Sukses

Ketua Komisi V DPR Pastikan Keterisoliran Desa di Wilayah Entikong Kalbar Segera Teratasi

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meninjau langsung secara paralel pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia, mulai dari Balai Karangan hingga Senaning.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komisi V DPR RI Lasarus bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) baru-baru ini melakukan kunjungan kerja ke wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia yang terletak di Entikong, Sanggau, Provinsi Kalimantan Bara (Kalbar). Kunjungan itu dilakukan guna meninjau langsung secara paralel pembangunan infrastruktur mulai dari Balai Karangan hingga Senaning.

Dari hasil kunker tersebut, Lasarus memastikan keterisoliran sejumlah Desa di wilayah Entikong Sanggau, sebagai wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia dapat segera teratasi dalam waktu dekat ini. 

"Pembangunan Infrastruktur ini sudah menjadi mimpi yang terus-menerus diaspirasikan, dan sekarang sudah mulai berjalan dengan dukungan anggaran sebesar 200 miliar lebih. Untuk itu kami masyarakat Kalbar sangat optimis keterisoliran yang selama ini terjadi akan segera berakhir," ujar Lasarus kepada wartawan dalam keterangan tertulis, Senin (17/10/2022) di Jakarta.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalbar II itu menjelaskan, selama ini daerah Entikong Sanggau sangat sulit untuk dijangkau oleh karena kondisi akses jalan yang sangat tidak memadai. Sehingga mengakibatkan masyarakat yang bermukim di daerah tersebut secara keseluruhan nyaris berada dalam status sosial miskin ekstrim.

"Kita berharap akses dari Balai Karangan - Senaning yang saat ini sangat sulit dilalui, khususnya di daerah Malenggang pembangunannya dapat segera dituntaskan. Dengan begitu kedepannya status Desa tertinggal dan miskin ekstrim, juga akan hilang nantinya," ungkap Lasarus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Progres Border dan Jalan Paralel 

Kunjungan Lasarus ke Kalbar itu juga untuk meninjau pembangunan infrastruktur lainnya di perbatasan. Seperti progres pembangunan Border di Sungai Kelik Ketungau Hulu dan peninjauan pembangunan jalan paralel di Kecamatan Badau - Nanga Era Kapuas Hulu.

"Saya bersama rombongan Kementerian PUPR juga telah meninjau normalisasi danau di Kapuas Hulu. Normalisasi ini sangat strategis sebagai salah satu upaya penanganan banjir. Terutama untuk menambah daya tampung debit air di musim hujan," katanya.

Lebih lanjut, Lasarus mengungkapkan peninjauan ke Kalbar juga dilakukannya bersama rombongan terhadap program bedah rumah warga yang berada di Kapuas Hulu, Sintang dan Melawi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.