Sukses

4 Fakta Aksi Nekat Remaja 16 Tahun Lompat dari Lantai 3 Mal BTM Kota Bogor

Remaja berusia 16 tahun ini nekat melompat dari lantai 3 Mal BTM diduga lantaran depresi handphone atau HP miliknya hilang.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi nekat seorang remaja berusia 16 tahun belum lama ini bikin geger para pengunjung Bogor Trade Mal (BTM), Kota Bogor, Jawa Barat. 

Bagaimana tidak, remaja tersebut nekat melompat dari lantai 3 Mal BTM saat pusat perbelanjaan di Kota Hujan tersebut tengah ramai dipadati pengunjung. Peristiwa terjadi pada Jumat 3 Februari kemarin, sekitar pukul 14.00 WIB.

Saat awak media mencari tahu apa yang melatarbelakangi remaja tersebut melompat kepada pihak manajemen gedung, Marketing Communication Mal BTM mengaku tidak tahu motif pelaku.

"Cuma enggak tahu apakah korban ini sengaja loncat atau terjatuh. Tahunya ada orang jatuh dari lantai 3 ke lantai basement. Kalo dari lantai 3 ke basement itu ada 5 lantai," jelas Tri Wahyuni Ningsih, Jumat, 3 Februari 2023.

Adapun kondisi korban saat ini diketahui masih dalam perawatan Rumah Sakit PMI Kota Bogor. Sempat dilaporkan pihak rumah sakit, bahwa remaja berinisial RWN tersebut hanya mengeluhkan sakit pinggang.

"Setelah kejadian, kami langsung membawanya ke rumah sakit karena takut kenapa-napa. Tadi saya telpon tim kami di sana kondisinya sudah sadar. Katanya cuma sakit pinggang," kata Wahyuni kepada awak media, Jumat kemarin.

Lantas, apa sebenarnya motif pelaku hingga melakukan aksi nekat tersebut?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Nekat Lompat Gegara HP Hilang

Remaja berusia 16 tahun ini nekat melompat diduga mengalami depresi lantaran handphone atau HP miliknya hilang.

"Dugaannya seperti itu, hasil keterangan dari ibunya karena kecewa HP-nya hilang anak tersebut sempat mengutarakan ingin lompat dari tempat yang tinggi," ujar Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Rizka Fadila, Sabtu (4/2/2023).

Ia menjelaskan kronologis kejadian berawal ketika korban bersama ibu dan adiknya hendak menuju Vihara Dhanagun. Sebelum berangkat ke tempat peribadatan itu, ketiganya sempat makan siang di sekitar kawasan Alun-Alun Kota Bogor.

Saat itu, korban baru sadar jika telepon genggamnya hilang. Mereka akhirnya melanjutkan perjalanannya ke Vihara Dhanagun. Ketika tiba di depan Mal BTM, korban tiba-tiba berlari masuk ke dalam mal. Setelah sampai di lantai 3, korban melompat hingga mendarat di lantai basement.

Beruntung, sebelum mendarat ke lantai, tubuh korban menimpa rak pakaian milik pedagang, sehingga nyawanya selamat.

 

3 dari 5 halaman

2. Dilarikan ke RS PMI Bogor

Sebelumnya diberitakan, manajemen Bogor Trade Mal (BTM) menyatakan kondisi korban yang melompat dari lantai 3 pusat perbelanjaan itu kini sudah sadarkan diri.

Namun demikian, remaja pria berusia 16 tersebut saat ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit PMI Kota Bogor.

Tri mengatakan, saat kejadian korban yang diketahui berinisial RWN ini tengah bersama ibu dan adiknya. Namun, ia belum mengetahui motif korban melompat dari lantai 3.

"Kami belum tahu persis motif jatuhnya dia dari atas ke lantai dasar. Itu masih kami cari tahu, karena dia bersama ibu bersama adiknya," ujar Tri.

Tri menegaskan, pihak manajemen akan bertanggung jawab terutama soal pengobatan korban.

"Untuk fasilitas kami utamakan keselamatan, dan kondisinya semua baik-baik saja. Bagi pengunjung juga diimbau untuk berhati-hati," imbuhnya.

 

4 dari 5 halaman

3. Sebelum Melompat, Korban Berdiri Seorang Diri di Lt 3 Mal BTM

Peristiwa tersebut membuat pengunjung dan karyawan toko terkejut dan panik. Seluruh yang ada di mal pun langsung melihat keberadaan korban tergeletak di atas pakaian lantai G.

"Korban katanya masih hidup dan langsung dibawa ke RS PMI oleh sekuriti mal," kata Ade.

Sementara itu, saksi mata sekaligus pegawai toko di lantai 3 mengungkapkan korban sempat berdiri seorang diri. Kemudian dia berlari kecil ke arah eskalator.

Di atas tangga eskalator, remaja belasan tahun ini kemudian melepaskan sandal lalu melompat hingga jatuh ke lantai dasar.

"Dari lorong dia lari lalu membuka sandalnya lalu loncat," ungkap dia.

 

5 dari 5 halaman

4. Membentur Rak Pakaian

Namun, nyawanya selamat. Sebab sebelum mendarat ke lantai, tubuh korban terlebih dulu membentur rak pakaian milik pedagang.

"Kalau sekilas sih ga ada darah mengalir dan tidak terlihat ada luka terbuka," ucap wanita yang enggan disebutkan identitasnya ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.