Sukses

5 Fakta Jelang Pertandingan Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia Vs Vietnam Leg Kedua

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam akan berlangsung malam nanti, Senin (9/1/2023) di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam akan berlangsung malam nanti, Senin (9/1/2023) di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam.

Laga leg pertama sendiri telah berlangsung pada Jumat 6 Januari 2023 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Laga Indonesia vs Vietnam itu berakhir dengan kedudukan 0-0.

Rupanya, kali ini tuan rumah memiliki motivasi khusus pada laga nanti. Selain memburu kemenangan dan melangkah ke final, mereka juga ingin memberi perpisahan manis kepada pelatih Park Hang-seo.

Sang nakhoda dilaporkan tidak bakal memperpanjang kontraknya dengan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) yang berakhir Januari 2023.

"Kalau besok kami kalah, itu akan menjadi pertandingan terakhir saya. Namun, kalau tidak, kami masih memiliki laga terakhir (final). Oleh karena itu, kami akan melakukan yang terbaik besok," ujar Park dalam konferensi pers sebelum pertandingan, Minggu 8 Januari 2023.

"Jadi, pertandingan melawan Timnas Indonesia itu juga penting bagi diri saya," sambung pria berusia 65 tahun itu.

Senada, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong juga mengincar kemenangan di laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Meski, berdasar peraturan, Skuad Garuda bakal lolos jika meraih hasil imbang dengan skor (1-1, 2-2, dst) karena adanya gol tandang.

"Kami 100 persen tidak pernah mau seri. Kami berupaya menyelesaikan pertandingan dalam 90 menit dan melaju ke final," kata Shin Tae-yong.

"Setiap pemain siap menunjukkan upaya maksimal," tambahnya.

Berikut sederet fakta jelang pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam malam nanti, Senin (9/1/2023) di My Dinh National Stadium, Hanoi dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Park Hang-seo Bidik Kemenangan Sebelum Tinggalkan Vietnam

Park Hang-seo punya misi besar jelang menjamu Timnas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Pelatih Vietnam berniat membidik kemenangan sebelum dirinya resmi mengakhiri karier sebagai juru taktik The Golden Star.

Seperti diketahui, Park Hang-seo memang tak lagi memperpanjang kontrak dengan Timnas Vietnam. Pelatih yang sudah lima tahun menangani The Golden Star itu bakal hengkang usai menunaikan tugasnya di Piala AFF 2022.

Kemenangan di babak empat besar pun menjadi ambisi yang ingin diwujudkan Park Hang-seo. Jika berhasil menaklukkan Skuad Garuda, juru taktik asal Korea Selatan setidaknya masih memiliki dua pertandingan tambahan sebelum resmi berpisah dengan anak-anak asuhnya.

"Pertandingan besok penting bagi saya. Kontrak saya (dengan Timnas Vietnam) akan berakhir setelah Piala AFF usai," katanya dalam konferensi pers jelang laga melawan Indonesia di leg kedua semifinal turnamen level ASEAN, seperti dilansir dari TheThao247.

"Jika saya kalah, itu akan menjadi pertandingan terakhir (bersama The Golden Star). Jika saya menang, saya akan memiliki dua (laga lagi). Kami akan mempersiapkan yang terbaik untuk pertandingan ini," ujar Park menambahkan.

 

3 dari 6 halaman

2. Park Hang-seo Bakar Semangat Timnya

Ada pun Park Hang-seo hingga kini dipandang sebagai sosok berjasa bagi Timnas Vietnam. Ia sukses mengantar The Golden Star menjadi salah satu tim yang paling ditakuti dalam kancah sepak bola Asia Tenggara.

TheThao247 mencatat eks pelatih Chunnam Dragons telah mempersembahkan sejumlah gelar penting bagi Vietnam. Beberapa di antaranya adalah trofi Piala AFF 2018 serta medali emas sepak bola SEA Games 2021.

Jelang menghadapi laga krusial melawan Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 pada Senin (9/1/2023) malam WIB, Park Hang-seo sempat membakar semangat anak-anak asuhnya melalui unggahan di media sosial.

Juru taktik berusia 65 tahun itu mengeklaim pihaknya bertekad memberi penampilan terbaik, serta mencetak sejarah saat tampil di My Dinh National Stadium yang menjadi kandang Timnas Vietnam dalam perhelatan Piala AFF edisi ini.

"Semangat Vietnam telah merasuki seluruh tim. Tiap pemain akan menjadi pejuang di lapangan, (kami) akan mencoba memberikan yang terbaik serta pantang mundur. My Dinh akan menjadi tempat kami mencetak sejarah," tulisnya seperti dilansir dari TheThao247.

 

4 dari 6 halaman

3. Timnas Indonesia Tetap Buru Kemenangan

Tak hanya Vietnam, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong juga mengincar kemenangan di laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Meski, berdasar peraturan, Skuad Garuda bakal lolos jika meraih hasil imbang dengan skor (1-1, 2-2, dst) karena adanya gol tandang.

"Kami 100 persen tidak pernah mau seri. Kami berupaya menyelesaikan pertandingan dalam 90 menit dan melaju ke final," kata Shin Tae-yong pada konferensi pers sebelum laga.

"Setiap pemain siap menunjukkan upaya maksimal," tambahnya.

Shin Tae-yong menilai kualitas Indonesia saat ini sudah setara dengan Vietnam. Pandangan itulah yang membuatnya percaya diri pada pertandingan nanti.

"Ketika saya menangani Indonesia, penampilan skuad lebih baik. Performa kami sama dengan Vietnam. Timnas Indonesia sudah stabil dan lebih baik daripada sebelumnya," kata Shin Tae-yong.

 

5 dari 6 halaman

4. Penyerang Timnas Indonesia Janji Main Lebih Baik

Penyerang Dendy Sulistyawan yang mendampingi Shin Tae-yong mengutarakan janji mewakili rekan-rekannya. Timnas bakal berusaha menampilkan performa lebih baik pada leg kedua demi melaju ke partai final.

"Tidak ada alasan, kami harus lebih baik di leg kedua. Kami termotivasi dan bekerja keras. Kami sudah sejauh ini berjuang, jadi harus lebih maksimal demi lolos ke final," kata Dendy.

"Kami datang ke sini dengan kondisi terbaik. Kami akui laga tidak mudah, tetapi kami yakin pasti bisa," sambung pemain asal Bhayangkara FC tersebut.

 

6 dari 6 halaman

5. Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Vietnam (3-5-2): Dang Van Lam; Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Chung, Do Duy Manh; Ho Tan Tai, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Phan Van Duc, Doan Van Hau; Nguyen Van Toan, Nguyen Tien Linh;

Pelatih: Park Hang-seo

Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rachmat Irianto, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Yakob Sayuri;

Pelatih: Shin Tae-yong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.