Sukses

Surya Paloh Temui Airlangga, Demokrat: NasDem Sudah Mengabarkan ke Tim Kecil

Kamhar menyatakan Demokrat menghargai sikap NasDem dan hal serupa yakni silaturahmi juga dilakukan Demokrat ke parpol lain.

Liputan6.com, Jakarta Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyatakan Koalisi Perubahan terus berkomunikasi dan saling mengabarkan bila ada pertemuan antarparpol. Hal tersebut menanggapi pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

“Di tim kecil lintas partai selalu ada komunikasi yang intens termasuk saling mengabarkan dan menginformasikan ketika ada agenda silaturahmi lintas partai seperti ini,” kata Kamhar saat dikonfirmasi, Rabu (1/2/2023). 

Kamhar menyatakan Demokrat menghargai sikap NasDem dan hal serupa yakni silaturahmi juga dilakukan Demokrat ke parpol lain.

“Ini kami hargai, dan tradisi seperti ini juga yang dibangun Mas Ketum AHY melalui program silaturahmi 360 derajat,” kata dia.

Demokrat, kata Kamhar, menilai kunjungan antarparpol adalah hal wajar dan baik bagi demokrasi di Indonesia.

"Silaturahmi dan komunikasi politik lintas partai adalah sesuatu yang wajar bahkan menjadi keniscayaan pada sistem politik multipartai. Termasuk komunikasi politik yang dilakukan NasDem dengan Partai Golkar hari ini. Jugamerupakan bagian dari membangun peradaban politik yang santun dan bermartabat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Surya Paloh menjelaskan alasannya lebih memilih mendatangi Partai Golkar dahulu, dibandingkan Demokrat dan PKS yang meruakab partai calon Koalisi Perubahan.

Menurut Paloh, Golkar adalah prioritas sebab dirinya adalah mantan kader Golkar selama 43 tahun. 

“Agak keringatan dikit ya, baiklah, kenapa harus berkunjung ke Golkar? prioritas bagi Nasdem. Ada satu romantisme, ada satu perjalanan sejarah perjalalan kehidupan saya pribadi dalam usia yang saya capai saat ini, jenjang karir politiknsaya yang saya capai hari ini,” kata Paloh di Kantor DPP Golkar, Rabu (1/2/2023).

Paloh menyebut kunjungan ke kantor DPP Partai di Koalisi Perubahan sedang dicoba atur dan akan terjadi juga. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak KIB Merapat ke Nasdem

 

“Kenapa enggak berkunjung ke yang lain? yang lain kita memang baru mencoba ya, baru mencoba,” ucapnya.

Selain itu, Palih juga menyatakan pihaknya mengajak Koalisi Indonesia Baru (KIB) untuk bersama NasDem merapat ke Koalisi Perubahan. 

Menurut Paloh, semua kemungkinan ada untuk saling merapat ke koalisi. 

“Sama-sama mungkin (koalisi). Mungkin juga KIB bergabung ke NasDem. Jadi probability, kemungkinan itu masih terbuka,” kata Paloh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.