Sukses

Patroli Satgas Damai Cartenz di Yahukimo Ditembaki KKB, 1 Anggota Brimob Gugur

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah. Mereka mengadang dan menembaki patroli Satgas Damai Cartenz di wilayah Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan pada , Rabu (30/11/2022) sore, sekitar pukul 16.40 WIT.

Baku tembak antara KKB dan petugas patroli Satgas Damai Cartenz pun tak terhindarkan. Seorang anggota Brimob gugur dalam insiden ini. 

"Memang benar patroli Satgas Damai Cartenz yang hendak kembali ke Dekai diadang hingga terjadi kontak tembak yang mengenai dua anggota brimob, seorang di antaranya meninggal," kata Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto seperti dikutip dari Antara, Kamis (1/12/2022).

Kapolres menjelaskan, pengadangan oleh KKB terjadi saat anggota yang berpatroli melintas di jembatan 2 Jalan Poros Login Km 7 Dekai. Akibat pengadangan tersebut, dua anggota BKO dari Polda Lampung terkena tembakan yakni Bripda Gilang (meninggal dunia) dan Briptu Fauzan. 

"Belum dapat dipastikan pelaku pengadangan berapa orang, karena saat itu kondisi kawasan itu sudah agak gelap," kata AKBP Arief.

Saat ini kedua anggota Brimob yang menjadi korban sudah berada di RSUD Dekai. Briptu Fauzan mengalami luka tembak pada bagian punggung kiri atas. Kapolres Yahukimo memastikan bahwa kondisi Briptu Fauzan dalam keadaan stabil dan sadar. 

Kepolisian belum bisa memastikan pelaku berasal dari KKB kelompok mana karena masih dalam penyeidikan. Rencananya, polisi akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pada hari ini, Kamis (1/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

KKB Serang Kamp Pertambangan di Pegunungan Bintang Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang dan membakar camp mining 81 di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18.00 WIT, Sabtu 5 November 2022.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal membenarkan kejadian tersebut.

"Tadi malam sekira pukul 18.00 WIT, kami mendapat laporan bahwa telah terjadi penyerangan dan pembakaran oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di Kampung Kawe Kabupaten Pegunungan Bintang," kata Kamal dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Dia menjelaskan pelaku adalah kelompok Bocor Sobolim dari Yahukimo. 

Menurut dia, tempat kejadian perkara penyerangan ini bersebelahan dengan TKP sebelumnya, yang mana salah satu pekerja dipenggal kepalanya oleh KKB Papua.

“Pelaku yang melakukan pembakaran tersebut adalah kelompok Bocor Sobolim dari Yahukimo, dan lokasi TKP bersebelahan dengan TKP sebelumnya yang mana salah satu penambang dipenggal kepalanya,” jelas Kamal.

Dia mengataka, dalam kejadian tersebut terdapat satu korban jiwa. Korban adalah Rolmo Aldus Tuenoa (29).

“Korban mengalami luka sabetan sajam pada pergelangan tangan hingga putus dan menyebabkan korban kehabisan darah,” jelas Kombes Kamal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS