Sukses

Top 3 News: Gempa Guncang Tiga Wilayah Indonesia pada Minggu 15 Januari 2023

Serangkaian gempa bumi yang sempat menggetarkan Indonesia pada Minggu 15 Januari 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa lindu tersebut bermula pada dini hari.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini terkait serangkaian gempa bumi yang sempat menggetarkan Indonesia pada Minggu 15 Januari 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa lindu tersebut bermula pada dini hari.

Dan hingga pukul 19.30 WIB dilaporkan masing-masing gempa terjadi di wilayah Bogor, Jawa Barat, Kabupaten Jayapura, Papua, dan Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

Saat lindu pertama terjadi di wilayah Bogor, gempa tersebut memiliki kekuatan magnitudo 5.0. Ada pun gempa berada dikedalaman 132 kilometer dan terjadi pada pukul 03:32:19 WIB.

Sementara, lokasi gempa terletak pada koordinat titik 6,52 Lintang Selatan (LS) dan 106,58 Bujur Timur (BT). Atau lebih tepatnya di 25 km barat laut Kota Bogor, Jabar.

Kemudian, pesan Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa yang meminta kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua jangan menjadikan masyarakat sebagai tameng.

Diakui, menurut Saleh, saat ini TNI-Polri tengah mengejar mereka di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua secara terukur sehingga dipastikan tidak menyasar ke masyarakat.

Masyarakat juga diingatkan jangan bergabung sekaligus menjauh dari gerombolan pengacau itu serta tidak mengizinkan tempatnya menjadi persembunyian mereka.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Musra (Musyawarah Rakyat) Indonesia ke VIII Pro Jokowi (Projo) yang menghasilkan dua nama paling banyak dipilih untuk disodorkan kepada Jokowi untuk calon presiden (capres) 2024 mendatang.

Keduanya yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Ketua Panitia Nasional Musra, Panel Barus mengatakan, selain Ganjar dan Prabowo, satu nama lagi yang bersaing dalam Musra ialah Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian yang juga Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 15 Januari 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gempa Guncang 3 Wilayah di Indonesia Minggu 15 Januari 2023, Cek Lokasinya

Ada serangkaian gempa yang mengguncang Tanah Air hari ini, Minggu 15 Januari 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa lindu tersebut bermula pada dini hari.

Dan hingga pukul 19.30 WIB dilaporkan masing-masing gempa terjadi di wilayah Bogor, Jawa Barat, Kabupaten Jayapura, Papua, dan Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

Saat lindu pertama terjadi di wilayah Bogor, gempa tersebut memiliki kekuatan magnitudo 5.0. Ada pun gempa berada dikedalaman 132 kilometer dan terjadi pada pukul 03:32:19 WIB.

Sementara, lokasi gempa terletak pada koordinat titik 6,52 Lintang Selatan (LS) dan 106,58 Bujur Timur (BT). Atau lebih tepatnya di 25 km barat laut Kota Bogor, Jabar. Gempa bumi tak berpotensi tsunami.

Gempa bumi kedua melanda Kota Jayapura. Tak cukup hanya sekali, lindu tercatat dua kali mengguncang wilayah tersebut. Gempa pertama pada pukul 06:51:21 WIB dengan magnitudo 3,8.

 

Selengkapnya... 

3 dari 4 halaman

2. Pangdam Cenderawasih ke KKB: Jangan Jadikan Masyarakat sebagai Tameng

Panglima Kodam XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa, menegaskan kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua jangan menjadikan masyarakat sebagai tameng. 

"Jangan jadikan masyarakat sebagai tameng karena aparat keamanan akan mengejar dan menangkap secara terukur," kata dia yang dikutip Antara, Minggu 15 Januari 2023.

"Yang akan ditangkap adalah mereka yang namanya sudah masuk dalam daftar, di antaranya Nason Mimin dan lainnya," dia menegaskan.

Diakui, saat ini TNI-Polri tengah mengejar mereka di Kabupaten Pegunungan Bintang secara terukur sehingga dipastikan tidak menyasar ke masyarakat.

Masyarakat juga diingatkan jangan bergabung sekaligus menjauh dari gerombolan pengacau itu serta tidak mengizinkan tempatnya menjadi persembunyian mereka. 

 

Selengkapnya... 

4 dari 4 halaman

3. Cari Penerus Presiden Jokowi, Projo Sodorkan Nama Ini untuk Maju di Pilpres 2024

Musra (Musyawarah Rakyat) Indoensia ke VIII Pro Jokowi (Projo) di Surabaya, Jawa Timur, menghasilkan dua nama paling banyak dipilih yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, yang bakal disodorkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dua nama tersebut memang sering kali muncul pada 12 Musra sebelumnya yang sedang mencari rekomendasi Calon Presiden (Capres) untuk Pemilu 2024. Musra ini memang diinisiasi oleh para relawan Jokowi," ujar Ketua Panitia Nasional Musra, Panel Barus di Surabaya, Minggu 15 Januari 2023.

Selain Ganjar dan Prabowo, lanjut Barus, satu nama lagi yang bersaing dalam Musra ialah Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian yang juga Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

"Rekomendasi ada Prabowo, Ganjar dan Airlangga tiga itu bergantian," ucapnya.

Nama Ganjar, kata Barus, menjadi teratas di tiga Musra. Begitu juga Airlangga yang namanya bersaing bahkan menempel di tiga Musra. Sementara Prabowo menang dua kali di dua Musra.

 

Selengkapnya... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.