Sehingga, kata dia, kerja sama ini penting untuk membangun SDM unggul.

"Lulusan Al-Azhar banyak dari mereka yang mendirikan pesantren, memimpin ormas Islam, menjadi tokoh dan ulama, serta peran-peran penting lainnya," ujar Muchlis melalui keterangan tertulis, Selasa (20/2/2024).

Hal tersebut disampaikan Muchlis dalam pembukaan pelatihan intensif dakwah dan fatwa untuk para kader ulama dari berbagai pesantren di Indonesia di Universitas Al Azhar di Aula Fakultas Sains dan Dirasat Islamiyah, Kairo, Senin 19 Februari 2024.

Sebanyak 40 kader ulama utusan dari berbagai pesantren di Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat menjadi peserta pada pelatihan kali ini. Pelatihan dilaksanakan di Islamic Mission City, Al Azhar, selama dua bulan.

Kemudian, materi pelatihan meliputi materi-materi dakwah, metode pengambilan fatwa, wasatiyyat Islam, bahasa Arab, Al-Qur'an, dan tafsir serta ulumul hadis.

Acara disertai dengan pembinaan dan pengarahan mahasiswa Indonesia penerima beasiswa Asfa di Universitas Al Azhar sebanyak 200 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi dari Universitas Al Azhar

Rektor Universitas Al Azhar Salamah Daud pun mengapresiasi peran Lazis Asfa yang secara aktif terus mendorong percepatan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Al Azhar selalu membuka pintu untuk kader-kader dari seluruh dunia yang ingin mendalami Islam dengan pandangan wasatiyahnya," ucap dia.

"Apa yang dilakukan oleh Lazis ASFA seirama dengan pandangan Al-Azhar, yaitu melahirkan SDM unggul untuk kemajuan umat Islam di seluruh dunia," sambung Salamah Daud.

Ia berpesan agar para kader ulama yang mengikuti program pendidikan intensif dan para mahasiswa S1-S3, nantinya segera kembali kepada umat Islam di Indonesia melalui institusi masing-masing.

"Segera mendakwahkan nilai-nilai Islam serta membawa pandangan risalah wasatiyah Islam Al-Azhar," kata Salamah.

Senada dengan Salamah Daud, Sekjen Pusat Keilmuan Al Azhar, Nadhir Al-Ayyadh menyebut, pemanfaatan dana-dana dari zakat, infak, sedakah dan wakaf untuk kepentingan peningkatan SDM dan peningkatan ilmu, sejalan dengan prinsip-prinsip ajaran Islam.

"Peran-peran lembaga zakat dan wakaf seperti ini banyak ditemui dalam sejarah peradaban Islam. Al-Azhar adalah salah satu bukti yang telah berjalan lebih dari 1.100 tahun dengan menjadikan skema-skema zakat dan wakaf sebagai instrumennya," jelas Nadhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.