Sukses

Top 3 News: Akhir Pelarian Pembunuh PRT yang Tewas di Pondok Ranggon Jaktim

Pembunuh seorang pekerja rumah tangga (PRT) bernama Sri Lestari (40) yang sebelumnya ditemukan tewas di kawasan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur berhasil ditangkap.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait pembunuh seorang pekerja rumah tangga (PRT) bernama Sri Lestari (40) yang sebelumnya ditemukan tewas di kawasan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur berhasil ditangkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi.

Diketahui, Sri tewas bersimbah darah dengan luka tusuk di rumah majikannya di kawasan Cipayung, Jakarta Timur (Jaktim) dalam keadaan duduk di sebuah kursi.

Meski sudah berhasil ditangkap, menurut Hengki, pihaknya belum dapat membeberkan identitas hingga kronologi penangkapan pelaku pembunuhan tersebut.

Kemudian, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar menyatakan upaya untuk melindungi anak Indonesia dari kekerasan membutuhkan komitmen lebih dari pemerintah, masyarakat, maupun elemen masyarakat sipil.

Untuk itu, Cak Imin, sapaan akrabnya, mendukung upaya pengarusutamakan isu perlindungan anak agar meminimalkan potensi kekerasan terhadap anak di Tanah Air.

Berbagai bentuk modus kekerasan terhadap anak juga terus berkembang. Bahkan, kekerasan ini terjadi tidak hanya berupa kekerasan fisik, tetapi juga psikis.

Salah satu contohnya menurut Cak Imin adalah kasus Tiko dan ibu kandungnya, Ibu Eny yang hidup di rumah mewah terbengkalai belasan tahun tanpa listrik dan air bersih.

Cak Imin juga menyoroti kasus penculikan Malika bocah perempuan yang dijadikan pemulung. Menurut dia, hal itu jelas-jelas bentuk kekerasan yang bisa menimpa siapa saja anak di Indonesia.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Partai Gerindra yang tak hadir saat pertemuan 8 partai politik (parpol) parlemen yang menyatakan menolak atas sistem pemilihan umum (Pemilu) Proporsional Tertutup pada Minggu 8 Januari 2023.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco menjelaskan, tidak hadirnya Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto maupun perwakilan partai lainnya bukan berarti partainya tidak ikut dalam sikap ketujuh partai Golkar, Demokrat, NasDem, PAN, PKB, PPP dan PKS.

Menurut Dasco, alasan Prabowo maupun perwakilan partainya tidak hadir dalam agenda tersebut. Karena telah ada agenda sebelumnya yang bertepatan dengan pertemuan hari ini.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 8 Januari 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pembunuh PRT yang Tewas di Pondok Ranggon Jaktim Ditangkap di Jawa Timur

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengungkapkan pihaknya berhasil menangkap pembunuh seorang pekerja rumah tangga (PRT) bernama Sri Lestari (40) yang sebelumnya ditemukan tewas di kawasan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Diketahui, Sri tewas bersimbah darah dengan luka tusuk di rumah majikannya di kawasan Cipayung, Jakarta Timur dalam keadaan duduk di sebuah kursi.

"Iya benar, kita sudah berhasil menangkap seorang pelaku (pembunuhan)," kata Hengki kepada wartawan, Minggu 8 Januari 2023.

Kendati demikian, Hengki mengatakan belum dapat membeberkan identitas hingga kronologi penangkapan pelaku pembunuhan tersebut.

Dihubungi terpisah, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Indriwienny Panjiyoga menyebut satu orang pelaku pembunuhan ditangkap di daerah Jawa Timur.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Cak Imin Bicara soal Tiko, Anak yang Rawat Ibunya di Rumah Mewah Terbengkalai

Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar menyatakan upaya untuk melindungi anak Indonesia dari kekerasan membutuhkan komitmen lebih dari pemerintah, masyarakat, maupun elemen masyarakat sipil.

Untuk itu, Cak Imin mendukung upaya pengarusutamakan isu perlindungan anak agar meminimalkan potensi kekerasan terhadap anak di Tanah Air.

"Kekerasan terhadap anak ini seperti puncak gunung es, kelihatan kecil di luar, tetapi besar di dalam. Situasi ini membutuhkan komitmen bersama dari para pemangku kepentingan, baik di level pemerintah, publik, maupun elemen masyarakat sipil agar terus menyuarakan pentingnya perlindungan terhadap anak di Indonesia," ujar Cak Imin dalam keterangannya, Minggu 8 Januari 2023.

Cak Imin mengungkapkan bahwa tren kasus kekerasan terhadap anak terus meningkat akhir-akhir ini. Berbagai bentuk modus kekerasan terhadap anak juga terus berkembang. Bahkan, kekerasan ini terjadi tidak hanya berupa kekerasan fisik, tetapi juga psikis.

"Kasus Tiko yang harus sendirian merawat ibunya selama belasan tahun dalam kondisi penuh keterbatasan di Jakarta Timur juga bentuk kekerasan terhadap anak. Apalagi jika menilik pemicunya di mana situasi yang terjadi akibat permasalahan rumah tangga sang orang tua," katanya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Gerindra Tidak Hadiri Pertemuan 8 Parpol Tolak Sistem Proporsional Tertutup

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad angkat suara terkait dengan absen partainya dalam pertemuan delapan partai parlemen yang menyatakan menolak atas sistem pemilihan umum (Pemilu) Proporsional Tertutup.

Menurutnya, tidak hadirnya Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto maupun perwakilan partai lainnya bukan berarti partainya tidak ikut dalam sikap ketujuh partai Golkar, Demokrat, NasDem, PAN, PKB, PPP dan PKS.

"Karena itu pada prinsipnya Gerindra ikut terhadap sikap menolak proporsional tertutup," kata Dasco saat dihubungi, Minggu 8 Januari 2023.

Dasco menjelaskan alasan Prabowo maupun perwakilan partainya tidak hadir dalam agenda tersebut. Karena telah ada agenda sebelumnya yang bertepatan dengan pertemuan hari ini.

"Tetapi memang, karena Ketua Umum kami berhalangan ada kegiatan yang sudah diagendakan dan tidak bisa dijawadalkam kembali sehimhba semua berhalangan hadir," ucap Dasco.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.