Sukses

PKS Depok Dukung Penuh Anies Capres 2024

Liputan6.com, Depok - Koalisi Perubahan, salah satunya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menunjuk Anies Baswedan sebagai Calon Presiden. Menanggapi hal itu, DPD PKS Kota Depok akan mendukung Anies pada Pemilihan Presiden 2024.

Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, penunjukan Anies Baswedan sebagai calon presiden, akan didukung DPD PKS Kota Depok. Imam menilai Anies mampu menjadi pemimpin Indonesia dengan pengalamannya sebagai mantan Gubernur Jakarta.

“Smart seorang Anies Baswedan, mungkin mirip-mirip dengan saya ya,” ujar Imam sambil tersenyum kepada Liputan6.com, Selasa (31/1/2023).

Imam menjelaskan, penunjukan Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Koalisi perubahan karena telah memenuhi Presidential Threshold (PT). Anies mampu memberikan kepercayaan sehingga 20 persen PT membawa Anies sebagai calon presiden.

“Sudah memenuhi syarat PT, Alhamdulillah koalisi Perubahan yang terdiri dari PKS, Nasdem dan Demokrat,” jelas Imam.

Imam mendoakan Anies Baswedan dapat menang pada Pemilihan Presiden 2024. Namun saat disinggung soal pendamping Anies, DPD PKS Kota Depok akan satu komando dengan DPP PKS dan berharap, calon pendamping Anies berasal dari internal PKS.

“Sebagai kader DPD PKS Kota Depok satu komando dengan DPP, menunggu arahan dari DPP,” ucap Imam.

2 dari 3 halaman

Usung Anies

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi bergabung dalam Koalisi Perubahan bersama Partai Nasdem dan Partai Demokrat, untuk mengusung Bakal Calon Presiden Anies Baswedan di Pilpres Tahun 2024.

Pernyataan sikap tersebut disampaikan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohammad Sohibul Iman, di area Bandara Soekarno Hatta Tangerang, seusai dia dan rombongan kembali dari Turki, bertemu dengan Ketua Dewan Syuro dan Presiden PKS membicarakan koalisi tersebut.

Sohibul Iman didampingi tim kecil dalam Koalisi Perubahan, yakni Sudirman Said hingga Sekjen Demokrat Teuku Riefky, namun tanpa perwakilan dari Partai Nasdem saat menggelar jumpa pers dukungan ke Anies Baswedan untuk Pemilu 2024.

"Kami diskusi cukup panjang, Alhamdulillah pertemuan dan konsultasi berjalan baik. Dari diskusi di Istanbul Turki itu, saya mendapatkan pesan dan untuk disampaikan dua pesan penting," tutur Sohibul Iman, Senin (30/1/2023).

3 dari 3 halaman

Konsisten

Sohibul menerangkan, pertama, PKS konsisten jadi bagian partai pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Sehingga Koalisi Perubahan ini memenuhi presidential threshold 20 persen.

"Yang kedua, PKS akan sampaikan dukungan eksplisit organisatoris ke Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden 2024-2029, pada rapat badan pekerja Majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2023," tutur Sohibul Iman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan
  • PKS