Sukses

6 Tanggapan Berbagai Pihak soal Kaesang Pangarep yang Ingin Terjun ke Politik

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep belum lama ini mengungkapkan keinginannya terjun ke dunia politik.

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep belum lama ini mengungkapkan keinginannya terjun ke dunia politik. Kaesang rupanya ingin mengikuti jejak sang kakak, Gibran Rakabuming Raka dan sang ayah. Hal itu diungkap oleh Gibran.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran di Solo, Selasa 24 Januari 2023.

Gibran Rakabuming Raka mengatakan ketertarikan Kaesang tersebut karena ingin berkontribusi di daerah. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, putra bungsu Jokowi itu juga sudah terjun langsung mengurusi Klub Sepak Bola Persis Surakarta.

Ketertarikan Kaesang terjun ke dunia politik itu pun mendapat beragam tanggapan pro kontra dari berbagai pihak. Salah satunya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

PDIP menyambut baik rencana Kaesang Pangarep terjun ke dunia politik. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi PDIP Junimart Girsang.

Junimart mengaku partainya siap mendukung semua pihak yang ingin terjun ke politik untuk membangun bangsa dan negara.

"PDIP mendukung, siapa saja, selama itu membangun bangsa dan negara ini kita dukung," kata Junimat di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Junimart tidak mempermasalahkan siapapun terjun ke politik, termasuk Kaesang. Ia menyebut semua warga negara memiliki hak sama untuk masuk dunia politik.

Sementara itu, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyebut dirinya sudah menduga Kaesang Pangarep akan mengikuti jejak kakak dan kakak iparnya untuk terjun ke dunia politik.

"Melihat kakaknya, Gibran, dan kakak iparnya, Bobby Nasution, yang telah lebih dulu masuk ke dunia politik, publik sebenarnya telah menduga dan tinggal menunggu waktu saja bahwa Kaesang pun akan demikian," kata Kamhar.

Berikut sederet tanggapan berbagai pihak terkait putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep yang mengungkapkan keinginannya terjun ke dunia politik dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pengamat Politik

Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep telah mengungkapkan keinginannya untuk terjun ke politik. Diprediksi, Kaesang akan mengikuti jejak sang kakak, Gibran Rakabuming Raka menjadi Wali Kota Solo.

Pengamat Politik Ujang Komarudin memprediksi Kaesang akan diplot menjadi calon wali kota Solo apabila Gibran dicalonkan sebagai Gubernur Jawa Tengah atau DKI Jakarta.

"Bisa jadi ketika Gibran naik jadi Gubernur Jawa Tengah atau DKI, lalu Kaesang menjadi Wali Kota Solo," ujar Ujang ketika dihubungi, Selasa 24 Januari 2023.

Ujang menilai hal tersebut memungkinkan terjadi lantaran sang ayah, Presiden Jokowi masih menjabat sebagai kepala negara. Jokowi pun mudah mengajak partai pendukungnya untuk mengusung Kaesang menjadi calon wali kota Solo.

"Kalau kita lihat karena sedang berkuasa, sedang memerintah, sedang kuat-kuatnya bisa saja skema itu terjadi," ucapnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini menuturkan, Kaesang bisa mengikuti jejak ayah dan kakaknya menjadi kader PDIP sebagai kendaraan untuk mencalonkan diri di Pilkada Solo.

"Saya melihatnya partai mana yang menampung, kita lihat Gibran, Jokowi dari PDIP, bisa melalui PDIP," katanya.

Cukup mudah juga buat Kaesang mendapatkan dukungan politik dari partai lain. Khususnya partai-partai pendukung Jokowi saat ini.

"Biasanya kalau anak presiden partai manapun bisa dibeli bisa didorong dan bisa mendukungnya," kata Ujang.

Selain menjadi calon wali kota Solo, menurut Ujang, Kaesang juga berpotensi menjadi calon legislatif.

"Kalau kita lihat Kaesang masuk politik ada tujuannya pasti ingin berkuasa, entah wali kota atau pun bisa jadi caleg DPR. Kita lihat saja nanti perkembangannya seperti apa," jelas Ujang.

 

3 dari 7 halaman

2. Pengamat Komunikasi Politik

Pengamat komunikasi politik, M Jamiluddin Ritonga menilai, ketertarikan Kaesang Pangarep terjun ke dunia politik hal yang wajar.

"Kaesang kesehariannya melihat ayah, kakak, dan kakak iparnya intens di dunia politik. Hal itu secara langsung menularkan dunia politik kepada Kaesang. Jadi, keluarga Presiden Joko Widodo membentuk Kaesang tertarik ke dunia politik. Hal itu kiranya terjadi secara alamiah," kata Jamiluddin saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023).

Menurut Jamiluddin, peluang Kaesang di dunia politik tentu terbuka. Sebab, sokongan sang ayah, kakak, dan kakak ipar akan memudahkan Kaesang berkarier di dunia politik. Peluang itu semakin besar disaat sang ayah masih presiden.

"Setidaknya karier politiknya dapat dimulai dari wali kota Solo. Ia bisa menggantikan sang kakak Gibran sebagai wali kota," kata dia.

Jamiluddin menyebut, jika Kaesang hendak berkiprah di Solo akan lebih mudah. Sebab, Kota Solo menjadi basis sang ayah dan kakaknya Gibran. Namun demikian, lanjutnya, Jokowi akan dinilai melanggengkan dinasti politik.

"Karena itu, sebagian orang akan menganggap Jokowi sedang menancapkan trahnya di dunia politik. Trah Jokowi dinilai akan bersaing dengan trah Soekarno. Tuduhan itu akan semakin menguat bila prestasi kakak dan kakak ipar Gibran sebagai wali kota landai-landai saja. Mereka bahkan bisa saja dinilai sebagai politisi karbitan," kata dia.

"Jadi, ketertarikan Kaesang ke dunia politik akan menuai pro dan kontra. Apalagi bila dia nanti mencalonkan diri untuk wali kota Solo. Tuduhan politisi karbitan akan semakin mencuat," pungkas Jamiluddin.

 

4 dari 7 halaman

3. PDIP

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyambut baik rencana Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep terjun ke dunia politik.

Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi PDIP Junimart Girsang mengaku partainya siap mendukung semua pihak yang ingin terjun ke politik untuk membangun bangsa dan negara.

"PDIP mendukung, siapa saja, selama itu membangun bangsa dan negara ini kita dukung," kata Junimat di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Junimart tidak mempermasalahkan siapapun terjun ke politik, termasuk Kaesang. Ia menyebut semua warga negara memiliki hak sama untuk masuk dunia politik.

"Jadi kalau Kaesang berniat untuk berpolitik kenapa tidak, itu kan hak," tegas Junimart.

 

5 dari 7 halaman

4. Partai Demokrat

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, sudah menduga Kaesang Pangarep akan mengikuti jejak kakak dan kakak iparnya untuk terjun ke dunia politik.

"Melihat kakaknya, Gibran, dan kakak iparnya, Bobby Nasution, yang telah lebih dulu masuk ke dunia politik, publik sebenarnya telah menduga dan tinggal menunggu waktu saja bahwa Kaesang pun akan demikian," kata Kamhar saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023).

Meski demikian, Kamhar menyambut baik langkah Kaesang tersebut.

"Kami menghormati dan menyambut baik jika nanti Kaesang putra bungsu Pak Jokowi juga akhirnya memilih berkecimpung di dunia politik," ucap dia.

Menurut Kamhar, Kaesang tentu sudah mempersiapkan dan belajar banyak hal dari kasus kakaknya, Gibran, yang sudah lebih dulu nyemplung di dunia politik.

"Meskipun dulu sebagaimana juga kakaknya pernah menyampaikan tak tertarik dengan politik dan lebih tertarik menjadi pebisnis. Perubahan itu wajar-wajar saja. Semakin ke sini tentu Kaesang banyak belajar dan telah mempersiapkan diri untuk masuk ke politik," kata dia.

Menurut Kamhar, Kaesang berpeluang besar maju DPR RI atau Pilkada serentak.

"Bisa di legislatif dengan maju sebagai Caleg DPR RI atau di eksekutif maju pada Pilkada serentak 2024 nanti. Jadi kami menyambut baik. Namun, kami belum membahas sama sekali tentang ini. Kami masih fokus pada persiapan Pileg dan Pilpres," pungkasnya.

 

6 dari 7 halaman

5. PPP

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menyambut baik rencana Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik.

"Itu adalah hak warga negara untuk masuk politik. Mas Kaesang sudah dewasa dan sudah bisa menentukan pilihan," kata Awiek saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023).

Awiek bahkan menyatakan PPP siap dan membuka pintu bagi Kaesang.

"PPP tentu sangat terbuka siapapun tokoh yang ingin bergabung. Dan kalau memang ke politik ya harus gabung ke parpol supaya bisa di mana beliau bisa berkiprah," jelas Awiek.

 

7 dari 7 halaman

6. PAN

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menilai masuknya Kaesang Pangarep ke politik adalah hal wajar dan tak perlu dipermasalahkan.

"Itu ibarat buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Artinya keluarga politisi akan melahirkan anak politisi. Keluarga artis akan melahirkan anak artis. Hal itu sesuatu yang wajar dan lumrah saja," kata Viva saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023).

Viva bahkan menyarankan Kaesang bergabung ke PAN agar tidak bersaingan di partai yang sama dengan kakaknya yaitu Gibran Rakabuming Raka di PDIP.

"Akan sangat baik lagi jika Mas Kaesang menjadi kader PAN saja. Agar jangan 'satu rumah' dengan Mas Gibran supaya nantinya bisa bersaing secara politik,” kata dia.

Viva menyebut masuknya Kaesang tidak melanggar Undang-Undang karena Mahkamah Konstitusi (MK) telah membatalkan pelarangan bakal calon kepala daerah memiliki hubungan darah/ perkawinan dengan petahana.

"Sangat baik jika Mas Kaesang masuk dunia politik. Ini representasi dari kaum milineal dan generasi Z. Dan politik di isi oleh anak muda yang memiliki visi, ide dan gagasan yang kontekstual dengan zamannya," jelas Viva Yoga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.