Sukses

Infografis KTT G20 Bali Tanpa Putin-Zelensky, Daftar Hadir Pemimpin Dunia, Manfaat bagi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Jika hadir, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bakal jadi magnet perhatian. Namun kedua presiden yang sedang berseteru ini urung hadir. KTT G20 Bali tetap digelar tanpa keduanya.

The show must go on. KTT G20 Bali berlangsung pada 15-16 November 2022. Indonesia selaku pemegang Presidensi G20 2022 menghelat puncak acara konferensi tingkat tinggi forum utama kerja sama ekonomi internasional dengan 20 anggota ini.

"Saya kira dalam posisi normal tuh biasanya 17-18 (pemimpin dunia hadir). Ini posisi yang tidak normal. Dunia sangat sulit. Semua negara sangat sulit. Kalau kehadirannya sampai sejumlah itu, saya kira sudah sangat bagus," kata Presiden Joko Widodo atau Jokowi, 11 November 2022.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, Indonesia akan menjadi perhatian dunia dalam penyelenggaraan KTT G20 Bali. Itu tidak terlepas dari performa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang konsisten naik.

"Dari segi recognition, Indonesia akan menjadi perhatian dunia. Kita juga akan memegang keketuaan ASEAN. Jadi ini tentu akan membuat Indonesia semakin diperhitungkan," sebut Airlangga.

Sedangkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai mandat Presidensi G20 bakal mengukuhkan pengakuan, pengaruh, dan power Indonesia secara global. Apalagi posisi Indonesia kian diakui setelah berhasil mengontrol penyebaran pandemi Covid-19 yang marak terjadi di berbagai negara.

"Itu bakal mendongkrak kepercayaan diri bangsa kita bahwa kita dapat menangani masalah yang begitu kompleks melalui disiplin dan kolaborasi. Tidak ada yang tidak bisa kita selesaikan bersama," seru Luhut.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap puncak pertemuan KTT G20 2022 bisa meredam gejolak ekonomi global. Sehingga dampaknya tidak akan memengaruhi pemulihan ekonomi di sejumlah negara anggota G20.

"Kita berharap G20 tingkat pimpinan negara bisa memberikan satu tensi dari global yang bisa diturunkan sehingga pemulihan ekonomi dan ekonomi global yang masih sangat dihadapkan dengan ketidakpastian tinggi bisa jauh lebih menurun. Kalau kepastiannya jadi lebih kuat, karena tantangan ekonomi sendiri akan sangat kompleks," ucap Sri Mulyani.

Seperti apa Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 Bali meski tanpa kehadiran Putin dan Zelensky? Siapa saja pemimpin dunia yang sudah konfirmasi hadir? Dan apa sih sebenarnya manfaat KTT G20 Bali bagi masyarakat Indonesia? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Infografis Indonesia Tuan Rumah KTT G20 Bali

3 dari 4 halaman

Infografis KTT G20 Bali Tanpa Putin & Zelensky, Daftar Hadir Pemimpin Negara

4 dari 4 halaman

Infografis Manfaat KTT G20 Bali Bagi Masyarakat Indonesia

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS