Sukses

Hadapi Indonesia di Leg 2 Semifinal Piala AFF 2022: Park Hang-seo Bidik Kemenangan Sebelum Tinggalkan Vietnam

Park Hang-seo punya ambisi besar jelang melakoni leg kedua semifinal Piala AFF 2022 kontra Indonesia. Juru taktik asal Korea Selatan berniat membidik kemenangan sebelum berpisah dengan Timnas Vietnam, usai memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak.

Liputan6.com, Jakarta Park Hang-seo punya misi besar jelang menjamu Timnas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Pelatih Vietnam berniat membidik kemenangan sebelum dirinya resmi mengakhiri karier sebagai juru taktik The Golden Star.

Seperti diketahui, Park Hang-seo memang tak lagi memperpanjang kontrak dengan Timnas Vietnam. Pelatih yang sudah lima tahun menangani The Golden Star itu bakal hengkang usai menunaikan tugasnya di Piala AFF 2022.

Kemenangan di babak empat besar pun menjadi ambisi yang ingin diwujudkan Park Hang-seo. Jika berhasil menaklukkan Skuad Garuda, juru taktik asal Korea Selatan setidaknya masih memiliki dua pertandingan tambahan sebelum resmi berpisah dengan anak-anak asuhnya.

“Pertandingan besok penting bagi saya. Kontrak saya (dengan Timnas Vietnam) akan berakhir setelah Piala AFF usai,” katanya dalam konferensi pers jelang laga melawan Indonesia di leg kedua semifinal turnamen level ASEAN, seperti dilansir dari TheThao247.

“Jika saya kalah, itu akan menjadi pertandingan terakhir (bersama The Golden Star). Jika saya menang, saya akan memiliki dua (laga lagi). Kami akan mempersiapkan yang terbaik untuk pertandingan ini,” ujar Park menambahkan.

Adapun Park Hang-seo hingga kini dipandang sebagai sosok berjasa bagi Timnas Vietnam. Ia sukses mengantar The Golden Star menjadi salah satu tim yang paling ditakuti dalam kancah sepak bola Asia Tenggara.

TheThao247 mencatat eks pelatih Chunnam Dragons telah mempersembahkan sejumlah gelar penting bagi Vietnam. Beberapa di antaranya adalah trofi Piala AFF 2018 serta medali emas sepak bola SEA Games 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bakar Semangat

Jelang menghadapi laga krusial melawan Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 pada Senin (9/1/2023) malam WIB, Park Hang-seo sempat membakar semangat anak-anak asuhnya melalui unggahan di media sosial.

Juru taktik berusia 65 tahun itu mengeklaim pihaknya bertekad memberi penampilan terbaik, serta mencetak sejarah saat tampil di My Dinh National Stadium yang menjadi kandang Timnas Vietnam dalam perhelatan Piala AFF edisi ini.

“Semangat Vietnam telah merasuki seluruh tim. Tiap pemain akan menjadi pejuang di lapangan, (kami) akan mencoba memberikan yang terbaik serta pantang mundur. My Dinh akan menjadi tempat kami mencetak sejarah,” tulisnya seperti dilansir dari TheThao247.

3 dari 3 halaman

Khawatir

Terlepas dari tingginya semangat Park Hang-seo, TheThao247 sedikit khawatir pada posisi Timnas Vietnam di Piala AFF 2022. Media tersebut menyoroti aturan gol tandang yang kemungkinan bakal memberi kerugian bagi The Golden Star.

Sekadar informasi, Skuad Garuda memang berpeluang menyegel tiket ke partai puncak meski bermain di hadapan pendukung lawan. Skuad asuhan Shin Tae-yong hanya perlu memaksakan hasil imbang dengan gol untuk bisa mengamankan slot menuju babak selanjutnya.

“Karena Piala AFF kembali menerapkan aturan gol tandang, pasukan Golden Star menghadapi banyak kesulitan. Kegagalan mencetak gol di kandang lawan pada leg pertama semifinal membuat Vietnam harus memenangkan laga kedua demi merebut tiket ke babak selanjutnya.”

“Jika kedua tim saling beradu mencetak gol, Indonesialah yang akan lolos ke final. Jika hasil imbang 0-0 kembali terulang, kedua tim harus melakukan adu penalti,” tulis TheThao247 dalam laporannya jelang leg kedua babak empat besar Piala AFF 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.