Sukses

Top 3 News: Deretan Fakta Pemuda Madiun Diamankan Polisi Terkait Kasus Hacker Bjorka

Penangkapan pemuda Madiun berkaitan dengan hacker Bjorka yang belakangan diketahui berinisial MAH itu dilakukan Tim Khusus (Timsus) bentukan Menkopolhukam Mahfud Md.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait aparat kepolisian mengamankan seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur berkaitan dengan kasus peretas atau hacker Bjorka yang membocorkan sejumlah data penting milik negara.

Penangkapan pemuda Madiun yang belakangan diketahui berinisial MAH itu dilakukan Tim Khusus (Timsus) bentukan Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan atau Menkopolhukam Mahfud Md.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, saat ini timsus yang dibentuk oleh Menkopolhukam yang terdiri dari Menko Polhukam, Polri, BIN, Kemenkominfo, dan BSSN sedang bekerja.

Kemudian, aksi perampokan terjadi pada Jumat 16 September 2022 di toko mas Sinar Emas, di dalam kawasan ITC BSD Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Menurut Kapolsek Serpong Kompol Evarmon Lubis, perampokan terjadi pada siang bolong, memanfaatkan sepinya pengunjung pada saat sholat Jumat sekitar pukul 12.15 WIB.

Evarmon menerangkan, pegawai toko emas tersebut masih shock pascaperampokan. Ada yang menangis sampai masih terbata-bata saat dimintai keterangan oleh polisi.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait pandangan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) soal kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik memiliki pandangan bahwa kasus kejahatan Ferdy Sambo bisa dinilai sebagai kejahatan terbesar sepanjang masa yang dilakukan pejabat tinggi Polri.

Pasalnya, Taufan menyebut keterlibatan tujuh tersangka obstruction of justice, lalu puluhan personel yang terjerat dengan pelanggaran etik sampai hampir satu kompi personel kepolisian diperiksa, telah menjadi catatan kasus kejahatan terbesar petinggi Polri sepanjang sejarah.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 16 September 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Empat Fakta Polisi Amankan Pemuda di Madiun Terkait Kasus Hacker Bjorka

Seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur diamankan aparat kepolisian terkait kasus peretas atau hacker Bjorka.

Penangkapan itu dilakukan Tim Khusus (Timsus) bentukan Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan atau Menkopolhukam Mahfud Md.

Hal tersebut juga sudah dibenarkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Kamis 15 September 2022.

"Ya saat ini timsus yang dibentuk oleh Pak Menko Polhukam terdiri dari Menko Polhukam, kemudian dari Polri, kemudian dari BIN, kemudian dari Kemenkominfo, kemudian dari BSSN, sedang bekerja," tutur Dedi kepada wartawan, Kamis 15 September 2022.

"Tentunya apa yang dilakukan nantinya akan disampaikan oleh timsus, yang di Madiun sedang didalami terkait masalah yang tersebut. Semua tim masih berkerja timsus ini," sambung dia.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Perampok Gasak Toko Emas di Mal Kawasan Serpong Tangerang Selatan

Perampokan terjadi di toko mas Sinar Emas, di dalam kawasan ITC BSD Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat 16 September 2022. Perampokan terjadi pada siang bolong, memanfaatkan sepinya pengunjung pada saat sholat Jumat.

"Iya benar, itu di dalam malnya, untuk berapa kerugian materilnya masih kita data. Berapa gram emas yang diambil atau berapa rupiah kerugian masih didata," ujar Kapolsek Serpong Kompol Evarmon Lubis, Jumat 16 September 2022.

Dia menerangkan, pegawai toko emas tersebut masih shock pascaperampokan. Ada yang menangis sampai masih terbata-bata saat dimintai keterangan oleh polisi.

Evarmon mengatakan, pelaku yang diduga lebih dari 2 orang memanfaatkan sepinya pengunjung pada saat sholat Jumat, yakni sekitar pukul 12.15 WIB.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Ketua Komnas HAM: Kasus Seperti Ferdy Sambo Belum Pernah Ada di Polri

Kasus pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo semakin terang.

Polri telah menetapkan lima orang tersangka pembunuhan berencana yang diduga didalangi Ferdy Sambo ini. Kasus pembunuhan Brigadir J ini juga menyeret banyak perwira polisi sebagai tersangka obstruction of justice.

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik memiliki pandangan bahwa kasus kejahatan Ferdy Sambo bisa dinilai sebagai kejahatan terbesar sepanjang masa yang dilakukan pejabat tinggi Polri

"Dengan banyak orang kan (yang terlibat), jadi belum pernah ada kejadian (kasus kejahatan yang dilakukan Ferdy Sambo) di Polri," kata Taufan saat dihubungi merdeka.com, Kamis 15 September 2022.

Pasalnya, Taufan menyebut keterlibatan tujuh tersangka obstruction of justice, lalu puluhan personel yang terjerat dengan pelanggaran etik sampai hampir satu kompi personel kepolisian diperiksa, telah menjadi catatan kasus kejahatan terbesar petinggi Polri sepanjang sejarah.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.