Sukses

Sandiaga Sebut Persiapan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo Sudah 90 Persen

Presiden Jokowi rencana akan memeriksa kesiapan Labuan Bajo pada Maret 2023 mendatang. Sementara KTT ASEAN di Labuan Bajo rencananya akan dihelat pada Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan, persiapan Labuan Bajo sebagai lokasi acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 sudah mencapai 90 persen.

Menurut Sandiaga, saat ini pemerintah tengah menggenjot ketersediaan listrik dan air bersih serta jaringan internet yang lebih baik di kawasan tersebut.

"Labuan Bajo sendiri sekarang kesiapannya udah hampir mencapai 90 persen dari segi venuenya dan sekarang jalannya sudah tersambung. Kita akan pacu untuk ketersediaan listrik, air, dan telekomunikasi," kata Sandiaga usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, seperti dikutip Selasa (31/1/2023).

Nantinya setelah dinyatakan siap, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memeriksa langsung pada Maret 2023 mendatang. KTT ASEAN sendiri rencananya akan dihelat pada Mei 2023.

"Kita menyiapkan untuk kunjungan dari pak presiden mengecek situasi terakhir pada Maret, sehingga nanti target baik dari segi penyelenggaraan ASEAN summit atau KTT ASEAN di Labuan Bajo maupun juga target peningkatan kunjungan wisatawan manca negara dan wisatawan nusantara akan meningkat ke sana," jelas Sandiaga.

Sandiaga melanjutkan, dalam rapat terbatas yang berlangsung kemarin, Presiden Jokowi juga mengusulkan agar Bandara Komodo ditambahkan menjadi bandara yang berstatus internasional.

"Usulan itu agar Bandara Komodo bisa menampung penerbangan dari Australia dan dari regional," Sandiaga menutup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengamanan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Sebelumnya diediberitakan, Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma sudah meminta seluruh masyarakat Kabupaten Manggarai Barat khususnya di Labuan Bajo untuk berperan aktif menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Dia menambahkan, upaya menyukseskan gelaran KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo dipastikan dilakukan dengan pengamanan super prioritas akan diberikan kepada para kepala negara dan delegasi negara-negara Asean yang hadir saat konferensi digelar.

"Diperkirakan masing-masing kepala negara akan membawa rombongan kurang lebih 40-50 orang. Sehingga pengamanan di Labuan Bajo akan dilakukan secara ketat," kata Johni Asadoma dalam keterangan diterima, Jumat 27 Januari 2023.

Diketahui, nantinya akan ada 11 kepala negara dan Sekjen negara-negara ASEAN yang akan hadir di Labuan Bajo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.